Viral Video Yoo Jae Suk Tak Dihargai di Baeksang Arts Awards 2021 - Korea ZIGI.ID
Logo
Yoo Jae Suk
korea
Yoo Jae Suk
Photo: Starnews
Yoo Jae Suk

ZIGI – Yoo Jae Suk berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi Grand Prize kategori program televisi di ajang Baeksang Arts Awards ke-57 yang digelar pada 13 Mei 2021 lalu. Berselang beberapa hari, kini netizen mengkritik sikap para tamu undangan meliputi aktor dan aktris papan atas Korea terhadap host Running Man tersebut.

Bukan tanpa alasan, netizen menilai bahwa aktor dan aktris yang menghadiri ajang penghargaan Baeksang Arts Awards 2021 tidak menghormati Yoo Jae Suk saat namanya dipanggil sebagai salah satu pemenang. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak artikel berikut.

Sikap Para Aktor dan Aktris Korea di Baeksang Arts Awards 2021

image
Photo : JTBC

Salah satu ajang penghargaan untuk film, program televisi dan teater paling bergengsi di Korea Selatan kembali diselenggarakan tahun 2021 ini. Masih dalam suasana pandemi, Baeksang Arts Awards ke-57 digelar tanpa penonton di KINTEX Hall, Ilsan.

Sederet aktor, aktris, selebriti, hingga para pekerja di balik layar membawa pulang trofi kemenangan sebagai bentuk apresiasi karena telah menghasilkan karya terbaik sepanjang tahun 2020 lalu.

Yoo Jae Suk berhasil membuktikan julukannya sebagai ‘MC Nasional’ dengan memenangkan penghargaan tertinggi Grand Prize di Baeksang Arts Awards 2021. Berselang beberapa hari setelah acara digelar, netizen Korea mendadak membicarakan sikap para aktor dan aktris Korea dalam ajang penghargaan tersebut.

Di sebuah komunitas online, viral postingan mengenai penampakan tamu hadirin yang tidak berdiri dari kursi ketika Yoo Jae Suk naik ke atas panggung untuk membawakan pidato kemenangan. Hal lain yang menjadi sorotan adalah fakta bahwa para aktor dan aktris menunjukkan perilaku berbeda dengan pemenang lain.

Yoo Jae Suk Tidak Dapat Standing Ovation dari Tamu Baeksang Arts Awards 2021


Source: Allkpop (Foto atas saat Lee Joon Ik menang - Foto bawah saat Yoo Jae Suk menang)

Saat nama Yoo Jae Suk dipanggil sebagai pemenang, beberapa aktor terlihat menghampirinya untuk memberikan selamat. 

Namun berdasarkan postingan yang beredar, netizen menyoroti tamu hadirin lainnya tidak berdiri dan bertepuk tangan saat Yoo Jae Suk hendak naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan. Ini pun dianggap sebagai salah satu tindakan yang kurang sopan.

Lalu, netizen mengunggah tangkapan layar lain, membandingkan sikap tamu hadirin yang justru melakukan standing ovation (tepuk tangan sambil berdiri) saat sutradara kondang Lee Joon Ik memenangkan Grand Prize kategori film. Padahal, Yoo Jae Suk juga meraih penghargaan serupa namun untuk kategori program televisi.

Dalam tangkapan layar dari acara Baeksang Arts Awards 2021, semua aktor terlihat berdiri dan memberi tepuk tangan untuk Lee Joon Ik. Sementara hanya ada beberapa aktor seperti Song Joong Ki dan Lee Seung Gi yang berdiri dan mengucapkan selamat untuk Yoo Jae Suk.

Komentar Netizen Korea

image
Photo : Naver

Melansir Allkpop pada Selasa, 18 Mei 2021, seseorang yang membuat postingan tersebut di komunitas online juga memaparkan reaksi netizen Korea yang lain atas kejadian ini. Sebagian besar dari mereka mengkritik para aktor dan aktris yang hadir di Baeksang Arts Awards 2021 begitu arogan. Pasalnya mereka menunjukkan perbedaan reaksi saat Lee Joon Ik dan Yoo Jae Suk memenangkan penghargaan.

Itu adalah Grand Prize yang sama tetapi reaksinya sangat berbeda. Sebagian besar aktor di acara penghargaan itu mungkin adalah junior Yoo Jae Suk. Mereka seharusnya berdiri saat kedua pemenang naik ke atas panggung, atau memilih duduk juga ketika keduanya menang.” tulis seorang netizen Korea dalam postingan tersebut.

Ada beberapa aktor yang bahkan tidak bertepuk tangan ketika mereka berdiri dan memberikan tepuk tangan meriah kepada sutradara Lee Joon Ik. Mereka hanya mencari Yoo Jae Suk ketika membutuhkannya untuk mempromosikan film mereka,” sahut seorang netizen.

Lihatlah semua aktor pendatang baru yang bahkan tidak berdiri ketika yang teratas, Yoo Jae Suk, naik ke atas panggung untuk mendapatkan penghargaan,” kata netizen lain.

Senioritas Sangat Kental di Industri Hiburan Korea Selatan

image
Photo : JTBC

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya Korea Selatan sangat menjunjung tinggi senioritas. Di mana orang lebih muda harus menghormati orang lebih tua, baik dari segi usia dan pengalaman. Hal itu juga berlaku di industri hiburan Negeri Ginseng.

Seperti contohnya artis yang debut terlebih dahulu akan menjadi senior atau akrab disebut sunbae. Sementara junior (atau biasanya disebut hoobae) harus menghormati sang sunbae dalam kondisi apa pun. 

Yoo Jae Suk sendiri termasuk satu artis veteran yang sudah melakukan debutnya sejak tahun 1991. Melihat sikap tamu hadirin Baeksang Arts Awards 2021 yang tidak memberikan standing ovation untuk sang MC ketika memenangkan penghargaan tentu buat sebagian besar netizen Korea naik pitam karena dianggap tidak sopan.

Terlebih lagi, sosok Yoo Jae Suk juga difavoritkan banyak orang karena dirinya dikenal punya image baik dan kepribadian rendah hati. Dengan demikian, topik mengenai sikap para aktor dan aktris Korea yang dinilai tidak menghormati Yoo Jae Suk saat memenangkan penghargaan Grand Prize di Baeksang Arts Awards 2021 menjadi perbincangan hangat di berbagai komunitas online.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

9 Potret Song Joong Ki ke Bali, Hadiri Pernikahan Kenalan

  • 06 Desember 2022, 10:30 WIB
Potret-potret Song Joong Ki pergi ke Bali usai acara di Jakarta akhir November 2022, menghadiri pernikahan salah satu kenalan.

Nonton Reborn Rich Episode 8 Sub Indo, Hwa Young Peringati Do Joon

  • 04 Desember 2022, 20:03 WIB
Spoiler dan link nonton Reborn Rich episode 8 subtitle bahasa Indonesia, Do Joon (Song Joong Ki) dapat peringatan keras.

Nonton Reborn Rich Episode 7 Sub Indo, Do Joon Akan Beli Soonyang

  • 03 Desember 2022, 20:00 WIB
Spoiler dan link nonton drama Reborn Rich episode 7 sub Indo, Jin Do Joon (Song Joong Ki) akan beli Soonyang Group.

Nonton Reborn Rich Episode 7 Sub Indo, Do Joon Akan Beli Soonyang

  • 03 Desember 2022, 20:00 WIB
Spoiler dan link nonton drama Reborn Rich episode 7 sub Indo, Jin Do Joon (Song Joong Ki) akan beli Soonyang Group.

Nolak untuk Meluk, Arsy Hermansyah Grogi Foto Bareng Song Joong Ki

  • 30 November 2022, 10:15 WIB
Dapat kesempatan untuk bertemu langsung, Arsy Hermansyah grogi foto bareng Song Joong Ki hingga tolak untuk meluk.

Momen Sandiaga Uno Ajarkan Song Joong Ki Joget Dangdut Koplo

  • 29 November 2022, 09:28 WIB
Video Sandiaga Uno saat mengajarkan Song Joong Ki joget dangdut koplo jadi sorotan hingga ucapkan terima kasih.
The Latest
Jinni NMIXX

3 Fakta Jinni NMIXX Keluar dari Grup dan JYP Entertainment

  • 09 Desember 2022, 08:44 WIB
Money Heist Korea 2

Sinopsis dan Link Nonton Money Heist Korea Part 2 Episode 1-6 Sub Indo

  • 09 Desember 2022, 07:00 WIB
The Forbidden Marriage

Sinopsis dan Jadwal Tayang The Forbidden Marriage, Drama Kim Young Dae

  • 08 Desember 2022, 19:57 WIB
SEVENTEEN

Agensi SEVENTEEN akan Tindak Tegas Penggemar yang Langgar Privasi

  • 08 Desember 2022, 16:32 WIB
Lisa Blackpink

Kronologi Lisa Blackpink Cedera Leher sampai Minta Maaf ke Fans

  • 08 Desember 2022, 14:47 WIB
INDEKS