Tarif Idol dari Harga Mahal Sampai Gratis Diungkap Mantan Karyawan KBS - Korea ZIGI.ID
Logo
BTS - Secret Number
korea
BTS - Secret Number
Photo: Berbagai Sumber
BTS - Secret Number

ZIGI – Kevin Lanov, YouTuber yang juga mantan pegawai KBS ini membongkar segala pernak-pernik di industri hiburan Korea Selatan saat hadir di YouTube Yuna Nuna. Salah satu yang menjadi pembahasan menarik soal bayaran yang diterima idol Kpop.

Baik itu sebagai bintang tamu di acara KBS ataupun event yang bekerja sama dengan perusahaan. Mulai dari bayaran gratis hingga mencapai miliaran rupiah. Seperti apa pengakuan Kevin Lanov soal bayaran idol Kpop itu? Penasaran kan? Scroll artikel berikut yuk untuk penjelasannya.

Bayaran Fantastis Idol Kpop

image
Photo : YouTube/Yuna Nuna

Dalam video yang diunggah di channel YouTube Yuna Nuna pada 1 Juni 2021 lalu, awalnya Kevin Lanov menceritakan pekerjaannya sebagai editor konten news untuk pasar Indonesia di stasiun televisi KBS.

Selama 6 tahun menjadi pegawai KBS, Kevin sudah bertemu dengan berbagai artis Korea Selatan, termasuk Secret Number yang disebutnya sebagai sosok yang baik dan ramah. Seiring hal itu, Yuna yang penasaran meminta Kevin Lanov untuk membocorkan membocorkan tarif mengundang artis Korea Selatan.

"Ngomong-ngomong, kalau undang artis pasti bayar juga ya kan, berapa harga bayaran artis-artis Korea yang besar gitu? Tahu kan?," kata Yuna yang dikutip Zigi.id dari channel YouTube-nya, Rabu, 30 Juni 2021.

Kevin lantas mengatakan kalau awalnya dia tidak mengetahui tarif tersebut. Tapi akhirnya cowok lulusan Seoul National University (SNU) ini melewati suatu keadaan yang membuatnya bisa mengetahui bayaran satu artis besar di Korea yang mencapai miliaran rupiah.

"Sebenarnya tadinya aku enggak tahu, cuman ada satu titik di mana aku jadinya tahu gitu bayaran-bayar artis itu berapa. Aku cuman sempat lihat sekelibat doang sih. Yang aku bisa kasih tahu mungkin itu lebih kayak ratusan ribu US Dollar kali ya. (Miliaran), kalau di Indonesia ya sekitar segitu lah. Itu kalau undang satu artis segitu, kalau dua artis ya dikali dua," jelas Kevin Lanov.

Meski begitu, diakui Kevin setiap artis memiliki tarif yang berbeda tergantung dari ketenaran mereka. "Tapi, setiap artis tuh beda. Jadi kalian bisa perkiraan lah ya. Kalau misalnya artisnya yang lebih mapan pasti lebih mahal lagi bayarannya gitu," sambungnya.

Bayaran Tampil di KBS

image
Photo : @tokopedia/Instagram

Tapi tarif itu berbeda jika tampil di acara KBS. Pasalnya, untuk acara yang mengundang satu grup tanpa sesuatu momen khusus biasanya tidak memberikan bayaran alias gratis.

"Jadi kalau untuk acara-acara kayak gini kan memang acaranya sangat besar kan, ya jadi pasti dibayar gitu loh mereka datang untuk dibayar gitu. Sedangkan di KBS itu sebenernya semuanya enggak dibayar guys, which is gratis gitu," bongkar Kevin Lanov.

"Kalau untuk acara khusus misal karena Dita doang dan itu juga cuman kayak acara khusus untuk hari itu doang, itu dibayar. Cuman kalau misalnya kita undang satu grup gitu untuk acara kita setiap bulan, setau aku sih enggak dibayar ya, setau aku enggak dibayar," lanjut Kevin.

Hal ini karena setiap artis juga membutuhkan popularitas yang diberikan oleh statiun televisi KBS. Di negar asalnya Korea Selatan, KBS merupakan salah satu jaringan penyiaran terbesar dan sudah ditonton hampir di seluruh dunia.

"Karena kita kayak misalnya kasih exposure buat mereka gitu loh. Iya kita stasiun besar juga, jadi itungannya lebih kayak mungkin dalam bentuk kolaborasi gitu kali ya. Makanya kalau yang kayak gitu-gitu sebenernya enggak dibayar gitu," tandas Kevin Lanov.

Bagaimana kamu sudah enggak penasaran kan dengan bayaran idol K-Pop saat menghadiri acara? Semoga bermanfaat ya!

  • Editor: Christiya Dika
Recommended

Kakak Dita Karang Ngamuk Adiknya Diminta Diet Biar Laku di Korea

  • 02 Mei 2022, 10:27 WIB
Kakak Dita Karang, Kirana Karang naik pitam karena netizen Indonesia meminta adiknya turunkan berat badan sesuai standar di Korea.

Selebgram Taiwan Klaim Diajak Hubungan Intim oleh Idol K-pop Terkenal

  • 07 April 2022, 18:59 WIB
XiaoXia, seorang influencer terkenal Taiwan mengungkapkan dirinya pernah berpacaran dengan idol K-pop dan sempat diajak bercinta.

Terjemahan Lirik Lagu Love Maybe - Secret Number OST Business Proposal

  • 14 Maret 2022, 12:43 WIB
Lirik lagu Love Maybe romanization hangul dan terjemahan Indonesia. OST Business Proposal oleh Soodam, Zuu, Dita Secret Number.

Denise Keluar dari Secret Number, Bikin Channel YouTube

  • 05 Februari 2022, 10:34 WIB
Denise umumkan keluar dari Secret Number dan memberi hadiah penggemar cover lagu di channel YouTube pribadi.

Denise Secret Number Unfollow dan Hapus Foto Bersama Member

  • 02 Februari 2022, 11:53 WIB
Denise Secret Number hapus seluruh unggahan bersama para member dan unfollow akun resmi Secret Number.

5 Poin Wawancara Dita Karang Secret Number, Trending di Korsel

  • 29 November 2021, 19:12 WIB
Wawancara terbaru Dita Karang Secret Number bersama salah satu outlet media Korea Selatan puncaki daftar trending.
The Latest
Cyber Hell: Exposing an Internet Horror

Cara Nonton Film Cyber Hell: Exposing an Internet Horror Sub Indo

  • 18 Mei 2022, 18:41 WIB
Lagu ARIA -Yerin Eks GFriend

Fakta dan Lirik Lagu ARIA - Yerin Eks GFriend Debut Solo

  • 18 Mei 2022, 17:46 WIB
Drama Love All Play Episode 9

Nonton Love All Play Episode 9 Sub Indo, Kebencian Junyoung ke Taeyang

  • 18 Mei 2022, 17:37 WIB
Jaehan Omega X dan Yechan Omega X main drama BL

3 Fakta Drama BL Comfort The Boy Dibintangi Jaehan dan Yechan Omega X

  • 18 Mei 2022, 17:14 WIB
Kim Sae Ron

Profil dan Biodata Kim Sae Ron: Pacar, Drama, Film, Kontroversi

  • 18 Mei 2022, 15:46 WIB
INDEKS