Logo
Webtoon Wattpad
korea
Webtoon Naver dan Wattpad Merger, Valuasi Rp8,6 Triliun
Photo: Naver

ZIGI – Webtoon, salah satu anak perusahaan milik Naver di Korea Selatan, secara resmi mengakuisisi Wattpad dengan valuasi ditaksir mencapai 600 juta atau setara dengan Rp8,6 triliun. Penggabungan ini menyusul kerjasama keduanya yang akan meluncurkan sebuah platform bernama Wattpad Webtoon Studios.

Bagi kamu yang sering membaca cerita lewat aplikasi Wattpad atau pun komik di Webtoon, tentu sangat bersukacita atas akuisisi ini. Terlebih lagi, Wattpad yang merupakan perusahaan milik Kanada, kini dapat lebih menjangkau pasar Korea Selatan. Lantas seperti apa detail dari penggabungan Webtoon dan Wattpad? Simak penjelasan selengkapnya yuk!

Webtoon dan Wattpad Merger

Photo : Berbagai Sumber

Melansir laman The Hollywood Reporter pada Minggu, 27 Juni 2021, salah satu anak perusahaan Naver yaitu Webtoon, resmi mengakuisisi Wattpad selaku aplikasi tulisan asal Kanada.

Dengan ini, Wattpad telah menggabungkan seluruh konten studio film, TV, dan buku-buku dengan Webtoon Studios, yang dikenal sebagai platform komik digital yang dijalankan oleh Naver sejak tahun 2005 silam. Diketahui Naver mengakuisisi Wattpad seharga 600 juta dolar atau setara dengan Rp 8,6 triliun. 

Untuk rencana jangka panjang, Webtoon dan Wattpad dikabarkan akan meluncurkan Wattpad Webtoon Studios yang mana bisa menampung audiens bulanan global hingga 160 juta pengguna.

Selain itu, Naver telah berkomitmen untuk menggelontorkan dana sebesar 100 juta dolar atau Rp1,4 triliun untuk pengembangan dan pembiayaan produksi Wattpad Webtoon Studios di bawah pimpinan Aron Levitz yang didaulat sebagai presiden.

Wattpad Webtoon Studios hadir dengan proyek yang sedang dikembangkan, termasuk Float, yang akan dibintangi dan diproduksi oleh Robbie Amell dari What Happened That Night diadaptasi oleh David Arata, lalu The Hound dengan naskah oleh Angela LaManna (The Haunting of Bly Manor dari Netflix) serta The Bad Boy's Girl, kemitraan dengan Leone Film Group.

Pernyataan Webtoon dan Wattpad Atas Penggabungan Perusahaan


Aron Levitz. (Souce: The Hollywood Reporter)

Meski telah menggabungkan perusahaan, Wattpad akan tetap memusatkan seluruh kegiatan di kantor utama Toronto, Kanada di bawah pimpinan Allen Lau dan Ivan Yuen. Dalam sebuah kesempatan, Aron Levitz sempat mengungkap pendapatnya terkait pengakuisisian ini.

“Kami membawa era baru beragam suara dan IP yang luar biasa kepada audiens dan industri yang mencari keduanya. Bisnis menghabiskan miliaran dolar untuk menangkap IP selama 100 tahun terakhir. Kami melihat ke masa depan, dengan ratusan juta cerita baru untuk mendukung 100 tahun ke depan hits di layar dan rak buku,” kata Aron Levitz, dikutip dari The Hollywood Reporter oleh Zigi.id pada Minggu, 27 Juni 2021.

Teknologi Terbaru Wattpad Usai Diakuisisi Webtoon

Photo : Naver

Sementara itu, Wattpad siap menggunakan teknologi pembelajaran mesin berbasis data untuk mengidentifikasi dan memproduksi proyek dengan menggaet jajaran aktor dan artis internasional sekaligus bekerja sama rumah produksi Hollywood. Mencakup Sony Pictures Television, Universal Cable Productions serta Entertainment War.

Aplikasi asal Kanada itu juga telah berkolaborasi dengan Mediaset, Lagardere Studios dan Huayi Brothers Korea untuk mengidentifikasi dan mengembangkan acara televisi dari unggahan cerita fiksi yang dibagikan di platform penerbitan online.

Sedangkan cerita-cerita yang dipublikasikan di webtoon sudah banyak diangkat menjadi drama Korea. Seperti webtoon The Secret of Angel (TSOA) karya Yaongyi dibuatkan drama True Beauty (2020), webtoon Sweet Home menjadi serial Netflix berjudul sama dan masih banyak lagi.

Per Juni 2021, Webtoon milik perusahaan Naver resmi mengakuisisi Wattpad, sebuah aplikasi tulisan asal Kanada dengan valuasi 600 juta dolar atau Rp8,6 triliun. Kedua belah pihak melakukan merger dan siap mengembangkan platform Wattpad Webtoon Studios.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
Lee Soo Man - Naver - Kakao - HYBE

Spekulasi Pembeli Saham SM Milik Lee Soo Man: HYBE, Kakao, Naver

  • 08 Juni 2021, 10:30 WIB
Naver dan Kakao Entertainment disebut bersaing ketat untuk mendapatkan saham SM Entertainment yang dijual Lee Soo Man.
Manga Plus

9 Rekomendasi Situs Baca Komik dan Manga Online

  • 30 Mei 2021, 07:16 WIB
Rekomendasi situs baca komik dan manga online secara legal, ada Crunchyroll hingga Manga Plus.
Save Me dan True Beauty

15 Webtoon Korea Paling Populer Saat Ini, Ada TSOA True Beauty

  • 22 Mei 2021, 07:00 WIB
Daftar webtoon Korea paling populer secara global, mulai dari genre romantis hingga fantasi. Termasuk The Secret of Angel (TSOA).
Stromae

5 Fakta Lagu Alors On Danse - Stromae, Lirik dan Terjemahan

  • 25 Juli 2021, 17:50 WIB
Lirik lagu Alors On Danse milik Stromae lengkap terjemahan bahasa Prancis dan Indonesia. Kini tengah viral di TikTok.
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Film Selesai dibintangi Gading Marten, Ariel Tatum, Anya Geraldine akan tayang di situs Bioskop Online. Sinopsis bahas percintaan.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
The Latest
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
Nevertheless

Versi Full Lirik Lagu Love Me Like That - Sam Kim (OST Nevertheless)

  • 24 Juli 2021, 19:17 WIB
INDEKS