Logo
Suga BTS
korea
Profil dan Biodata Suga BTS: Agama Hingga Total Kekayaan di 2021
Photo: BTS Official Facebook

ZIGI – Suga BTS kini menjadi salah satu rapper terkaya di Korea Selatan. Debut sebagai member BTS, pemilik nama asli Min Yoon Gi ini berhasil mencapai kesuksesannya bahkan sudah berhasil mencetak rekor-rekor di chart Billboard dan bersaing dengan penyanyi kelas dunia.

Suga BTS juga merupakan salah satu publik figur paling berpengaruh di dunia. Di sisi lain, Suga dikenal sebagai penulis lagu populer yang sering kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi ternama. Tapi tidak banyak yang tahu, kalau Suga BTS mengalami kehidupan yang penuh liku sebelum menikmati kesuksesannya sekarang ini. 

Idol pecinta olahraga basket ini pernah mengalami kesulitan ekonomi bahkan sampai terlibat kecelakaan saat bekerja sebagai petugas pengantar makanan. Tak perlu berlama-lama, berikut ini fakta, perjalanan karier, profil, biodata hingga total kekayaan Suga BTS. Keep scrolling!

Baca juga: Nama Suga BTS Dipajang di Rumah Sakit Daegu Usai Donasi Rp1,2 M

Keluarga Suga BTS

Photo : Berbagai Sumber

Suga BTS merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Dia lahir di Daegu pada 9 Maret 1993. Suga memiliki satu orang kakak laki-laki bernama Min Jun Ki yang kini sibuk mengelola kafe di pulau Jeju yang menyediakan berbagai macam roti.

Selain sang kakak, ibu Suga BTS juga pernah membuka restoran sup di daerah Daegu. Tapi pada 2017 lalu, karena masalah kesehatan restoran itu dikabarkan sudah berpindah kepemilikan. Setelah itu, orangtua Suga juga diisukan pindah ke Seoul.

Agama Suga BTS

Photo : BTS Official Facebook

Suga BTS pernah terang-terangan mengatakan ke penggemarnya kalau dirinya tidak memiliki agama. Hal itu diungkapkan Suga lewat sebuah pesan di Twitter. Ketika itu, Suga berbicara soal perjalanannya ke Kobe.

Dalam ucapannya, artis asuhan HYBE Labels tersebut berterima kasih kepada para penggemar karena selalu ada untuknya dan menemaninya hingga saat ini. Terlepas dari agama yang dianut Suga BTS, dia memilih hak untuk memilih agama yang diyakini.

"Sebagai manusia yang lemah tapi bertindak kuat, aku menyadari sekali lagi bahwa aku hanyalah manusia biasa. Meskipun aku tak memiliki agama, aku berdoa selama itu. Akhir telah ditentukan. Tapi kalaupun ada akhirnya, emosi dan hatiku tidak berubah," cuit Suga BTS pada 10 Januari 2016 silam.

Kehidupan Suga BTS Sebelum Debut

Photo : Berbagai Sumber

Suga BTS mulai bermimpi menjadi rapper setelah mendengarkan lagu Epik High berjudul Fly. Awalnya, dia adalah rapper underground dalam grup bernama D-Town. Tapi Suga sudah mulai menulis musik sejak usia 13 tahun. Cowok yang hobi tidur ini mengaku berasal dari keluarga miskin.

Suga BTS pernah mengalami kesulitan keuangan. Dia harus menjual lagunya terlebih dahulu untuk memiliki uang. Karena uangnya terbatas, dia pernah harus memilih antara makan mie seharga 1.000 Won agar bisa pulang naik bus atau makan mie 2.000 Won tetapi pulang jalan kaki ke rumahnya yang berjarak 2 jam dari studionya.

Sampai akhirnya, Suga mulai bekerja paruh waktu di sebuah studio musik. Tapi karena tidak menghasilkan banyak uang, dia akhirnya memulai bekerja di tempat lain sebagai pengantar makanan. Tapi naas, Suga BTS mengalami kecelakaan dan melukai bahunya saat bekerja. 

"Aku mengalami kecelakaan saat mengantar dengan sepeda motor. Ketika membuka mata, aku dapat melihat roda tepat di depanku. Aku tak bisa bergerak karena bahuku terkilir," kata Suga BTS dikutip dari Koreaboo, 21 Juli 2021.

Luka di bahu Suga BTS bahkan semakin sering terasa belakangan ini. Sampai akhirnya, dia memutuskan untuk menjalani operasi pada November 2020 lalu. Karena hal ini, Suga sempat absen dari jadwal BTS selama berbulan-bulan. Tapi kini, Suga BTS sudah kembali aktif.

Sambil bekerja paruh waktu, Suga mengikuti audisi di sebuah agensi, tapi yang bukan tiga terbesar di Korea. Meskipun Suga tidak berhasil menang, tapi dia masih mendapatkan posisi kedua dalam kompetisi rap yang digelar Big Hit Entertainment. Peluang kariernya pun semakin terbuka. Awalnya, dia bergabung dengan Big Hit Entertainment sebagai trainee dengan dijanjikan sebagai produser.

Suga BTS sempat memutuskan ingin berhenti menggapai mimpinya karena kesulitan biaya yang dihadapinya. Tapi pemilik agensinya yakni Bang Si Hyuk menolak keputusan itu. Akhirnya, dia memutuskan membiayai kuliah Suga sehingga calon artisnya itu tak lagi harus bekerja paruh waktu lagi.

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
Jungkook BTS

20 Arti Tato Jungkook BTS, Mata Satu Diduga Terinspirasi dari Lagu

  • 23 Juli 2021, 12:32 WIB
Berikut ini arti-arti dari tato Jungkook BTS, gambar mata satu diduga terinspirasi dari lagunya berjudul Your Eyes Tell.
BTS - Monster in My Pocket

Butter - BTS Disebut Plagiat Game Nintendo, Pemilik Lagu Buka Suara

  • 22 Juli 2021, 09:45 WIB
Lagu Butter BTS dituduh plagiat soundtrack game Nintendo. Pemilik lagu buka suara dan membantah tuduhan plagiarisme.
BTS

5 Fakta Penugasan BTS dari Presiden di Sidang Umum PBB 2021

  • 21 Juli 2021, 18:58 WIB
Berikut ini 5 fakta soal penugasan BTS oleh Presiden Korea Selatan untuk mewakili negaranya dalam Sidang Umum PBB ke-75.
BTS & Halsey

Halsey Melahirkan Anak Pertama, Gini Ucapan dari BTS

  • 20 Juli 2021, 09:40 WIB
Halsey dan pacarnya, Alev Aydin umumkan kelahiran anak pertama pada 14 Juli 2021. BTS ikut memberikan ucapan selamat.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
BTS - Coldplay

HYBE Labels Tanggapi Isu BTS dan Coldplay Kolaborasi

  • 15 Juli 2021, 14:38 WIB
BTS dikabarkan kolaborasi dengan Coldplay di lagu My Universe, tapi HYBE Labels mengatakan kabar itu sulit dikonfirmasi.
The Latest
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
Nevertheless

Versi Full Lirik Lagu Love Me Like That - Sam Kim (OST Nevertheless)

  • 24 Juli 2021, 19:17 WIB
INDEKS