Logo
Gabee Street Woman Fighter
korea
Gabee Street Woman Fighter
Photo: Berbagai sumber
Gabee Street Woman Fighter

ZIGI – SBS menuai kritikan setelah menyematkan kata sensual saat Gabee Street Woman Fighter tampil dalam episode terbaru acara Master In The House yang tayang Selasa, 8 November 2021. Diketahui bahwa kalimat tersebut sering digunakan oleh komunitas pria Korea Selatan untuk merendahkan wanita atau gerakan anti-feminisme. 

Usai acara Master In The House tayang, netizen mengungkap kekecewaan mereka terhadap SBS yang dinilai tidak berhati-hati dalam mengedit terutama saat pemilihan kata yang ditampilkan dalam siaran. Seperti apa kronologinya? Berikut artikel selengkapnya. 

Baca Juga: Link Nonton Street Woman Fighter Gala Talk Show Sub Indo

SBS Dikritik Pakai Kata Sensual Ke Gabee Street Woman Fighter

Gabee Street Woman Fighter
Photo : Pannchoa
Gabee Street Woman Fighter

Variety show Master In The House episode 194 yang tayang pada Selasa, 9 November 2021 menghadirkan bintang tamu yakni para leader kru dance yang sempat berkompetisi dalam Street Woman Fighter. Mencakup Aiki HOOK, Monika PROWDMON, Gabee LACHICA, dan Leejung YGX. 

Dalam salah satu segmen, para dancer menunjukan kemampuan menarinya masing-masing. Saat giliran Gabee LACHICA, SBS menyematkan subtitle bertuliskan 'Noona, I'm dying' atau berarti ‘Kakak, aku sekarat’ untuk mendeskripsikan ekspresi salah satu host. Noona sendiri merupakan kata panggilan dalam bahasa Korea dari pria lebih muda untuk wanita yang lebih tua. 

Bagi beberapa negara, kata 'Noona, I'm dying' mungkin tidak memiliki arti apa pun. Namun di Korea Selatan, frasa tersebut mengandung makna erotis dan merujuk seperti pelecehan seksual secara verbal.

Lantas kalimat tersebut sering ditemukan di komunitas online yang didominasi laki-laki saat mereka mengomentar foto serta video selebriti wanita. Jika kata ‘Noona, I'm dying’ diketikkan dalam bahasa Korea, maka yang keluar adalah beberapa komik sensual yang tidak pantas ditayangkan di televisi. Tidak butuh waktu lama netizen lantas mengkritik SBS.

"Siapa yang menulis kalimat tidak pantas tersebut di broadcast? Dengan caption menjijikan seperti itu, apa sebenarnya yang dilakukan oleh Komisi Komunikasi Korea?,” ungkap seorang netizen di komunitas online, dikutip dari Koreaboo pada Selasa, 9 November 2021.

"Ini benar-benar pelecehan seksual. Siapa yang menulis? Pecat mereka," tulis netizen lain.

"Aku tidak tahu tentang ini, bukankah ada beberapa orang yang tiak mengetahui kata tersebut bermasalah? Sebagai orang yang jarang mengunjungki komunitas online, aku tidak tahu," timpal seorang netizen.

"Apa mereka gila? Ini benar-benar membuat mual," ungkap seorang netizen mengeluh.

Tentang Komunitas Online Pria yang Sering Rendahkan Wanita

RM BTS dan Irene Red Velvet
Photo : Berbagai sumber
RM BTS dan Irene Red Velvet

Sementara itu, ada sebuah komunitas online pria di Korea Selatan bernama Ilbe. Isi forum tersebut didominasi oleh kritikan para pria terhadap wanita mulai dari merendahkan hingga mela pelecehan seksual secar online. Hampir sebagian besar pria yang bergabung di komunitas online itu adalah anti imigran, anti LGBT, anti feminis, dan punya sikap politik sayap kanan.

Komunitas Ilbe juga sering kali membagian video hingga foto selebriti wanita dengan menyematkan kata-kata yang kurang pantas. 

Salah satu peristiwa besar yang menyangkut komunitas Ilbe adalah pembakaran seluruh barang milik Irene Red Velvet karena ia membaca novel Kim Ji Young, Born 1982 pada tahun 2018 lalu. Novel tersebut dianggap mencerminkan sikap feminis.

Tidak berhenti di situ, situs bernama CheckFemi sempat membuat daftar panjang selebriti hingga artis yang mendukung gerakan feminis. Situs tersebut membaginya ke dalam daftar yang sudah dikonfirmasi, daftar yang dicurigai, daftar yang memulai diskusi feminis.

Hingga artikel ini dtiulis, SBS belum memberikan pernyataan resmi terkait acara Master In The House yang dituduh merendahkan Gabee LACHICA, salah satu kontestan Street Woman Fighter dengan kata-kata merendahkan perempuan.

Baca Juga: 5 Fakta Pemenang Street Woman Fighter, HolyBang Dipimpin Honey J

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Monika PROWDMON Dikritik, Beri Informasi Keliru di Knowing Bros

  • 24 November 2021, 09:49 WIB
Monika PROWDMON dikritik dancer profesional karena salah beri informasi soal dance popping saat tampil di Knowing Bros ep 307.

Song Ji Hyo Dinilai Membosankan di Running Man, SBS Setuju?

  • 23 November 2021, 10:33 WIB
SBS dikritik karena jadikan komentar negatif Song Ji Hyo sebagai pinned comment di bawah video YouTube Running Man.

Zsun Street Woman Fighter Meminta Maaf Atas Tuduhan Pelecehan

  • 22 November 2021, 20:23 WIB
Zsun Coca N Butter di Street Woman Fighter telah meminta maaf dengan tulus atas tindakannya di masa lalu.

Ong Seong Woo dan Noze Street Woman Fighter Bintangi MV Lee Seung Hwan

  • 10 November 2021, 14:18 WIB
Ong Seong Woo dan Noze Street Woman Fighter membintangi sebuah musik video milik Lee Seung Hwan berjudul How Come.

Link Nonton Street Woman Fighter Gala Talk Show Sub Indo

  • 09 November 2021, 16:36 WIB
Link nonton streaming Street Woman Fighter Gala Talk Show sub Indo. Episode spesial tayang Selasa, 9 November 2021 di Mnet.

Nonton Street Woman Fighter Episode 9 Sub Indo, Babak Final

  • 25 Oktober 2021, 18:58 WIB
Link nonton streaming final Street Woman Fighter episode 9 sub Indo. Episode terakhir hadirkan Sunmi, CL, Simon Dominic, Chungha.
The Latest
aespa, Ryujin ITZY, Bambam GOT7

10 Foto Red Carpet AAA 2021, aespa Hadir Tanpa Karantina dari AS

  • 02 Desember 2021, 18:45 WIB
Choi Ye Na

Choi Ye Na Dirumorkan Terima 'Sponsor' dari CEO, Agensi Buka Suara

  • 02 Desember 2021, 18:09 WIB
Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS

Ngaku Pacar J-Hope, Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di LA

  • 02 Desember 2021, 17:54 WIB
Kim Yo Han

Spoiler School 2021 Episode 4, Gong Ki Joon Difitnah

  • 02 Desember 2021, 17:03 WIB
Album  Mino Winner To INFINITY

YG Pastikan Album Mino Winner - To INFINITY Ramah Lingkungan

  • 02 Desember 2021, 16:42 WIB
INDEKS