Logo
BTS - Secret Number
korea
Tarif Idol dari Harga Mahal Sampai Gratis Diungkap Mantan Karyawan KBS
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – Kevin Lanov, YouTuber yang juga mantan pegawai KBS ini membongkar segala pernak-pernik di industri hiburan Korea Selatan saat hadir di YouTube Yuna Nuna. Salah satu yang menjadi pembahasan menarik soal bayaran yang diterima idol Kpop.

Baik itu sebagai bintang tamu di acara KBS ataupun event yang bekerja sama dengan perusahaan. Mulai dari bayaran gratis hingga mencapai miliaran rupiah. Seperti apa pengakuan Kevin Lanov soal bayaran idol Kpop itu? Penasaran kan? Scroll artikel berikut yuk untuk penjelasannya.

Bayaran Fantastis Idol Kpop

Photo : YouTube/Yuna Nuna

Dalam video yang diunggah di channel YouTube Yuna Nuna pada 1 Juni 2021 lalu, awalnya Kevin Lanov menceritakan pekerjaannya sebagai editor konten news untuk pasar Indonesia di stasiun televisi KBS.

Selama 6 tahun menjadi pegawai KBS, Kevin sudah bertemu dengan berbagai artis Korea Selatan, termasuk Secret Number yang disebutnya sebagai sosok yang baik dan ramah. Seiring hal itu, Yuna yang penasaran meminta Kevin Lanov untuk membocorkan membocorkan tarif mengundang artis Korea Selatan.

"Ngomong-ngomong, kalau undang artis pasti bayar juga ya kan, berapa harga bayaran artis-artis Korea yang besar gitu? Tahu kan?," kata Yuna yang dikutip Zigi.id dari channel YouTube-nya, Rabu, 30 Juni 2021.

Kevin lantas mengatakan kalau awalnya dia tidak mengetahui tarif tersebut. Tapi akhirnya cowok lulusan Seoul National University (SNU) ini melewati suatu keadaan yang membuatnya bisa mengetahui bayaran satu artis besar di Korea yang mencapai miliaran rupiah.

"Sebenarnya tadinya aku enggak tahu, cuman ada satu titik di mana aku jadinya tahu gitu bayaran-bayar artis itu berapa. Aku cuman sempat lihat sekelibat doang sih. Yang aku bisa kasih tahu mungkin itu lebih kayak ratusan ribu US Dollar kali ya. (Miliaran), kalau di Indonesia ya sekitar segitu lah. Itu kalau undang satu artis segitu, kalau dua artis ya dikali dua," jelas Kevin Lanov.

Meski begitu, diakui Kevin setiap artis memiliki tarif yang berbeda tergantung dari ketenaran mereka. "Tapi, setiap artis tuh beda. Jadi kalian bisa perkiraan lah ya. Kalau misalnya artisnya yang lebih mapan pasti lebih mahal lagi bayarannya gitu," sambungnya.

Bayaran Tampil di KBS

Photo : @tokopedia/Instagram

Tapi tarif itu berbeda jika tampil di acara KBS. Pasalnya, untuk acara yang mengundang satu grup tanpa sesuatu momen khusus biasanya tidak memberikan bayaran alias gratis.

"Jadi kalau untuk acara-acara kayak gini kan memang acaranya sangat besar kan, ya jadi pasti dibayar gitu loh mereka datang untuk dibayar gitu. Sedangkan di KBS itu sebenernya semuanya enggak dibayar guys, which is gratis gitu," bongkar Kevin Lanov.

"Kalau untuk acara khusus misal karena Dita doang dan itu juga cuman kayak acara khusus untuk hari itu doang, itu dibayar. Cuman kalau misalnya kita undang satu grup gitu untuk acara kita setiap bulan, setau aku sih enggak dibayar ya, setau aku enggak dibayar," lanjut Kevin.

Hal ini karena setiap artis juga membutuhkan popularitas yang diberikan oleh statiun televisi KBS. Di negar asalnya Korea Selatan, KBS merupakan salah satu jaringan penyiaran terbesar dan sudah ditonton hampir di seluruh dunia.

"Karena kita kayak misalnya kasih exposure buat mereka gitu loh. Iya kita stasiun besar juga, jadi itungannya lebih kayak mungkin dalam bentuk kolaborasi gitu kali ya. Makanya kalau yang kayak gitu-gitu sebenernya enggak dibayar gitu," tandas Kevin Lanov.

Bagaimana kamu sudah enggak penasaran kan dengan bayaran idol K-Pop saat menghadiri acara? Semoga bermanfaat ya!

  • Editor: Christiya Dika

How does this article make you feel?

Recommended
Somi - Hyunsik - Jeongyeon

Gak Disangka, 7 Idol K-Pop Ini Anak Artis Populer

  • 27 Juli 2021, 09:00 WIB
Mulai dari Hyunsik BTOB sampai Jeon Somi, 7 idol K-Pop ini merupakan anak artis ternama di Korea Selatan.
RM BTS - Rose Blackpink

4 Momen Kreatif Idol Kpop Langgar Aturan Agensi Saat Trainee

  • 07 Juli 2021, 08:00 WIB
RM BTS hingga Rose Blackpink, berikut momen kreatif idol Kpop melanggar aturan yang sudah ditetapkan agensi saat masih trainee.
Anggota Girl Grup A

Anggota Girl Group Populer Ditangkap Polisi Karena Obat Ilegal

  • 30 Juni 2021, 16:04 WIB
Anggota girl grup insial A harus membayar denda RP12,8 juta setelah dinyatakan bersalah memakai propofol ilegal.
Im Siwan, Krystal, D.O Kyungsoo

7 Idol Kpop Dinilai Sukses Berkarier Sebagai Aktor, Ada D.O EXO

  • 20 Mei 2021, 07:00 WIB
Netizen Korea memilih tujuh idol Kpop dinilai sukses berkarier akting. Ada D.O EXO, IU, Krystal f(x), hingga Im Siwan ZE:A.
Jungkook BTS - Sehun EXO

9 Idol Kpop Dapat Hadiah Mewah dari Fans, Sehun EXO Bikin Kaget

  • 11 Mei 2021, 07:30 WIB
Berikut sembilan idol Kpop yang mendapat hadiah berharga fantastis dari penggemar, mulai dari barang mewah hingga kue.
Lisa Blackpink - Yeri Red Velvet

Gak Selalu Seksi, 6 Fashion Idol Kpop Ini Bisa Ditiru Hijabers

  • 10 Mei 2021, 08:59 WIB
Gaya idol Kpop ini selama ini dikenal seksi dan terbuka, tapi 6 OOTD ini dengan jaket kulit dan blazer bisa ditiru para hijabers.
The Latest
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
The Penthouse 3

Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 8 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 18:35 WIB
NCT U

Fakta Lirik Lagu From Home - NCT U Lengkap Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:05 WIB
Blue Birthday

Link Nonton Streaming Blue Birthday Episode 3 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 16:58 WIB
Park Seo Joon

Biodata dan Agama Park Seo Joon, Pemeran Film Captain Marvel 2

  • 30 Juli 2021, 16:21 WIB
INDEKS