Yang Hyun Suk Didakwa Atas Kasus Narkoba Libatkan B.I eks iKON - Korea ZIGI.ID
Logo
Yang Hyun Suk dan B.I
korea
Yang Hyun Suk dan B.I
Photo: Berbagai Sumber
Yang Hyun Suk dan B.I

ZIGI – Kabar terbaru dari kasus hukum yang menyeret Yang Hyun Suk. Pada Senin, 7 Juni 2021, mantan CEO YG Entertainment tersebut didakwa atas kasus narkoba B.I eks iKON tahun 2019 silam. 

Melansir laman Yonhap News, jaksa telah mendakwa Yang Hyun Suk yang dengan sengaja mencoba menutupi percobaan penggunaan narkoba B.I dengan uang tahun 2016 silam. Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul mengumumkan bahwa dia telah melanggar Undang-Undang Hukuman Tambahan untuk Kejahatan Khusus. Seperti apa kelanjutannya? Simak penjelasan lewat artikel berikut.

Yang Hyun Suk Didakwa Atas Tuduhan Mengancam Informan Kasus Narkoba B.I eks iKON

image
Photo : Naver

Pada Senin 7 Juni 2021, terungkap bahwa departemen kejahatan kekerasan dari Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul mendakwa B.I atas tuduhan melanggar Undang-Undang tentang Pengendalian Narkotika, Dll per tanggal 28 Mei 2021. Pada hari yang sama, Yang Hyun Suk didakwa atas tuduhan pengancaman. 

Sebelumnya, B.I diduga membeli ganja dan LSD (lysergic acid diethylamide) dari seorang kenalannya (selanjutnya disebut A) pada tahun 2016 dan mengkonsumsinya. Leader iKON tersebut mengakui beberapa tuduhan. Namun pada Februari 2020, hasil tes menunjukkan bahwa B.I negatif narkoba. 

Detail Mengenai Kasus Narkoba yang Menyeret B.I eks iKON

image
Photo : News1

Bersamaan dengan itu, Yang Hyun Suk dicurigai membujuk dan mengancam A pada tahun 2016 untuk mengubah pernyataan terkait B.I yang membeli serta menggunakan obat-obatan terlarang. Sang pendiri YG itu juga diduga sengaja menutupi penyelidikan. Akhirnya, A mengubah kesaksian dan B.I awalnya dibebaskan dari segala tuduhan.

A mengklaim bahwa penyelidikan terhadap B.I ditutup-tutupi karena hubungan antara polisi dan YG Entertainment. A juga mengatakan, polisi tidak menyelidiki B.I bahkan setelah melihat bukti terkait narkoba. A mengklaim bahwa Yang Hyun Suk merupakan ‘dalang’ di balik itu semua.

Selanjutnya, A melaporkan kasus tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi dan Hak Sipil pada Juni 2019, dan Komisi melimpahkannya ke kejaksaan. Badan Kepolisian Provinsi Gyeonggi Nambu meneruskan kasus  B.I dan Yang Hyun Suk ke Kantor Kejaksaan Distrik Suwon pada April 2020 lalu dengan rekomendasi untuk dakwaan.

Kasus-kasus tersebut kemudian dipindahkan ke Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul, di mana pihaknya melakukan penyelidikan selama kurang lebih satu tahun.

Menurut laporan, Yang Hyun Suk sempat membantah keras tuduhan tersebut, tetapi jaksa telah memutuskan untuk menjatuhkan dakwaan kepadanya, juga dengan si A. Sidang pertama Yang Hyun Suk akan berlangsung pada 25 Juni 2021 mendatang. Sementara sidang B.I diadakan tanggal 9 Juli 2021.

Sementara itu, kasus narkoba yang menyeret Yang Hyun Suk dan B.I eks iKON masih terus bergulir. Usai memutuskan keluar dari YG Entertainment dan grup iKON, sang pemilik nama asli Kim Hanbin itu mendirikan agensinya sendiri bernama 131 Label. Pada 1 Juni 2021 lalu, B.I resmi debut sebagai solois dengan merilis album Waterfall.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

Akun Resmi YG Entertainment Ketahuan Like Konten aespa - NCT

  • 24 Juni 2022, 10:51 WIB
Akun Twitter YG Entertainment ketahuan memberikan tanda like di konten milik SM Entertainment, mulai dari aespa hingga NCT.

Daftar Line-Up dan Harga Tiket KV Fest 2022, Ada Jessi dan B.I

  • 10 Juni 2022, 12:13 WIB
Daftar pengisi acara serta harga tiket acara musik KV Fest 2022 di Istora Senayan Jakarta pada 8 Agustus 2022.

Pertama Kali, iKON Bahas Dampak Kepergian B.I Hingga Bobby Menikah

  • 04 Juni 2022, 18:06 WIB
Untuk pertama kalinya anggota grup iKON membahas dampak kepergian B.I dari grup hingga pernikahan Bobby setelah sang pacar hamil.

Jisoo Blackpink Beberkan Alasan Belum Rilis Lagu Debut Solo

  • 31 Mei 2022, 18:45 WIB
Jisoo Blackpink mengungkap alasan belum memutuskan untuk bersolo karier dalam wawancara dengan Rolling Stone.

Tak Ikut Comeback, Bang Yedam dan Moshiho Hiatus dari TREASURE

  • 27 Mei 2022, 18:55 WIB
Bersamaan dengan pengumuman comeback TREASURE, YG Entertainment mengabarkan Bang Yedam dan Moshiho hiatus sementara dari grup.

Sikap YG dan BigHit Music Soal Gosip Jennie Blackpink - V BTS Pacaran

  • 23 Mei 2022, 12:31 WIB
Pernyataan singkat YG Entertainment soal gosip Jennie Blackpink dan V BTS pacaran. BigHit Music justru tidak bisa dihubungi.
The Latest
Money Heist Korea

Penjelasan Ending Money Heist Korea, Season 2 Kapan Rilis?

  • 26 Juni 2022, 12:16 WIB
Park Bo Gum, V BTS, Lisa Blackpink

Viral Video Park Bo Gum Dititipkan Surat untuk V BTS - Lisa Blackpink

  • 26 Juni 2022, 10:06 WIB
Money Heist Korea: Joint Economic Area

13 Daftar Nama dan Akun Instagram Pemain Money Heist Korea

  • 26 Juni 2022, 09:00 WIB
Money Heist Korea episode 1

Adegan Tokyo Joget Lagu BTS - DNA di Money Heist Korea Dinilai Buruk

  • 25 Juni 2022, 20:53 WIB
Lisa dan V BTS

Potret Lisa Blackpink dan V BTS Jalan Bareng ke Paris Naik Private jet

  • 25 Juni 2022, 18:32 WIB
INDEKS