Teaser Karina aespa untuk Comeback Lagu Savage Dituding Plagiat - Korea ZIGI.ID
Logo
Karina aespa
korea
Karina aespa
Photo: SM
Karina aespa

ZIGI – SM Entertainment dan aespa dituduh melakukan plagiat jelang comeback lagu Savage pada 5 Oktober 2021. Banyak netizen menunjuk foto teaser Karina aespa mirip dengan hasil karya ilustrator Jepang, Hajime Sorayama. 

Karya Hajime tersebut merupakan bagian dari pameran di Parco Museum Tokoy. Itu merupakan hasil kolaborasi dengan seniman asal Swiss, HR Giger. Seperti apa persamaannya? Baca berita lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Profil dan Biodata Karina aespa Predebut, Agama, Pacar, Karier

SM Entertainment Kembali Dituduh Plagiat

Hajime Sorayama - aespa
Photo : Berbagai Sumber
Hajime Sorayama - aespa

SM Entertainment kembali dituduh melakukan plagiasi di foto teaster aespa berjudul Savage. Foto teaser Karina dengan nama tema Hallucination Quest diperkirakan mengambil gambar karya seniman lain. 

Netizen akhirnya mengetahui bahwa gambar yang diambil merupakan milik Hajime Sorayama, ilustrator dari Jepang yang berkolaborasi dengan HR Giger. Foto tersebut sempat ditampilkan di laman stirworld pada 12 Maret 2021. Gambar Hajime adalah bagian dari pameran Parco Museum Tokyo. 

Kemiripan antara teaser dengan hasil karya Hajime terletak pada pose yang digunakan Karina dengan model lukisan. Selain itu, pemilihan warna yang futuristik membuat keduanya mengeluarkan vibe yang sama. 

Sayangnya ketika teaser Karina pertama kali keluar pada 29 September 2021, SM tidak memberikan keterangan apa pun. Agensi tersebut juga tidak memberikan kredit ke Hajime di akun Instagram @hajimesorayamaofficial. Hal ini yang membuat netizen berspekulasi bahwa pembuatan teaser tersebut tidak melalui izin terlebih dahulu. 

Netizen lantas mengkritik tim desain yang tidak hati-hati, karena desainer dari SM biasanya mencari inspirasi lewat pinterest. Sehingga kecil kemungkinan foto yang ada di situs tersebut menggunakan kredit.

Bukan Pertama Kali Dapat Tudingan

Tuduhan plagiat aespa
Photo : Berbagai Sumber
Tuduhan plagiat aespa

Aespa bukan pertama kali terkena isu plagiasi. Sebelum ini, Black Mamba yang rilis pada  17 November 2020 juga menghadapi kasus yang sama. Hal ini dimulai ketika fotografer bernama Bryan Huynh buka suara di akun instagramnya @bryanhuynh

Ia membandingkan dua foto hasil karyanya dan salah satu foto teaser Winter aespa di Black Mamba. Komposisi warna, pemilihan desain bunga, hingga latar yanga digunakan. Di bawah ia kemudian memberikan caption, "hmm @aespa_official this is why i only stan blackpink!!! lolol."

Masalah ini kemudian usai setelah SM memberikan kompensasi yang sesuai. Bryan bahkan ikut dalam pembuatan desain Next Level. SM mengakui mereka menyimpan gambar Bryan tersebut di pinterest sebagai inspirasi. 

Namun Bryan bukan satu-satunya yang memprotes tentang Black Mamba. Ada akun @vacades milik seniman visul asal Jerman, Timo Helgert, yang merasa adegan ular hitam hingga desain kereta mirip dengan hasil karyanya. Selain itu, netizen juga menunjuk nuansa Black Mamba yang mirip dengan K/DA. 

Tuduhan Vacades tersebut dibalas oleh SM. Untungnya masalah tersebut berakhir dengan damai setelah agensi menjelaskan tentang cerita yang ingin dibangun oleh aespa. Meski begitu tidak disebut apakah ada kompensasi yang dibayarkan selama proses tersebut. 

Menghadapi tuduhan plagiasi kali ini, baik pihak SM Entertainment maupun tim aespa belum mengeluarkan pernyataan apa pun. Netizen berharap semoga masalah ini bisa segera diselesaikan agar tidak mengganggu comeback aespa dengan lagu Savage yang rencana rilis 5 Oktober 2021 nanti. 

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Alasan GOT The Beat Tolak Undangan Tampil di Coachella 2022

  • 27 Januari 2023, 10:23 WIB
Hyoyeon SNSD ungkapkan alasan GOT The Beat tolak undangan untuk tampil di Coachella 2022, baru debut dan hanya memiliki satu lagu.

Seunghan, Eunseok, dan Shohei SM Rookies Bakal Debut Tahun Ini

  • 25 Januari 2023, 15:57 WIB
Dalam Welcome to NCT Universe episode 10, SM Entertainment umumkan Seunghan, Eunseok, dan Shohei SM Rookies debut tahun 2023.

4 Pengalaman Horor Karina aespa di Gedung SM Entertainment

  • 25 Januari 2023, 11:26 WIB
Karina aespa kerap alami momen horor saat di gedung SM Entertainment, dari lantai lift yang berubah hingga lihat sosok bayangan.

Sebut View MV Stamp On It - GOT The Beat Sedikit, BoA Tuai Pro Kontra

  • 22 Januari 2023, 14:40 WIB
BoA menunjukan kekecewaan karena view MV Stamp On It - GO The Beat masih sedikit, netizen berikan reaksi beragam.

Daftar Pemenang 32nd Seoul Music Awards 2023, NCT Dream Raih Daesang

  • 19 Januari 2023, 21:52 WIB
Daftar pemenang 32nd Seoul Music Awards 2023 yang digelar pada Kamis, 19 Januari 2023, NCT Dream memenangkan Daesang.

Kronologi MAVE Dituding Mirip dengan Konsep Savage dari aespa

  • 15 Januari 2023, 09:54 WIB
Girl group virtual Mave dituding memiliki sejumlah kemiripan dengan aespa khususnya di album Savage, mulai dari logo hingga Navis.
The Latest
The Interest of Love

Nonton The Interest of Love Episode 13, Su Yeong Khianati 2 Orang

  • 01 Februari 2023, 19:00 WIB
Catch - Epik High featuring Hwasa MAMAMOO

Fakta dan Terjemahan Lirik Lagu Catch - Epik High feat Hwasa MAMAMOO

  • 01 Februari 2023, 17:04 WIB
Lisa Blackpink

Lisa Blackpink Beli Villa di Kawasan Elit Seongbuk Senilai Rp91 Miliar

  • 01 Februari 2023, 17:03 WIB
Rumah Song Joong Ki dan Katy Louise Saunders

Potret Rumah Song Joong Ki dan Katy Louise Saunders Seharga Rp179 M

  • 01 Februari 2023, 11:59 WIB
Boys Planet

Mnet Tuai Kritik karena Evil Editing di Teaser Boys Planet

  • 01 Februari 2023, 09:24 WIB
INDEKS