Siwon Singgung Bahaya Internet di Forum Pengetahuan Dunia 2021 - Korea ZIGI.ID
Logo
Siwon Super Junior
korea
Siwon Super Junior
Photo: Allkpop
Siwon Super Junior

ZIGI – Siwon Super Junior berpidato untuk Forum Pengetahuan Dunia 2021 yang diselenggarakan UNICEF pada 16 September 2021. Dalam sesi tahunan tersebut UNICEF mengangkat tema UNICEF 75th Anniversary - Protecting Children in an Online Environment.

Pemain drama Drink Now, Work Later tersebut berharap ada kebijakan yang secara signifikan akan melindungi anak-anak dari lingkungan dunia maya. Simak pemaparan lengkap Siwon di sini. 

Penggunaan Internet Yang Tinggi Pengaruhi Anak-anak

image
Photo : Allkpop

Pada pidatonya, Siwon menunjukkan bagaimana pandemi Covid-19 telah mengubah ruang hidup anak-anak. Pembatasan interaksi secara langsung memaksa anak-anak untuk melangsungkan banyak kegiatannya melalui online. 

"Perhatian utama saya terletak pada jenis lingkungan tempat anak-anak ini berada. Keadaan ini mungkin berbeda di tiap wilayah, tapi di beberapa negara penggunaan internet telah meningkat," terangnya membuka pidato seperti dilansir dari Allkpop pada Jumat, 17 September 2021. 

Anak-anak berisiko mengonsumi konten berbahaya. Mengutip data dari UNICEF Korea, Siwon memaparkan bahwa 19% anak dalam survei merasa tidak nyaman karena terus-terusan berhadapan dengan konten tidak menyenangkan di internet. 

Melindungi Anak-Anak Dari Pengaruh Dunia Online

image
Photo : Twitter/@UNICEF_EAPRO

Konten berbahaya yang biasa diterima anak-anak mencakup berita palsu, penggunaan data tidak pantas, intimidasi di dunia maya, pesan cabul hingga kejahatan seksual. 

"Anak-anak belum diedukasi dengan benar tentang cara merespon dan melaporkan konten berbahaya seperti itu. Melindungi anak-anak di ruang internet sangat penting," tegas Siwon sekali lagi. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, Siwon menawarkan alternatif untuk membuat platform online yang dapat diakses anak-anak tanpa rasa khawatir. Selain itu juga memberikan panduan lengkap berinternet dalam istilah yang mudah anak-anak pahami. 

Tanggung jawab untuk melindungi anak-anak ada di pundak orang dewasa. "Saya berharap setelah ini, akan ada upaya signifikan untuk mengatasi masalah tersebut," ujarnya. 

Forum Pengetahuan Dunia 2021 diharapkan dapat memberikan solusi nyata untuk menghindarkan bahaya lingkungan online untuk anak-anak. 

Menjadi Duta Untuk UNICEF

image
Photo : Twitter/@UNICEF_EAPRO

Siwon Super Junior adalah duta UNICEF sejak November 2019 untuk wilayah Asia Timur dan Asia Pasifik. Idol asuhan SM Entertainment ini memang dikenal sering melakukan kegiatan sosial. Sebelum diangkat menjadi duta, ia sempat mengunjungi Vietnam untuk memperkenalkan program baru UNICEF terkait hak anak. 

Dalam video singkat penunjukannya sebagai duta Siwon mengatakan, "Di Asia Timur dan Pasifik, kita harus bekerja sama untuk menuntut hak setiap anak. 2019 adalah waktu yang spesial, di mana anak-anak di seluruh dunia menuntuk hak mereka," katanya dalam video @UNICEF_EAPRO.

Tugas Siwon salah satunya adalah memberikan kesadaran seluas mungkin atas hak-hak anak kepada seluruh lapisan masyarakat. Menurutnya saat ini banyak anak di seluruh dunia tidak bisa mendapatkan hak masa kecilnya karena berbagai situasi sosial, politik, dan ekonomi. 

Siwon Super Junior baru saja diundang ke acara UNICEF 75th Anniversary- Protecting Children in an Online Environment. Pada Forum Pengetahuan Dunia 2021 tersebut, ia meminta perhatian dunia untuk melindungi anak-anak dari pengaruh dunia online. 

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Disebut Mirip, Boy William Akhirnya Bertemu Siwon Super Junior

  • 23 September 2022, 09:12 WIB
Boy William akhirnya bertemu dengan Siwon Super Junior setelah sering disebut mirip oleh netizen, akui kagum.

Disebut Mirip, Boy William Akhirnya Bertemu Siwon Super Junior

  • 23 September 2022, 09:12 WIB
Boy William akhirnya bertemu dengan Siwon Super Junior setelah sering disebut mirip oleh netizen, akui kagum.

5 Momen Henry Lau di Jakarta, Mesra sama Prilly Latuconsina dan Rossa

  • 14 Agustus 2022, 09:24 WIB
Henry Lau eks Super Junior M berkunjung ke Indonesia dan berjumpa dengan sejumlah artis seperti Prilly Latuconsina hingga Rossa.

Harga, Ketentuan & Cara Beli Tiket Konser Super Junior di Jakarta 2022

  • 12 Agustus 2022, 12:47 WIB
Tiket konser Super Junior di Indonesia yang berjudul Super Show 9: Road in Jakarta sudah mulai dijual pada Jumat, 12 Agustus 2022.

4 Fakta Konser Super Junior di Manila Ditunda, Ayah Eunhyuk Meninggal

  • 07 Agustus 2022, 12:34 WIB
Konser Super Junior di Manila pada Sabtu, 6 Agustus 2022 harus ditunda setelah ayah Eunhyuk meninggal dunia.

Super Junior Gelar Konser di Jakarta 17 September 2022

  • 03 Agustus 2022, 10:18 WIB
Super Junior siap menyapa penggemar (ELF) Indonesia melalui konser SUPER SHOW 9 pada 17 September 2022 di ICE BSD Hall 5-6.
The Latest
Rose Blackpink di Paris Fashion Week

5 Momen Rose Blackpink di Paris Fashion Week, Akrab sama Hailey Bieber

  • 03 Oktober 2022, 10:41 WIB
Bad Prosecutor

Jadwal Tayang, Sinopsis, Pemain Bad Prosecutor, Drama Baru D.O EXO

  • 03 Oktober 2022, 08:00 WIB
Little Women

Nonton Little Women Episode 10 Sub Indo, Oh In Hye meninggal?

  • 02 Oktober 2022, 18:00 WIB
Song Joong Ki

Alasan Song Joong Ki Setuju Tak Dibayar untuk Film Hwaran

  • 02 Oktober 2022, 13:09 WIB
Drama Little Women episode 9

Nonton Little Women Episode 9 Sub Indo, In Kyung Ingin Bunuh Jae Sang

  • 01 Oktober 2022, 18:00 WIB
INDEKS