Logo
Hwang Dong Hyuk, Sutradara Squid Game
korea
Hwang Dong Hyuk, Sutradara Squid Game
Photo: Netflix
Hwang Dong Hyuk, Sutradara Squid Game

ZIGI – Sutradara Hwang Dong Hyuk mengungkap bahwa dirinya belum mendapat bonus bayaran dari pihak Netflix atas kesuksesan drama Squid Game yang mendunia. Padahal, proyek akting yang dibintangi Lee Jung Jae, Park Hae Soo, hingga Jung Ho Yeon itu telah mencetak beragam rekor.

Hal tersebut disampaikan oleh Hwang Dong Hyuk yang baru-baru ini melakukan wawancara eksklusif dengan outlet media The Guardian. Melihat popularitas Squid Game yang masih merajai tren saat ini sejak dirilis perdana pada 17 September 2021 lalu, seakan tak wajar apabila sang sutradara belum menikmati buah manis hasil kerja kerasnya.

Di lain sisi, jajaran pemain drama aktif mempromosikan Squid Game dengan tampil di berbagai program televisi hingga menjalani sederet sesi pemotretan. Bagaimana nasib sutradara Hwang Dong Hyuk? Berikut berita selengkapnya. 

Baca Juga: 34 Daftar Serial Netflix Terpopuler, Squid Game Paling Banyak Ditonton

Sutradara Squid Game Belum Dapat Bayaran Bonus dari Netflix

Hwang Dong Hyuk / Sutradara Squid Game
Photo : Naver
Hwang Dong Hyuk / Sutradara Squid Game

Berdasarkan data terbaru Netflix, Squid Game mencetak sejarah baru untuk platform streaming tersebut dengan meraup lebih dari 111 juta penonton. Angka ini bahkan bisa diraih kurang dari satu bulan setelah dirilis.

Pada 26 Oktober 2021, outlet media The Guardian merilis artikel wawancara eksklusif dengan sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk. Lalu sang pewawancara berguyon dengan Hwang Dong Hyuk sambil mengatakan apakah kesuksesan Squid Game sudah membuatnya kaya raya.

“Saya tidak sekaya itu. Tapi saya berkecukupan. Saya merasa cukup untuk meletakkan makanan di atas meja,” ungkap Hwang Dong Hyuk kepada The Guardian, dikutip Zigi.id pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Secara terang-terangan, Hwang Dong Hyuk menyebutkan bahwa dia tidak merasakan kesuksesan drama garapannya sendiri karena belum mendapat bayaran bonus dari Netflix.

“Dan sepertinya Netflix tidak memberi saya bonus. Netflix membayar saya sesuai dengan kontrak aslinya,” lanjut Hwang Dong Hyuk. 

Drama Squid Game Bernilai Fantastis untuk Keuntungan Netflix

Squid Game
Photo : Netflix Korea
Squid Game

Kesuksesan drama Squid Game tak hanya dirasakan di Korea Selatan tapi juga seluruh dunia. Bahkan, proyek akting ini berhasil menyalip Bridgerton (2020) dan dinobatkan sebagai serial Netflix paling sukses yang pernah ada.

Berdasarkan informasi yang beredar, biaya produksi untuk total 9 episode drama Squid Game menggelontorkan uang sebesar £15,5 juta atau setara dengan Rp302 miliar. Yang berarti menghabiskan sekitar £1,75 juta (Rp34 miliar) per episode. 

Per Kamis, 28 Oktober 2021, drama Squid Game diperkirakan telah ditonton sebanyak 142 juta kali dan berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah pelanggan Netflix hingga 4,4 juta. Dengan ini, Squid Game ditaksir bernilai £650m atau Rp12,7 triliun untuk Netflix saja. Daebak!

Maka dari itu, seharusnya beberapa persen dari nominal tersebut bisa masuk ke kantong Hwang Dong Hyuk selaku sutradara Squid Game. Masih dalam wawancara yang sama, dia mengatakan bahwa proses syuting drama benar-benar membuatnya stres.

“Itu (syuting drama Squid Game) menguras fisik, mental, dan emosional. Saya terus memiliki ide-ide baru dan merevisi episode saat kami syuting sehingga jumlah pekerjaan berlipat ganda,” kata sang sutradara.

Sementara itu, popularitas drama Squid Game masih terasa hingga sekarang. Terbaru, proyek akting garapan Hwang Dong Hyuk ini masuk nominasi The Bingeworthy Show di ajang penghargaan People's Choice Awards 2021 serta Gotham Independent Film Awards ke-31. Terbaru, sutradara Hwang Dong Hyuk mengungkap bahwa dirinya belum mendapat bonus dari Netflix atas kesuksesan Squid Game.

Baca Juga: 6 Persamaan Squid Game dan Film Parasite, Ekspos Realita Sosial

  • Editor: Yasmin Karnita

How does this article make you feel?

Recommended

Money Heist Versi Korea Rilis Teaser Park Hae Soo Sebagai Berlin

  • 02 Desember 2021, 09:46 WIB
Teaser perdana Money Heist versi Korea, tampilkan Park Hae Soo memerankan karakter Berlin. Tayang tahun 2022 di Netflix.

7 Fakta MrBeast, YouTuber Squid Game Real Life Kerap Jadi Kontroversi

  • 02 Desember 2021, 06:42 WIB
Fakta-fakta MrBeast YouTuber video Squid Game in Real Life bernama asli James Steven Donaldson dipuji sutradara.

Dipuji Sutradara, Squid Game Versi Nyata MrBeast Tuai Perdebatan

  • 01 Desember 2021, 16:38 WIB
MrBeast Seorang YouTuber Amerika membuat Squid Game versi nyata justru menuai perdebatan di kalangan netizen.

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
New Southern Policy Forum ke-4 diadakan untuk membahas langkah jitu Korea mengenalkan Korean Wave lewat BTS, Parasite Hingga Squid

Daftar Pemenang Gotham Awards 2021, Squid Game Breakthrough Series

  • 30 November 2021, 13:35 WIB
Daftar pemenang ajang penghargaan film 31st Gotham Independent Film Award 2021, Squid Game menang Breakthrough Series - Long Form.

Park So Dam Akui Bisa Tampil di Parasite Berkat Choi Woo Shik

  • 25 November 2021, 16:40 WIB
Park So Dam ungkap kemiripan dengan Choi Woo Shik buat dirinya terpilih untuk main di film Parasite garapan Bong Joon Ho.
The Latest
aespa, Ryujin ITZY, Bambam GOT7

10 Foto Red Carpet AAA 2021, aespa Hadir Tanpa Karantina dari AS

  • 02 Desember 2021, 18:45 WIB
Choi Ye Na

Choi Ye Na Dirumorkan Terima 'Sponsor' dari CEO, Agensi Buka Suara

  • 02 Desember 2021, 18:09 WIB
Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS

Ngaku Pacar J-Hope, Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di LA

  • 02 Desember 2021, 17:54 WIB
Kim Yo Han

Spoiler School 2021 Episode 4, Gong Ki Joon Difitnah

  • 02 Desember 2021, 17:03 WIB
Album  Mino Winner To INFINITY

YG Pastikan Album Mino Winner - To INFINITY Ramah Lingkungan

  • 02 Desember 2021, 16:42 WIB
INDEKS