Logo
BTS
korea
BTS
Photo: Berbagai sumber
BTS

ZIGI – Wacana penghapusan BTS wamil kembali menyeruak. Pasalnya Jin BTS sebagai member tertua harus segera wajib militer paling lambat Desember 2022. Hingga kini, kongres belum mencapai kesepakatan terkait pengecualian penyanyi yang menyumbang dampak luar biasa bagi Korea Selatan untuk dibebastugaskan dari wajib militer. 

Meski begitu, menurut Pemerintah masih ada harapan karena komisi pertahanan akan segera membuat rencana lebih lanjut. Simak berita lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: James Corden Curhat ke BTS: Seorang ARMY Berharap Aku Meninggal

Penghapusan BTS Wamil Belum Capai Kesepakatan Hingga Kini

BTS di AMA 2021
Photo : @billboard/Instagram
BTS di AMA 2021

Melansir dari Koreaboo pada Kamis 25 November 2021, Majelis Kongres Nasional Korea berkumpul untuk membahas revisi Undang-Undang Dinas Militer. Laporan ini disampaikan oleh reporter peliputan militer untuk Asia E. Dalam rapat tersebut membicarakan kemungkinan untuk penyanyi berpengaruh secara budaaya hingga tingkat internasional bisa mengagnti wamil jadi pekerjaan sukarela.

Untuk saat ini, Undang-Undang Dinas Militer telah mengecualikan olahragawan dan seniman yang memiliki pengaruh budaya untuk mengganti kewajiban militer. Namun peraturan itu belum berlaku bagi penyanyi. BTS dalam hal ini sudah membantu meningkatkan prestise nasional, membuat banyak masyarakat meminta perluasan pengecualian wamil.

Anggota dewan yang hadir dalam rapat belum mencapai kesepakatan tentang perluasan tersebut. Disinyalir salah satu alasaannya adalah penurunan sumber daya manusia 9SDM) di Korea Selatan. Hal ini disebabkan karena populasi masyarakat di negeri gingseng tersebut juga mengalami penurunan.

Lebih lanjut, bagian Administrasi Tenaga Militer menyatakan pengecualian untuk penanyi yang memiliki dampak luar biasa memerlukan tinjuan yang cermat. Peninjauan ini juga mempertimbangkan standar objektif dan kesepakatan publik.  

Jika tidak ada perubahan apa pun terkait aturan ini, maka wamil Jin BTS sebagai member tertua akan dimulai pada Desember 2022 karena sudah menginjak usia 30 tahun. Sementara V, Jimin, RM, J-Hope, Suga, Jungkook juga menerima Hwagwan Order of Culture. Lencana tersebut setara dengan urutan nomor 5 untuk mereka yang dapat memberikan dampak luar biasa di bidang budaya.

Penghapusan BTS Wamil Masih Ada Harapan

BTS
Photo : Allkpop
BTS

BTS baru saja meraih penghargaan Artist of The Year di American Music Awards (AMAs 2021). Menjadikan grup asuhan BigHit Music ini sebagai artis Asia pertama yang dapat mencapai penghargaan di ajang musik bergengsi. Total, BTS membawa pulang 3 piala dari AMAs 2021. Saat ini BTS juga masuk nominasi Grammy 2022 untuk kategori Penampilan Duo/Gruo Pop Terbaik.

Dengan banyaknya prestasi yang sudah ditorehkan, tidak heran jika banyak penggemar meminta keringanan untuk BTS dibebastugaskan dari wamil. Saat ini seluruh member diperbolehkan untuk menunda wajib militer hingga usia 30 tahun. Diskusi penghapusan wamil juga dimulai dari opini masyarakat karena ketujuh member tidak pernah mengajukan penundaan maupun pengecualian.

Meski Kongres Korsel belum menyetujui, Komisi Pertahanan Nasional berencana melanjutkan pembahasan. Anggota komisi akan mempersiapkan pengumpulan opini publik dalamm beberapa bulan mendatang. Hingga artikel ini ditulis, rencana BTS dibebastugaskan dari wamil atau wajib militer belum mencapai kesepakatan.

Baca Juga: Presiden Moon Jae In Tegaskan BTS Sebagai Soft Power Korea Selatan

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

BTS Disebut Bakal Segera Tampil di Batam, Kepulauan Riau

  • 27 November 2021, 14:32 WIB
Wali Kota Batam mengatakan bahwa boyband BTS bakal segera tampil menghibur penggemarnya di Indonesia.

5 Momen dan Daftar Pemenang Tokopedia WIB: Indonesia K-Pop Awards 2021

  • 26 November 2021, 12:31 WIB
Momen menarik sekaligus daftar pemenang Tokopedia WIB: Indonesia K-Pop Awards 2021 dihadiri BTS hingga Blackpink.

James Corden Curhat ke BTS: Seorang ARMY Berharap Aku Meninggal

  • 25 November 2021, 09:37 WIB
James Corden minta maaf ke BTS karena sebut ARMY bocah umur 15 tahun, saat reuni di The Late Late Show with James Corden.

BTS Gagal Masuk Nominasi Record of The Year di Grammy Awards 2022

  • 24 November 2021, 10:03 WIB
BTS masuk nominasi di Grammy Awards 2022 kategori Best Pop Duo/Group Performance tapi gagal di Record of The Year.

Daftar Nominasi Grammy Awards 2022, Selena Gomez Pertama Kali

  • 24 November 2021, 09:52 WIB
Selena Gomez untuk pertama kalinya masuk dalam daftar nominasi Grammy Awards 2022 kategori Best Latin Pop Album untuk Revelacion.

Presiden Moon Jae In Tegaskan BTS Sebagai Soft Power Korea Selatan

  • 23 November 2021, 16:32 WIB
Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengucapkan selamat kepada BTS setelah memenangkan Artist Of The Year di AMAs 2021.
The Latest
OST Jirisan

Terjemahan Lirik Lagu Little Garden - Taeyeon SNSD, OST Jirisan Part 8

  • 28 November 2021, 16:47 WIB
Hwang Se On

10 Fakta Hwang Se On, Model Beradegan Seks dengan Kim Soo Hyun

  • 28 November 2021, 13:33 WIB
Go Se Won

Go Se Won Akui Sebagai Aktor K Baru yang Tinggalkan Pacar Saat Hamil

  • 28 November 2021, 09:53 WIB
Han Hyo Joo

7 Fakta Han Hyo Joo, Anak Pejabat Hingga Gosip Pacar Lee Jong Suk

  • 27 November 2021, 20:59 WIB
Cho Yi Hyun

Profil dan Biodata Cho Yi Hyun: Karier, Kuliah, Akun Instagram

  • 27 November 2021, 07:04 WIB
INDEKS