SBS Dikritik Gunakan Kata Sensual ke Gabee Street Woman Fighter - Korea ZIGI.ID
Logo
Gabee Street Woman Fighter
korea
Gabee Street Woman Fighter
Photo: Berbagai sumber
Gabee Street Woman Fighter

ZIGI – SBS menuai kritikan setelah menyematkan kata sensual saat Gabee Street Woman Fighter tampil dalam episode terbaru acara Master In The House yang tayang Selasa, 8 November 2021. Diketahui bahwa kalimat tersebut sering digunakan oleh komunitas pria Korea Selatan untuk merendahkan wanita atau gerakan anti-feminisme. 

Usai acara Master In The House tayang, netizen mengungkap kekecewaan mereka terhadap SBS yang dinilai tidak berhati-hati dalam mengedit terutama saat pemilihan kata yang ditampilkan dalam siaran. Seperti apa kronologinya? Berikut artikel selengkapnya. 

Baca Juga: Link Nonton Street Woman Fighter Gala Talk Show Sub Indo

SBS Dikritik Pakai Kata Sensual Ke Gabee Street Woman Fighter

Gabee Street Woman Fighter
Photo : Pannchoa
Gabee Street Woman Fighter

Variety show Master In The House episode 194 yang tayang pada Selasa, 9 November 2021 menghadirkan bintang tamu yakni para leader kru dance yang sempat berkompetisi dalam Street Woman Fighter. Mencakup Aiki HOOK, Monika PROWDMON, Gabee LACHICA, dan Leejung YGX. 

Dalam salah satu segmen, para dancer menunjukan kemampuan menarinya masing-masing. Saat giliran Gabee LACHICA, SBS menyematkan subtitle bertuliskan 'Noona, I'm dying' atau berarti ‘Kakak, aku sekarat’ untuk mendeskripsikan ekspresi salah satu host. Noona sendiri merupakan kata panggilan dalam bahasa Korea dari pria lebih muda untuk wanita yang lebih tua. 

Bagi beberapa negara, kata 'Noona, I'm dying' mungkin tidak memiliki arti apa pun. Namun di Korea Selatan, frasa tersebut mengandung makna erotis dan merujuk seperti pelecehan seksual secara verbal.

Lantas kalimat tersebut sering ditemukan di komunitas online yang didominasi laki-laki saat mereka mengomentar foto serta video selebriti wanita. Jika kata ‘Noona, I'm dying’ diketikkan dalam bahasa Korea, maka yang keluar adalah beberapa komik sensual yang tidak pantas ditayangkan di televisi. Tidak butuh waktu lama netizen lantas mengkritik SBS.

"Siapa yang menulis kalimat tidak pantas tersebut di broadcast? Dengan caption menjijikan seperti itu, apa sebenarnya yang dilakukan oleh Komisi Komunikasi Korea?,” ungkap seorang netizen di komunitas online, dikutip dari Koreaboo pada Selasa, 9 November 2021.

"Ini benar-benar pelecehan seksual. Siapa yang menulis? Pecat mereka," tulis netizen lain.

"Aku tidak tahu tentang ini, bukankah ada beberapa orang yang tiak mengetahui kata tersebut bermasalah? Sebagai orang yang jarang mengunjungki komunitas online, aku tidak tahu," timpal seorang netizen.

"Apa mereka gila? Ini benar-benar membuat mual," ungkap seorang netizen mengeluh.

Tentang Komunitas Online Pria yang Sering Rendahkan Wanita

RM BTS dan Irene Red Velvet
Photo : Berbagai sumber
RM BTS dan Irene Red Velvet

Sementara itu, ada sebuah komunitas online pria di Korea Selatan bernama Ilbe. Isi forum tersebut didominasi oleh kritikan para pria terhadap wanita mulai dari merendahkan hingga mela pelecehan seksual secar online. Hampir sebagian besar pria yang bergabung di komunitas online itu adalah anti imigran, anti LGBT, anti feminis, dan punya sikap politik sayap kanan.

Komunitas Ilbe juga sering kali membagian video hingga foto selebriti wanita dengan menyematkan kata-kata yang kurang pantas. 

Salah satu peristiwa besar yang menyangkut komunitas Ilbe adalah pembakaran seluruh barang milik Irene Red Velvet karena ia membaca novel Kim Ji Young, Born 1982 pada tahun 2018 lalu. Novel tersebut dianggap mencerminkan sikap feminis.

Tidak berhenti di situ, situs bernama CheckFemi sempat membuat daftar panjang selebriti hingga artis yang mendukung gerakan feminis. Situs tersebut membaginya ke dalam daftar yang sudah dikonfirmasi, daftar yang dicurigai, daftar yang memulai diskusi feminis.

Hingga artikel ini dtiulis, SBS belum memberikan pernyataan resmi terkait acara Master In The House yang dituduh merendahkan Gabee LACHICA, salah satu kontestan Street Woman Fighter dengan kata-kata merendahkan perempuan.

Baca Juga: 5 Fakta Pemenang Street Woman Fighter, HolyBang Dipimpin Honey J

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Noze WAYB Nangis di Konser SWF, Dituding Playing Victim Usai Skandal

  • 11 Juli 2022, 12:46 WIB
Noze WAYB sempat menangis di konser reuni Street Woman Fighter. Netizen Korea anggap playing victim usai terseret kontroversi.

Kronologi MBC dan SBS Cekcok, Jadwal Tayang Drama Im Soo Hyang Bentrok

  • 06 April 2022, 11:06 WIB
Kronologi MBC dan SBS berkonflik karena drama Dr. Lawyer dan From Today We Are dibintangi Im Soo Hyang tayang Mei 2022.

5 Fakta Street Man Fighter Tayang 2022 di Mnet, Sempat Diboikot

  • 06 Januari 2022, 16:31 WIB
Mnet mengonfirmasi Street Man Fighter tayang pertengahan 2022, jadwal tersebut mundur karena sempat diboikot.

Link Nonton Streaming Street Dance Girls Fighter Episode 3 Sub Indo

  • 14 Desember 2021, 18:33 WIB
Link nonton streaming Street Dance Girls Fighter episode 3 sub Indo pada 14 Desember 2021. One Team Performance Mission dimulai.

Link Nonton Streaming Street Dance Girls Fighter Episode 2 Sub Indo

  • 07 Desember 2021, 18:54 WIB
Link nonton streaming Street Dance Girls Fighter episode 2 sub Indo. Grup kontestan pukau para master hingga adanya dance battle.

5 Fakta Mnet Street Dance Girls Fighter, Kompetisi Tari Anak SMA

  • 07 Desember 2021, 15:46 WIB
Fakta, jadwal tayang, total episode, dan cara nonton acara Mnet Street Dance Girls Fighter. Kontestan berasal dari siswi SMA.
The Latest
Aktris Bae Da Bin dan Hoyoung Verivery

Isu Aktris Bae Da Bin dan Hoyoung VERIVERY Kencan, Ternyata Kakak-Adik

  • 26 September 2022, 16:31 WIB
Nam Joo Hyuk

Penampilan Perdana Nam Joo Hyuk di Film Remember Usai Terseret Skandal

  • 26 September 2022, 14:01 WIB
Kim Sejeong

Kim Sejeong Akan Gelar Fan Meeting di Jakarta 4 November

  • 26 September 2022, 11:52 WIB
Yeojin Loona

Punya Banyak Lagu Viral, Yeojin Loona Ngaku Belum Dibayar Sejak Debut

  • 26 September 2022, 11:46 WIB
Drama Little Women episode 8

Nonton Little Women Episode 8 Sub Indo, Hwa Young Nyamar Jadi In Joo?

  • 25 September 2022, 18:36 WIB
INDEKS