Logo
YG Entertainment dan Kwangwoon University
korea
YG Entertainment dan Kwangwoon University
Photo: Naver
YG Entertainment dan Kwangwoon University

ZIGI – YG Entertainment tengah menjalin kerja sama dengan Kwangwoon University terkait pengembangan teknologi metahuman dan metaverse. Sejak awal pendirian, agensi Blackpink ini memiliki misi memanfaatkan teknologi untuk masa depan industri hiburan. 

Sebelum YG Entertainment, SM Entertainment telah lebih dulu mengembangkan teknologi metahuman dan metaverse. Penasaran? Yuk baca berita selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: YG Entertainment Umumkan Blackpink Berhenti Terima Kado dari Fans

YG Entertainment Bangun Kerja Sama dengan Universitas

YG Entertainment Hwang Bo Kyung
Photo : Berbagai Sumber
YG Entertainment Hwang Bo Kyung

YG Entertainment menunjukan langkah baru dengan menjalin kerja sama dengan Kwangwoon University. Pada 22 Oktober 2021, mereka sepakat menandatangi MOU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepakatan untuk mengembangkan Metaverse. 

Dilansir dari Naver, penandatangan tersebut diselenggarakan di gedung YG Entertainment dan dihadiri Vice President (VP) dari YG Entertainment, Ga Jong Hyun serta Direktur Lee Bo Young. Sedangkan dari Kwangwoon University dihadiri VP Bagian Kerja Sama Industri-Akademik Park Cheol Hwan, Wakil VP Kerja Sama Industri-Akademik  Seo Young Ho dan CEO dari OMotion bernama Oh Moon Seok. 

Dengan perjanjian ini, YG Entertainment dan Kwangwoon University akan bekerja sama di berbagai bidang seperti pengembangan teknologi metahuman (manusia digital) yang akan banyak diincar oleh industri hiburan beberapa tahun ke depan. Kedua pihak juga akan bertukar pengetahuan terkait teknologi metaverse atau dunia virtual. 

"Akhir-akhir ini ada peningkatan permintaan untuk pengembangan metahuman di masa depan industri hiburan," jelas VP YG Entertainment, Ga Jong Hyun. 

Melalui perjanjian tersebut, YG Entertainment menyusul SM Entertainment yang juga memanfaatkan teknologi untuk pengembangan perusahaan. SM Entertainment sudah menerapkan penggunaan Artifical Intelligence di girl group aespa. 

Mengenal Metahuman dan Metaverse yang Dikembangkan YG Entertainment

YG Entertainment
Photo : YG Entertainment
YG Entertainment

Metahuman adalah teknologi untuk menciptakan digital human (manusia digital). Teknologi ini misalnya, bisa menciptakan sosok manusia dengan hasil serealistis mungkin. Biasanya metahuman digunakan dalam pengembangan game untuk membuat karakter yang mirip manusia. 

Metaverse adalah dunia virtual yang dikembangkan lewat teknologi internet. Salah satu turunan dari metaverse adalah Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) yang biasa digambarkan untuk menghadirkan obyek tidak nyata dengan alat khusus. Konsep AR pernah digunakan dalam game Pokemon Go yang populer beberapa tahun belakangan. 

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook bahkan mengatakan bahwa metaverse adalah teknologi paling mutakhir. Ia juga mengatakan bahwa metaverse adalah masa depan umat manusia saat ini. 

Kerja sama YG Entertainment ini menandakan kebutuhan industri hiburan akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Bukan hal yang mustahil misalnya jika agensi dari Blackpink ini mengadakan konser dengan konsep virtual reality

Disinyalir setelah YG Entertainment dan SM Entertainment, akan lebih banyak agensi yang akan melakukan pengembangan teknologi sendiri-sendiri. Maka industri Kpop juga akan mengalami upgrade seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Blackpink Diserang, YG Entertainment Ambil Tindakan Hukum ke Haters

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Fans Minta BIGBANG Segera Comeback, Protes di Gedung YG

  • 29 November 2021, 14:57 WIB
Penggemar mengirimkan truk berisikan protes kepada YG Entertainment agar BIGBANG bisa segera comeback formasi empat member.

Kronologi Rose Blackpink Block Akun Penggemar di Instagram

  • 22 November 2021, 13:22 WIB
Rose Blackpink blokir penggemar setelah tidak sengaja kirim pesan pribadi lewat DM, fans yang beruntung itu bagikan kronologinya.

Jennie Blackpink Dikritik Bersikap Dingin ke Fans Saat di Bandara

  • 19 November 2021, 16:31 WIB
Sikap Jennie Blackpink di bandara Incheon panen kritikan karena tidak menyapa fans yang sudah menunggu.

YG Entertainment Klarifikasi Poster Lagu Ready For Love - Blackpink

  • 10 November 2021, 09:56 WIB
Beredar di internet poster teaser Blackpink rilis lagu Ready For Love pada 24 November, YG Entertainment membantah.

Jennie Blackpink Diajak Kencan Fanboy Lewat Baliho Seharga Rp430 Juta

  • 04 November 2021, 13:17 WIB
Jennie Blackpink diajak kencan oleh fanboy asal Filipina bernama Xian Gaza, lewat papan baliho yang dipasang dekat gedung YG.

Sederet Kontroversi Han Seo Hee, Terbaru Dituntut 1 Tahun Penjara

  • 02 November 2021, 18:38 WIB
Han Seo Hee dituntut kurungan 1 tahun penjara setelah kembali positif narkoba dalam masa percobaan sejak kasus T.O.P BIGBANG.
The Latest
Sitala Wongkrachang

K-net Tolak Debut Sitala H1-Key, Diduga Dukung Militer Thailand

  • 01 Desember 2021, 10:11 WIB
Situs Web Kebenaran Baru

Viral Website Agama Fiktif di Drama Hellbound Bisa Diakses di Internet

  • 01 Desember 2021, 09:38 WIB
J-Hope BTS, Jin BTS, RM BTS

3 Member BTS Dikabarkan Jual Saham HYBE Labels Rp130 Miliar

  • 01 Desember 2021, 09:17 WIB
H1 Key

Profil dan Biodata Member H1-Key Girl, Ada Sitala Anak Aktor Thailand

  • 01 Desember 2021, 08:12 WIB
Seo Young Eun

Profil dan Biodata Seo Young Eun Kep1er, Jago Dance Hip Hop

  • 01 Desember 2021, 08:00 WIB
INDEKS