Ravi VIXX Diduga Pakai Jasa Broker Agar Jadi Pekerja Sosial saat Wamil - Korea ZIGI.ID
Logo
Ravi VIXX
korea
Ravi VIXX
Photo: Instagram @ravithecrackkidz
Ravi VIXX

ZIGI – Korea Selatan tengah dihebohkan dengan kabar calo wajib militer. Terbaru, Ravi VIXX dikabarkan sebagai salah satu klien makelar tersebut agar bisa mendapatkan tugas sebagai pekerja sosial, alih-alih tentara aktif. 

Tuduhan tersebut muncul usai netizen mencocokan pernyataan calo wamil yang tertangkap dengan timeline wamil Ravi VIXX. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Fakta dan Terjemahan Lirik Lagu WINNER - Ravi VIXX feat. ASH ISLAND

Pihak Berwenang Sedang Selidiki Jasa Broker dalam Militer

Ilustrasi Polisi Korea
Photo : Allkpop
Ilustrasi Polisi Korea

Pada akhir Desember 2022, ramai berita pihak berwenang di militer tengah melakukan penyelidikan kepada seorang aktor berusia 20’an tahun. Aktor yang identitasnya tidak dibocorkan tersebut diduga melakukan pemalsuan surat kesehatan selama menjalani wamil. Ia kemudian diperiksa oleh Kantor Kejaksaan Distrik Seoul dan Administrasi Tenaga Kerja Militer.

Selain sang aktor, melansir dari Naver, orang-orang yang diselidiki termasuk anak pejabat tinggi, atlet, anak keluarga chaebol hingga selebriti. Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan, mereka yang curang berusaha untuk menghindar dari tugas di dinas militer sebagai tentara aktif atau ingin membatalkan kewajiban militer.

Broker atau makelar menyediakan jasa pembuatan surat kesehatan palsu untuk membantu para pria yang ingin lolos tugas militer. Para calo ini, yang beberapa merupakan dokter, membuat keterangan palsu soal kondisi kesehatan calon tentara. Biasanya mereka ditulis mengidap epilepsi, atau penyakit-penyakit lain agar bisa jadi alasan supaya tugas dialihkan menjadi pekerja pelayanan publik, bukan tentara aktif. 

Saat ini jumlah yang telah diselidiki meningkat secara signifikan, dari 10 orang naik menjadi 70 orang dan kemudian terakhir menjadi 100 orang. Salah satu pelaku yang sudah diungkap adalah atlet voli profesional, Jo Jae Seong. Menurut catatan Naver, Jo Jae Song mengakui seluruh kecurigaan dengan membuat pernyataan, "Benar, aku berpartisipasi dalam korupsi yang ada di tubuh militer.”

Ravi VIXX Diduga Juga Pakai Jasa Calo Militer

Ravi VIXX
Photo : Instagram @ravithecrackkidz
Ravi VIXX

Mengutip dari Allkpop, para makelar mendapatkan sekitar 80 ribu dollar Amerika dari para klien kaya untuk membuat catatan medis palsu. Organisasi makelar ini mengaku bahwa salah satu kliennya adalah ‘A’, seorang rapper idol. Keterlibatan ‘A’ ketahuan setelah makelar mengunakannya sebagai bahan promosi, ”A menerima tugas sebagai pekerja sosial berkat aku.”

Kecurigaan bahwa sosok A adalah Ravi dimulai saat organisasi tersebut tertangkap. Dalam pengakuan pelaku, A keluar dari salah satu program televisi populer pada Mei 2022. Ia kemudian mulai aktif sebagai pekerja sosial pada Oktober tahun yang sama. 

Ravi mengumumkan pengunduran diri dari acara ‘2 Days & 1 Night’ dari KBS sekitar akhir April 2022 dan tidak ikut syuting untuk penayangan di Mei. Kemudian pada 7 Oktober 2022, GROOVL1N (agensi Ravi) mengumumkan jadwal wamil sang idol per 27 Oktober. 

”Pada 27 Oktober 2022, Ravi akan menjalani wamil sebagai petugas pelayanan publik. Dia berencana melakukan seluruh tugas militernya dengan baik dan rajin,” kata perusahaan dikutip dari Soompi.

Sementara itu mengenai tudingan Ravi VIXX menggunakan jasa makelar untuk masuk wamil, GROOVL1N belum memberikan komentar apa pun. Banyak orang terkejut dengan kabar ini karena Ravi dikenal dengan citra yang baik.

Baca juga: Rumor Wheein MAMAMOO dan Ravi VIXX Pacaran, Diduga Lovestagram

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Rumor Ravi VIXX Harus Wamil Ulang Jika Terbukti Pakai Jasa Calo

  • 20 Januari 2023, 16:13 WIB
Jika terbukti menggunakan jasa calo, Ravi VIXX Kemungkinan akan wamil ulang hingga terancam hukuman 5 tahun penjara.

Fakta dan Terjemahan Lirik Lagu WINNER - Ravi VIXX feat. ASH ISLAND

  • 08 Februari 2022, 17:33 WIB
Lirik lagu WINNER - Ravi VIXX feat. ASH ISLAND romanization hangul dan terjemahan Indonesia. MV hadirkan Kang Hyewon eks IZ*ONE.

Rumor Wheein MAMAMOO dan Ravi VIXX Pacaran, Diduga Lovestagram

  • 01 Januari 2022, 13:24 WIB
Wheein MAMAMOO dan Ravi VIXX dirumorkan kencan karena unggahan di IG, isu beredar saat netizen menanti kabar Dispatch couple 2022

Pro-kontra Moon Se Yoon Sebut Nama Kim Seon Ho Saat Terima Daesang

  • 26 Desember 2021, 15:48 WIB
Pendapat netizen Korea terpecah melihat Moon Se Yoon menyebut nama Kim Seon Ho di KBS Entertainment Awards 2021.

Lirik Lagu ANI – Ravi VIXX feat Soyeon (G)I-DLE dan Terjemahan

  • 07 Desember 2021, 18:38 WIB
Lirik lagu ANI – Ravi VIXX feat Jeon Soyeon (G)I-DLE dalam Romanization dan terjemahan Indonesia yang rilis pada 7 Desember 2021

Klarifikasi Ravi VIXX Soal Lagu Barunya Diduga Sindir Red Velvet

  • 04 Juni 2021, 11:40 WIB
Ravi VIXX merilis permintaan maaf dan menjelaskan soal lagu barunya yang diduga menyindir grup Red Velvet.
The Latest
Katy Louise Saunders, Song Jong Ki dan Katy di Bali

Dispatch Pergoki Istri Song Joong Ki Belanja Perlengkapan Bayi

  • 31 Januari 2023, 09:09 WIB
Ay-Yo - NCT 127

Fakta dan Terjemahan Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127, Ala Hip Hop

  • 30 Januari 2023, 16:29 WIB
Rora BABYMONSTER

7 Fakta Rora BABYMONSTER, Mantan Teman Grup Hyein NewJeans

  • 30 Januari 2023, 15:16 WIB
Song Joong Ki dan Katy Louise Saunders menikah

Song Joong Ki Resmi Nikahi Katy Louise Saunders yang Tengah Hamil

  • 30 Januari 2023, 13:14 WIB
Jennie Blackpink

Penampilan Jennie Blackpink Pakai Hijab di Abu Dhabi Jadi Sorotan

  • 29 Januari 2023, 16:48 WIB
INDEKS