Logo
Nichkhun 2PM Military service
korea
Sistem Wajib Militer Thailand, Nichkhun 2PM Hampir Direkrut
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – Nichkhun 2PM baru-baru ini membagikan cerita saat hampir direkrut program militer di Thailand. Alasannya pun sama seperti rekan idol Kpop yang lain, BamBam GOT7, yang juga tidak dipilih untuk mengabdi kepada tanah kelahirannya itu.

Sama seperti Korea Selatan, Thailand juga memiliki peraturan yang mewajibkan semua pria yang berusia 20 tahun ke atas mengikuti wajib militer. Perbedaanya terletak pada cara perekrutan yang menggunakan sistem undian. Seperti apa cerita Nichkhun 2PM? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Nichkhun Menunggu Para Member 2PM Selesaikan Wamil Selama 5 Tahun


Source: Allkpop

2PM diundang sebagai bintang tamu dalam acara radio SBS Power FM, Cultwo Show at 2 O’Clock pada Kamis, 8 Juli 2021 lalu. Kali ini, grup besutan JYP Entertainment tersebut membahas soal comeback perdana mereka setelah lima tahun.

Nichkhun menjadi satu-satunya member 2PM yang bukan berasal dari Korea Selatan sehingga tidak diwajibkan untuk wamil. Untuk itu, dia harus menunggu kelima member 2PM yang lain mencakup Jun.K, Taecyeon, Wooyoung, Junho dan Chansung menyelesaikan tugas negara.

Lantas Nichkhun bercerita selama lima tahun terakhir, dia harus mengantar satu per satu member ke markas militer. Kini, mereka semua telah kembali dan akhirnya bisa melakukan comeback dalam formasi grup lengkap.

“Aku mengirim setiap anggota satu per satu dan saya telah menunggu selama lima tahun bersama penggemar,” cerita Nichkhun 2PM, dikutip dari Allkpop pada Jumat, 9 Juli 2021.

Cerita Nichkhun 2PM Hampir Direkrut Wajib Militer Thailand

Photo : Naver

Kemudian Nichkhun 2PM bercerita soal pengalamannya dibebaskan dari wajib militer di Thailand tahun 2009 silam. Sama seperti Korea Selatan, tanah kelahirannya itu juga memiliki peraturan demikian. Namun cara perekrutan termasuk unik karena bergantung pada sebuah undian.

“Di Thailand, untuk memutuskan apakah kau bergabung dengan tentara adalah dengan lewat undian. Jika kau mendapat kartu undian merah, kau pergi ke tentara. Jika kau mendapat kartu undian hitam, kau dibebaskan,” cerita Nichkhun.

Prosesi perekrutan wajib militer diketahui disiarkan secara langsung di seluruh stasiun televisi Thailand sehingga hal ini membuat Nichkhun 2PM merasa lebih tertekan. Saat gilirannya untuk mengambil kartu undian, dia mendapatkan kartu warna merah.

“Ada banyak kamera karena prosesi disiarkan langsung di berita. Pembawa acara di sana berkata, 'Ada selebriti di antara kita jadi mari kita minta mereka untuk memilih dulu’. Jadi aku naik (ke atas panggung) dan mengambil lebih dulu. Aku mendapat kartu undian warna merah,” ungkapnya.

Dengan pilihan itu, membuat Nichkhun 2PM seharusnya melakukan wajib militer selama dua tahun di Thailand. Beruntungnya, kala itu kuota tentara sudah terpenuhi sehingga sang idol tak perlu menjalani wamil. 

“Tetapi pada saat itu, sudah banyak pelamar untuk militer, sehingga jumlah orang yang dapat bergabung dengan tentara sudah penuh. Pembawa acara menyebutnya demonstrasi dan berkata, 'Jika kamu memilih merah seperti ini, kamu akan bergabung dengan militer', tapi dia bilang tidak ada yang pergi hari ini,” ungkapnya.

Tentang Sistem Wajib Militer di Thailand, Berbeda dari Korea Selatan

Photo : Berbagai Sumber

Sama seperti Korea Selatan, Thailand juga memiliki peraturan yang mewajibkan semua pria yang berusia 18-35 tahun mengikuti wajib militer. Perekrutan program militer sendiri biasanya diadakan setiap bulan April.

Wajib militer di Thailand terbilang unik karena bagi mereka yang beruntung, dapat dibebaskan dari peraturan ini. Thailand memberlakukan dua sistem yakni sukarela dan Draft Day untuk menentukan calon tentara. 

Untuk sistem sukarela, pria yang telah berusia 21 tahun dapat memilih langsung ikut wamil selama enam bulan sebagai relawan atau mencoba peruntungan dibebastugaskan lewat undian. 

Sedangkan Draft Day adalah saat di mana peserta mengadu nasib lewat kartu undian yang mereka dapatkan dari sebuah kotak hitam. Bila warna kartu undian yang didapat berwarna merah, maka peserta tersebut akan menjalani wajib militer selama dua tahun. Jika mereka mendapat kartu warna hitam, sang peserta akan dibebastugaskan.

Bukan hanya Nichkhun 2PM saja, BamBam GOT7 dan Ten NCT juga sebelumnya dibebaskan dari wajib militer.

Pada 2018, BamBam GOT7 telah menjalani serangkaian prosesi pengundian di Thailand. Menurut laporan distrik tempat sang idol tinggal, membutuhkan sebanyak 74 peserta wamil. Namun kuota sudah terpenuhi sebelum BamBam mengambil undian. Akhirnya, dia lolos dari kewajiban menjalani wajib militer.

Sedangkan Ten NCT juga dibebaskan dari wajib militer. Alasannya karena dia tidak lolos tahap pemeriksaan kesehatan akibat cedera lutut yang pernah dideritanya.

Itulah cerita para idol Kpop asal Thailand mencakup Nichkhun 2PM, Ten NCT dan BamBam GOT7 yang dengan beruntung bebas dari wajib militer di negara asal sehingga masih bisa terus berkarier hingga sekarang.

  • Editor: Yasmin Karnita

How does this article make you feel?

Recommended
Han Seung Woo

Profil, Biodata, Keluarga Han Seungwoo VICTON Wamil Hari Ini

  • 28 Juli 2021, 15:17 WIB
Fakta, profil, biodata, keluarga lengkap agama Han Seungwoo VICTON, resmi masuk wamil pada Rabu, 28 Juli 2021.
Song Hye Kyo dan Jang Ki Yong

Song Hye Kyo dan Jang Ki Yong Pamer Kedekatan Jelang Wamil

  • 26 Juli 2021, 15:05 WIB
Jang Ki Yong akan wamil pada 23 Agustus 2021. Saat ini, masih menjalani syuting drama Now, We Are Breaking Up dengan Song Hye Kyo.
BTS

BTS Tunda Wamil, Pejabat Militer Setuju Demi Kepentingan Nasional

  • 15 Juli 2021, 09:33 WIB
Pejabat militer setuju penundaan BTS wamil demi kepentingan nasional karena mereka sudah meningkatkan nilai merek Korea Selatan.
Chenle, Ten, Giselle

Ten NCT dan 6 Artis SM Entertainment Berasal dari Keluarga Kaya

  • 15 Juli 2021, 09:01 WIB
Daftar artis SM Entertainment yang berasal dari keluarga kaya, mencakup Giselle aespa, Ten dan Chenle NCT hingga Choi Siwon.
Seulgi Red Velvet

Cara Nonton dan Link Streaming Seulgi zip di Naver NOW

  • 25 Juni 2021, 17:36 WIB
Link nonton streaming Seulgi zip di Naver NOW, acara radio terbaru dipandu oleh Seulgi Red Velvet setiap hari Selasa dan Kamis.
BTS OT7

Menteri Kebudayaan Korea Ingin BTS Kembali Tunda Wamil

  • 25 Juni 2021, 10:08 WIB
Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata ingin ajukan permohonan agar BTS kembali dapat menunda wajib militer atau wamil.
The Latest
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
The Penthouse 3

Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 8 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 18:35 WIB
NCT U

Fakta Lirik Lagu From Home - NCT U Lengkap Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:05 WIB
Blue Birthday

Link Nonton Streaming Blue Birthday Episode 3 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 16:58 WIB
Park Seo Joon

Biodata dan Agama Park Seo Joon, Pemeran Film Captain Marvel 2

  • 30 Juli 2021, 16:21 WIB
INDEKS