Logo
BTS
korea
BTS
Photo: Twitter/@bts_bighit
BTS

ZIGI – BTS kembali membuat sejarah setelah berpartisipasi dalam UNGA 2021 (United Nation General Assembly) atau Sidang Umum PBB ke-76 yang digelar di Amerika Serikat pada 20 September 2021. Kehadiran ini menuai pujian dari banyak orang di seluruh dunia.

Namun di balik pencapaian itu, ada saja yang seakan kurang setuju. Suga BTS rupanya menyadari hal ini. Dia pun sempat memberikan reaksi untuk beberapa orang yang mempertanyakan alasan BTS diundang sebagai pembicara di PBB. Seperti apa jawaban Suga BTS tersebut? Yuk di-scroll!

Baca juga: Kontroversi Ucapan James Corden soal BTS di UNGA 2021 Buat ARMY Kesal

Suga BTS Tanggapi Lonjakan Penonton

BTS di UNGA
Photo : YouTube/United Nations
BTS di UNGA

BTS memberikan sambutan di UNGA 2021 atau Sidang Umum PBB ke-76. Ketujuh member, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook berbicara sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi dan Kebudayaan Masa Depan. Secara bergantian, mereka membahas banyak hal terutama soal pandemi Covid-19, generasi masa depan sampai vaksinasi.

Kehadiran BTS ini rupanya disambut antusias para ARMY, sebutan fans BTS di seluruh dunia. Pasalnya, pidato BTS di UNGA ini disaksikan secara streaming atau secara langsung oleh lebih dari 941 ribu orang. BTS ternyata mengetahui banyaknya penonton ini. Secara khusus, Suga BTS membahas tentang ARMY yang menonton siaran langsung untuk memberikan dukungan.

Hal ini disampaikan rapper bernama asli Min Yoongi itu saat siaran langsung di VLIVE bersama member BTS pada Rabu, 22 September 2021. Suga BTS juga mengatakan banyak pembicara yang juga membahas lonjakan penonton ini pada mereka.

"Kami hanya pembicara. Saat wawancara, MC mengatakan bahwa di sesi sebelumnya hanya ada jumlah penonton yang terbatas. Tapi karena kami datang, jumlah view naik pesat. Mereka banyak membicarakan itu," kata Suga BTS yang dilansir Zigi.id dari Koreaboo, Kamis, 23 September 2021.

Suga Sebut BTS Punya Tujuan

BTS
Photo : VLIVE
BTS

Di live itu juga, Suga BTS juga membahas tentang beberapa orang yang mempertanyakan mengapa BTS diundang ke PBB tepat sebelum tampil. Hal ini mengingat mereka adalah penyanyi dan bukan politisi. Dengan tegas, Suga BTS mengatakan kalau kehadiran mereka untuk tujuan positif yakni mendukung gerakan SDG (Sustainable Development Goals).

"Pada awalnya, orang-orang seperti, 'Bukankah kamu seorang penyanyi? Kenapa pergi ke sana? Apa yang akan kalian lakukan?’ Kami sadar akan hal itu dan kami punya tujuan. Kami hadir untuk mendukung SDG (Sustainable Development Goals). Kami datang ke sini untuk melakukan itu sebagai utusan khusus," ungkap Suga BTS.

Dia juga menjelaskan tidak keberatan dengan apa yang dipikirkan orang-orang tentang kehadiran mereka. Pasalnya, BTS memiliki tujuan untuk mendukung masalah penting. Suga mengatakan orang-orang tidak harus melihat mereka dari sudut pandang yang bias.

Tentang SDG (Sustainable Development Goals)

SDG (Sustainable Development Goals)
Photo : UN.org
SDG (Sustainable Development Goals)

SDG (Sustainable Development Goals)
Photo : UN.org
SDG (Sustainable Development Goals)

Sebagai informasi, SDG (Sustainable Development Goals) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Dikutip dari web SDG 2030 Indonesia, SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. 

Adapun 17 Tujuan itu diantaranya, untuk mengakhiri kemiskinan, kelaparan, memastikan kehidupan yang sehat, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, memastikan ketersediaan air bersih, memastikan akses terhadap energi yang terjangkau hingga mendukung masyarakat yang damai.

Terlepas dari itu, setelah siaran langsung tersebut, para penggemar tidak bisa berhenti memuji komentar Suga BTS yang menegaskan bahwa grupnya fokus menggunakan pengaruh mereka untuk berbuat kebaikan. Sehingga komentar negatif tidak akan memengaruhi BTS untuk terus melakukan kegiatan positif.

Baca juga: Fakta Pidato BTS di UNGA 2021, Disaksikan Live 900 Ribu Penonton

  • Editor: Christiya Dika

How does this article make you feel?

Recommended

Harga Tiket Konser BTS di Los Angeles Dijual Reseller Rp211 Juta

  • 18 Oktober 2021, 09:46 WIB
Harga tiket konser offline BTS Permission To Dance On Stage di Los Angeles, AS dijual reseller hingga 15.000 USD atau Rp211 juta.

BTS Diremehkan Presenter Jerman, Coldplay Beri Pembelaan

  • 14 Oktober 2021, 12:29 WIB
Coldplay memberikan pembelaan saat karier BTS diremehkan presenter Jerman ketika mereka hadir di talkshow, Late Night Berlin.

Suhyun AKMU Live di Hari Ultah Jimin BTS, Auto Jadi Sasaran Spam

  • 13 Oktober 2021, 15:43 WIB
Pengguna Vlive yang menantikan live Jimin BTS terlihat membanjiri siaran langsung Suhyun AKMU pada 13 Oktober 2021.

7 Proyek Ulang Tahun Jimin BTS, ARMY Indonesia Tanam 1500 Pohon

  • 13 Oktober 2021, 13:07 WIB
Jimin BTS ultah ke-26 pada 13 Oktober 2021, ARMY seluruh dunia termasuk Indonesia buat lebih dari 600 proyek untuk sang idol.

Habis Rp700 juta, Seorang ARMY BTS Klaim Jadi Korban Evil Editing MTV

  • 13 Oktober 2021, 10:15 WIB
Thuy merekam video Lifestyles of Biggest Standoms bersama MTV. Namun ia justru digambarkan sebagai fans obsesif BTS.

Leo Aveiro, Orang Bekasi di Balik Video Klip Kolaborasi Coldplay x BTS

  • 07 Oktober 2021, 11:34 WIB
Leo Aveiro merupakan seniman asal Bekasi, Indonesia yang ikut mengerjakan video klip lagu My Universe kolaborasi Coldplay x BTS.
The Latest
Twice X Scarlett Whitening

Pro Kontra TWICE Jadi BA Scarlett Whitening Karena Produk Pemutih

  • 19 Oktober 2021, 12:31 WIB
Jungkook BTS Jeon Bam

Jungkook BTS Jadi Sorotan Karena Tidak Memotong Ekor Anjingnya

  • 19 Oktober 2021, 12:23 WIB
IU

Fakta Lirik Lagu Strawberry Moon - IU Terjemahan, Fantasi sama Pacar

  • 19 Oktober 2021, 12:05 WIB
Kim Seon Ho

Kim Seon Ho Bisa Miskin Bayar Penalti Brand Bila Rumor Terbukti

  • 19 Oktober 2021, 10:54 WIB
Aktor K dituding Kim Seon Ho

6 Pengakuan Mantan Pacar Aktor K Diduga Kim Seon Ho, Dispatch Terlibat

  • 19 Oktober 2021, 10:24 WIB
INDEKS