Logo
Twice X Scarlett Whitening
korea
Twice X Scarlett Whitening
Photo: Instagram @scarlett_whitening
Twice X Scarlett Whitening

ZIGI – TWICE resmi didaulat menjadi brand ambassador Scarlett Whitening pada 16 Oktober 2021. Dengan ini, Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu akan mempromosikan skincare dari brand milik Felicya Angelista tersebut. 

Di lain sisi, kini penggemar TWICE mempermasalahkan nama ‘Whitening’ dari produk Scarlett karena dianggap mendiskriminasi kelompok masyarakat dengan warna kulit tertentu. Seperti apa penjelasannya? Simak artikel berikut ini. 

Baca Juga: Kenaikan Berat Badan Jeongyeon TWICE Jadi Perdebatan K-Netz

TWICE Jadi Brand Ambassador Scarlett Whitening

Jihyo Twice X Scarlett
Photo : Instagram @scarlett_whitening
Jihyo Twice X Scarlett

Sejak 16 Oktober 2021 lalu, Scarlett Whitening resmi mengumumkan bahwa TWICE resmi menjadi brand ambassador. Foto-foto kesembilan member girlband asuhan JYP Entertainment ini telah menghiasi feed akun Instagram resmi Scarlett Whitening. 

“Dengan bergabunganya TWICE bersama Scarlett, kami ingin mengajak para Sahabat Sacarlett agar lebih percaya diri untuk menunjukan versi terbaik diri sendiri," tulis Scarlett Whittening di akun Instagram resmi @scarlett_whitening, dikutip pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Sebelumnya, Felicya Angelista sudah memberikan bocoran tentang brand mmbassador baru Scarlett Whitening. Istri Caesar Hito ini membagikan petunjuk tersebut lewat YouTube Channel Boy William yang diunggah pada 8 Oktober 2021. Meski tidak memberikan nama secara jelas, netizen menduga idol Kpp yang dimaksud adalah TWICE.

Kemudisn, Scarlett Whitening sempat membagikan foto bayangan sembilan member dengan latar warna pink dan ungu. Di tengah foto di beri tulisan 'Revealing Soon'. Setelah diumumkan secara resmi, Scarlett mengunggah video behind the scene pemotretan bersama grup pelantun Yes or Yes tersebut.

Sebagian besar penggemar khususnya Indonesia yang takjub kepada Scarlet Whitening yang bisa menggaet idol top Korea Selatan tersebut. TWICE akan fokus untuk mempromosikan produk skincare Scarlett seperti toner, serum, hingga sabun cuci muka. 

Kata ‘Whitening’ dari Brand Scarlett Whitening Jadi Perdebatan Fans Internasional

Twice
Photo : Kpop.fandom.com
Twice

Meski beberapa penggemar memuji langkah Scarlett, tapi para penggemar TWICE internasional terjadi perdebatan panas. Banyak yang menyayangkan sikap JYP Entertainment memutuskan untuk mengambil kontrak ambassador tersebut.

Yang menjadi masalah adalah kata 'whitening' dalam nama produk Scarlett. Di beberapa negara, whitening merupakan kata yang tabu untuk digunakan. Dalam bahasa Inggris, whitening berarti memutihkan.

Banyak brand memilih untuk menggunakan kata brightening atau mencerahkan dibanding whitening. Penggunaan kata tersebut dianggap rasis dan mendiskriminasi kelompok kulit bewarna gelap. ONCE, sebutan nama penggemar TWICE, terpecah belah. Ada yang mendukung dan mengkritik.

Maka dari itu, para penggemar TWICE khususnya yang berasal dari luar Korea Selatan dan Indonesia merasa tersinggung. Apalagi, girlband satu ini memiliki fanbase yang cukup kuat yang datang dari berbagai negara, ras, dan warna kulit. 

Pada Selasa, 19 Oktober 2021, beberapa fanbase besar TWICE mulai melayangkan protes dengan mengirinkan email secara serentak ke JYP Entertainment, ONCE meminta agar agensi membatalkan kontrak kerja sama antara TWICE dan brand Scarlett Whitening. Seorang penggemar TWICE sempat berspekulasi jika kontrak diteruskan, grup ini akan kehilangan banyak fans di Amerika Serikat.

Beberapa netizen juga sudah meninggalkan komentar di platform VLIVE saat para member TWICE melakukan siaran langsung. Meski begitu, ONCE meminta penggemar lain untuk fokus mengirimkan kritik kepada agensi, bukan kepada pribadi idol. 

Saat ini, Scarlett Whitening lebih banyak menggunkan nama 'Scarlett' saja dibanding menambahkan nama 'Whitening' sebagai nama brand. Hingga artikel ini ditulis, baik pihak JYP Entertainment serta brand Scarlett Whitening milik Felicya Angelista belum memberikan komentar apa-apa terkait perdebatan di kalangan penggemar. Sebelum TWICE, Song Jong Ki juga didapuk sebagai brand ambassador dari Scarlett Whitening. 

Baca Juga: Klarifikasi Negara soal Tzuyu TWICE Masuk Daftar Hitam Artis China

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Profil dan Biodata Sakamoto Mashiro Kep1er Nyaris Debut di ITZY

  • 21 November 2021, 08:02 WIB
Member Kep1er asal Jepang, Sakamoto Mashiro dikenal sebagai mantan trainee JYP Entertianment nyaris debut dengan ITZY.

Sikap Park Myung Soo ke Member TWICE Dinilai Tak Pantas di Acara Radio

  • 19 November 2021, 09:53 WIB
Park Myung Soo dikecam fans karena dinilai tunjukkan sikap memaksa dan merendahkan Dahyun dan Tzuyu TWICE di acara radio.

Terjemahan Lirik Lagu SCIENTIST - TWICE, Ciptaan Anne-Marie

  • 12 November 2021, 13:07 WIB
Lirik lagu SCIENTIST - TWICE dalam romanzation hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. Rilis Jumat, 12 November 2021.

Lagu Baru TWICE Tidak Lolos Tayang di KBS Karena Lirik Vulgar

  • 12 November 2021, 11:18 WIB
KBS tidak meloloskan lagu di salah satu album Formula of Love: O+T+3 - TWICE karena mengandung lirik bersifat vulgar.

Dear U Bubble akan Rilis Fitur Baru Termasuk Ringtone Suara Idol

  • 11 November 2021, 17:45 WIB
Dear U Bubble baru saja mengenalkan berbagai fitur yang akan melengkapi apikasinya guna kemudahan penggemar dan idola.

7 Fakta Jinni JYPn, Member Girlband Baru JYP Mirip Ryujin ITZY

  • 10 November 2021, 15:05 WIB
Jinni JYPn akan segera debut di bawah JYP Entertainment. Visualnya banyak dibilang mirip Han So Hee dan juga Ryujin ITZY.
The Latest
Situs Web Kebenaran Baru

Viral Website Agama Fiktif di Drama Hellbound Bisa Diakses di Internet

  • 01 Desember 2021, 09:38 WIB
J-Hope BTS, Jin BTS, RM BTS

3 Member BTS Dikabarkan Jual Saham HYBE Labels Rp130 Miliar

  • 01 Desember 2021, 09:17 WIB
H1 Key

Profil dan Biodata Member H1-Key Girl, Ada Sitala Anak Aktor Thailand

  • 01 Desember 2021, 08:12 WIB
Seo Young Eun

Profil dan Biodata Seo Young Eun Kep1er, Jago Dance Hip Hop

  • 01 Desember 2021, 08:00 WIB
Squid Game, BTS, Parasite

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
INDEKS