Logo
Lee Soo Man
korea
SM Entertainment dan Kampus KAIST Kembangkan Metaverse Berbasis AI
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – SM Entertainment semakin serius dalam mengembangkan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang kini diaplikasikan kepada girlband aespa. Terbaru, agensi hiburan yang digawangi oleh Lee Soo Man itu resmi bekerja sama dengan salah satu kampus riset terbaik di Korea Selatan, KAIST.

Pada Kamis, 24 Juni 2021, SM Entertainment menggandeng KAIST atau Korea Advanced Institute of Science and Technology untuk mengembangkan kolaborasi antara Kpop dan metaverse, yakni dunia virtual tiga dimensi. Seperti apa detail dari kerja sama ini? Simak artikel berikut.

SM Entertainment dan KAIST Kembangkan Metaverse Berbasis AI


Source: Naver

SM Entertainment dan KAIST telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk penelitian metaverse di markas KAIST di Daejeon, dengan dihadiri Lee Soo Man, CEO Lee Sung Soo, dan presiden KAIST Lee Kwang Hyung.

Melalui perjanjian ini, SM Entertainment dan KAIST berencana untuk meluncurkan proyek kolaborasi di bidang konten hiburan, kecerdasan buatan, dan robot, serta melakukan penelitian tentang produksi avatar digital dan teknologi budaya.

Presiden KAIST Lee Kwang Hyung menyatakan bahwa visi misi SM Entertainment untuk menggabungkan teknologi dan kreativitas sangatlah hebat.

"Saya berharap imajinasi budaya SM memenuhi teknologi luar biasa KAIST, dan menjadi produk kreativitas hebat yang berkontribusi pada pasar hiburan masa depan, serta pengembangan teknologi rekayasa,” ungkap Lee Kwang Hyung, dikutip dari Soompi pada Kamis, 24 Juni 2021.

Lee Soo Man Beri Kuliah Umum di Kampus KAIST


Source: Naver

Menyusul kerjasama ini, Lee Soo Man sempat memberikan kuliah umum di kampus KAIST dengan membawakan topik ‘Dunia Hiburan Masa Depan, KAIST dan SM Hidup Berdampingan’.

Dalam materi yang disampaikan Lee Soo Man, dia menyatakan bahwa Kpop telah menjadi fenomena dunia. Seiring berkembangnya teknologi, konten hiburan pun semakin mudah dibuat dalam wujud berbeda.

"Kompetensi inti yang telah membuat Kpop menjadi fenomena global adalah 'teknologi budaya'. Berdasarkan pengetahuan, pengalaman, dan cara melakukan versi saya, saya telah menetapkan konsep independen yang disebut budaya teknologi atau CT (Cultural Technology), yaitu teknologi untuk membuat konten,” kata Lee Soo Man ke hadapan para mahasiswa KAIST.

Dia melanjutkan, "SM menganggap penting untuk menyajikan pengalaman konten baru dengan terus-menerus mencoba untuk tanpa budaya dan teknologi,” ujarnya. 

Lee Soo Man lantas merujuk kepada konser online yang sering diselenggarakan oleh artis-artis di bawah naungan SM Entertainment melalui Beyond Live sekaligus adanya konten holografik sebagai contoh dari Cultural Technology (CT).

“Untuk kehidupan dan masa depan di mana umat manusia hidup, budaya dan sains harus menyatu secara alami. Saya ruang produser masa depan sebagai ilmuwan budaya,” ucapnya.

Ide Cemerlang Lee Soo Man, Pelopor Grup Kpop Pertama dengan Konsep AI


Source: Allkpop

Sementara itu, Lee Soo mengatakan bahwa artis, robot dan avatar akan hidup berdampingan di masa depan dunia hiburan. Hal tersebut juga berkaitan dengan girl group rookie SM Entertainment, aespa, yang baru debut pada November 2020 lalu. Di mana konsep yang disuguhkan menunjukkan sekilas tentang masa depan. 

Seperti diketahui, aespa merupakan grup Kpop pertama yang menggabungkan konsep antara member dunia nyata dan virtual, di mana ada pula kehadiran avatar (æ). Ini pun didasarkan pada pandangan dunia bahwa avatar dapat berkomunikasi bahkan berinteraksi dengan manusia dalam dunia nyata. 

Terbaru, SM Entertainment dan KAIST resmi bekerja sama untuk mengembangkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (teknologi AI) dengan robot, avatar digital, sekaligus penelitian teknologi budaya yang berhubungan dengan dunia hiburan Kpop.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
Lee Soo Man - Giselle

6 Fakta Pacar Lee Soo Man, Jurnalis Diduga Bibi Giselle aespa

  • 23 Juli 2021, 20:21 WIB
Berikut 6 fakta pacar Lee Soo Man, terbaru jurnalis berinisial J itu diduga sebagai bibi dari Giselle aespa.
aespa OT4

Daftar Kesuksesan aespa di 2021, Kini Direkrut Agensi Amerika

  • 23 Juli 2021, 09:45 WIB
aespa tandatangani kontrak dengan agensi hiburan di Amerika Serikat, Creative Artists Agency (CAA). Tuai kesuksesan di 2021.
Lee Soo Man

Istri Lee Soo Man Meninggal, Kini Disebut Pacari Jurnalis

  • 22 Juli 2021, 09:58 WIB
Hal yang perlu diketahui dari kabar Lee Soo Man pacaran dengan jurnalis asing. Istri Lee Soo Man meninggal dunia sejak 2014.
KRis wu

10 Kontroversi Kris Wu, Terbaru Dituduh Perkosa 30 Gadis

  • 19 Juli 2021, 10:22 WIB
Berikut 10 kontroversi Kris Wu yang belakangan ini dituduh oleh mantan pacarnya memperkosa 30 gadis termasuk yang di bawah umur.
Lee yeon hee snsd

Yuri Sebut Lee Yeon Hee Batal Gabung SNSD karena Terlalu Cantik

  • 14 Juli 2021, 10:57 WIB
Lee Yeon Hee membantah mitos tersebut ketika ia menjadi bintang tamu di kanal YouTube Yuri SNSD.
Bang Si Hyuk, JY Park, Lee Soo Man

Susul SM-HYBE, JYP Debutkan Boyband Baru Lewat Acara Survival

  • 13 Juli 2021, 17:03 WIB
JYP Entertainment akan luncurkan acara survival Nizi Project season 2 untuk debutkan boyband baru, sama seperti SM dan HYBE.
The Latest
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
Nevertheless

Versi Full Lirik Lagu Love Me Like That - Sam Kim (OST Nevertheless)

  • 24 Juli 2021, 19:17 WIB
INDEKS