Logo
Racket Boys
korea
Polemik Racket Boys, SBS Minta Maaf ke Indonesia Lewat Komentar IG
Photo: SBS

ZIGI – Drama Racket Boys episode 5 yang tayang pada 14 Juni 2021 lalu membuat sebagian besar penonton Tanah Air kecewa. Mereka menilai bahwa penggambaran sikap orang Indonesia terkesan merendahkan dan tidak sesuai realita. Terbaru, SBS akhirnya merilis permohonan maaf.

Berbeda dari biasanya, jika sebuah stasiun televisi mengeluarkan klarifikasi terkait kontroversi suatu program acara, pihak bersangkutan merilis pernyataan resmi lewat sebuah surat terbuka. 

Kali ini, SBS selaku stasiun televisi penayangan drama Racket Boys meminta maaf kepada masyarakat Indonesia hanya lewat komentar di salah satu unggahan akun Instagram resmi SBS Drama. Seperti apa detail dari polemik ini? Simak artikel berikut.

Drama Racket Boys Episode 5 Dinilai Rendahkan Sikap Orang Indonesia

Photo : Netflix

Selama beberapa hari belakangan, netizen Tanah Air mengkritik penggambaran sikap orang Indonesia dalam drama Racket Boys. Di episode 5, diceritakan sebuah pertandingan bulutangkis antara atlet Korea Selatan dan Indonesia digelar di Jakarta.

Berdasarkan adegan dan dialog yang dilontarkan para karakter, dinilai merendahkan sikap orang Indonesia. Mulai dari pelatih bulutangkis asal Korea Selatan mengeluh karena tempat penginapan tidak menyediakan AC, mengomentari orang Indonesia tidak memiliki sopan santun hingga tindakan para penonton Indonesia mengejek atlet Korea Selatan.

Selain itu, perbandingan skor antara atlet bulutangkis Korea Selatan dan Indonesia juga menjadi sorotan karena terlalu berbanding jauh. Padahal di kehidupan nyata, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jajaran atlet bulutangkis jagoan yang sulit dikalahkan.

Permintaan Maaf dari SBS kepada Masyarakat Indonesia

Photo : @sbsdrama.official/Instagram

Adegan serta dialog tersebut lantas mendapat protes keras dari warga Indonesia yang langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram resmi SBS Drama, @sbsdrama.official. Mereka tidak terima Indonesia digambarkan seperti yang disiarkan dalam drama Racket Boys episode 5.

Setelah tiga hari bungkam, SBS akhirnya angkat bicara melalui akun Instagram @sbsnow_insta dengan menuliskan permintaan maaf di kolom komentar @sbsdrama.official pada Kamis, 17 Juni 2021. Menggunakan bahasa Indonesia, SBS menyebutkan bahwa pihaknya tidak bermaksud untuk merendahkan apalagi menghina Indonesia.

Kami dari tim produksi (Racket Boys) menyampaikan permohonan maaf mengenangkan pertandingan yang tersiar di episode 5, kami tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain atau penonton tertentu,” tulis SBS.

Kendati demikian, SBS meminta maaf karena telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat Indonesia sekaligus berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang.

Namun demikian, kami mohon maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung pemirsa kami dari Indonesia. Kami akan memperhatikan dengan seksama untuk episode selanjutnya,” tutup SBS.

Warga Indonesia Sayangkan Sikap SBS yang Tak Rilis Pernyataan Resmi

Photo : SBS

Meski SBS sudah merilis permohonan maaf, ternyata belum cukup untuk warga Indonesia. Pasalnya, stasiun televisi tersebut mengeluarkan pernyataan hanya lewat komentar di akun Instagam saja. 

Biasanya, tindakan permintaan maaf atau klarifikasi yang berkaitan dengan kesalahan produksi disampaikan melalui surat terbuka dan diunggah di website resmi pihak bersangkutan. Karena hal ini, netizen Indonesia lagi-lagi merasa tidak dihargai. Topik tersebut kini menjadi bahan perbincangan di media sosial termasuk Twitter.

Mereka SBS dah minta maaf, tapi ga niat juga. Cuma di comment, ga ada official statement,” tulis seorang netizen di media sosial Twitter, dikutip Zigi.id pada Kamis, 17 Juni 2021.

Yaelah gak niat bgt minta maaf kok di kolom komen. MBC aja dulu bikin di feednya dan di posting di semua akun sosmednya. Itu aja msh sulit dimaafkan. Lah ini... Sekelas SBS kyk ngumpet2 gt minta maaf nya. Jgn2 inisiatif pribadi adminnya ini bkn atas perintah atasan,” ungkap seorang netizen.

Permintaan maaf sbs gak niat banget kesannya. Kesel sama mereka pdhl mereka tuh salah satu channel tv favorit ku,” timpal netizen lain.

Sementara itu, adegan atlet muda Korea Selatan diceritakan bertandang ke Jakarta untuk bertanding dalam drama Racket Boys episode 5 yang tayang 14 Juni 2201 menuai kritikan karena beberapa dialog dinilai merendahkan sikap warga Indonesia. SBS akhirnya meminta maaf melalui kolom komentar di akun Instagram tanpa pernyataan resmi.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Spoiler sinopsis dan link nonton drama The Devil Judge episode 8 subtitle Indonesia di situs legal. Masa lalu karakter Kim Ga On.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
Drama Voice 4 episode 12 tayang Sabtu, 24 Juli 2021. Tim Golden Time masih berusaha menjerat Dong Bang Min.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 11 Sub Indo

  • 23 Juli 2021, 19:08 WIB
Drama Voice 4 episode 11 sub indo tayang sesuai jadwal di Viu dan tvN pada Jumat, 23 Juli 2021 pukul 22.50 KST.
The Witchs Diner

Link Nonton Streaming The Witch's Diner Episode 3 dan 4 Sub Indo

  • 23 Juli 2021, 18:19 WIB
Link nonton streaming drama The Witch's Diner episode 3 dan 4 subtitle Indonesia di situs legal. Tayang Jumat, 23 Juli 2021.
Blue Birthday

Link Nonton Streaming Blue Birthday Episode 1 Sub Indo

  • 23 Juli 2021, 16:49 WIB
Link nonton streaming drama Blue Birthday episode 1 subtitle Indonesia di Naver TV dan WeTV. Dibintangi Yeri Red Velvet.
The Latest
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
INDEKS