Logo
Bang Si Hyuk dan BTS
korea
Pesan Bang Si Hyuk Untuk BTS Sebelum Mundur Jadi CEO HYBE
Photo: BIGHIT

ZIGI – Bang Si Hyuk, mengejutkan publik dengan keputusannya mundur dari jabatannya sebagai CEO HYBE Labels pada Kamis, 1 Juli 2021. Bos agensi tempat BTS bernaung ini menyerahkan posisinya kepada Park Ji Won yang sebelumnya berpengalaman sebagai CEO Nexon Korea, perusahaan penerbitan game. 

Seiring dengan kabar ini, para penggemar mengenang pesan yang pernah disampaikan Bang Si Hyuk kepada BTS. Seperti diketahui, pria yang dijuluki Papa Bear ini begitu dekat dengan BTS. Dia juga merupakan produser yang mendebutkan BTS. Lantas seperti apa kenangan pesan Bang Si Hyuk kepada BTS? Scroll yuk!

Pesan Tulisan Tangan Bang Si Hyuk

Photo : V Live

Bang Si Hyuk pernah mengirim pesan tulisan tangannya sendiri untuk BTS. Pesan ini terungkap dalam program Bon Voyage yang ditayangkan di V Live pada Agustus 2016 lalu. Saat itu, ketujuh member BTS dikumpulkan di pinggir danau.

Saat itulah, tim produksi memberikan surat dari Bang Si Hyuk yang kemudian dibacakan oleh Suga BTS. Mengawali suratnya, Bang Si Hyuk menyapa para member BTS dan mengenang awal pertemuan mereka.

"Untuk Jin, Suga, Rap Monster, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Ketika aku pertama kali bertemu denganmu, kalian semua masih sangat muda. Aku menemukan kalian masing-masing di waktu yang berbeda, tetapi kamu semua sangat takut akan sesuatu. Tak satu pun dari kalian tahu bagaimana berurusan denganku. Kalian bahkan tidak bisa menatap mataku," kata Bang Si Hyuk.

Setelahnya, dalam surat itu juga pebisnis 48 tahun itu merasa dirinya terlalu serakah dan membuat seluruh anggota BTS kesulitan karena standar tinggi yang diinginkannnya. Tapi dia senang meski begitu, BTS menemukan jalan untuk melangkah lebih jauh.

"Aku merasa sangat mendorong kalian. Aku memiliki banyak keserakahan dan menempatkan kalian di bawah standar. Aku memberi kalian semua waktu yang sulit untuk menguji batas, bertanya mengapa kamu tidak bisa percaya pada diri sendiri dan mengapa kamu tidak mencoba untuk melihat jauh ke masa depan," lanjutnya.

"Aku yakin kalian semua ingat kehilangan waktu tidur karena ini dan tempat yang aku tunjuk terlalu jauh dan gelap. Meski begitu, kalian selalu menemukan jalan itu. Kalian selalu melesat lebih tinggi dan lebih jauh dari tempat yang aku tunjuk," jelas Bang Si Hyuk.

Baca juga: Alasan Bang Si Hyuk Mundur Sebagai CEO HYBE Labels

Bang Si Hyuk Hanya Ingin Mengamati

Photo : V Live

Lebih lanjut, Bang Si Hyuk menyadari kalau dirinya sudah membuat para member BTS cemas dan akhirnya berlatih keras untuk mewujudkan impiannya berada di tempat sesuai yang diharapkannya.

"Saat aku berjalan bersama kalian, aku akhirnya menyadarinya, kecemasan kalian adalah wajah lain dari keputusasaan atau depresi. Itulah yang mendorong kalian semua berlatih sampai larut malam, untuk melawan segalanya dan melampaui batas kalian sendiri," sambungnya.

Sampai akhirnya, Bang Si Hyuk memutuskan untuk mengambil langkah mundur dan hanya mengamati dari kejauhan. Ini karena, dia merasa BTS juga sudah menemukan jalannya sendiri yang bahkan tidak berani dilihatnya.

"Tapi sekarang mundur selangkah, aku bisa melihat kalian menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Karena tidak ada alasan bagiku untuk mengangkat jariku dan menunjuk ke suatu tempat. Dengan kekuatan kalian sendiri, kamu sudah menemukan jalan sendiri. Dan kalian akan melewati tempat-tempat yang bahkan tidak berani saya lihat," tutur Bang Si Hyuk.

Ungkapan Bangga dan Terima Kasih Bang Si Hyuk

Photo : V Live

Di akhir tulisan panjangnya itu, Bang Si Hyuk mengungkapkan rasa terima kasihnya. Tapi dia tidak mau mengatakan rasa bangganya pada BTS terlebih dahulu. Dia justru mengajak para member untuk menjadi grup terbaik, tiga tahun setelah surat itu dibacakan.

"Tapi tetap saja, terima kasih. Aku tidak akan mengatakan bahwa aku bangga pada kalian dulu, karena aku orang yang sangat rakus. Mari kita pegang itu sampai hari di mana kalian menjadi grup terbaik di dunia pada 12 Juni tahun depan, tidak 3 tahun lagi," kata pria yang juga akrab disapa Bang PD-Nim itu.  

Saat hari itu tiba, Bang Si Hyuk berencana untuk mengutarakan rasa bangganya secara langsung kepada para member BTS dari mulutnya sendiri. Dia ingin mengungkapkan rasa syukurnya memiliki mereka sebagai anggota BTS yang bersamanya.

"Di hari itu, aku akan menatap mata kalian masing-masing dan memberi tahu kalian secara pribadi dari bibirku. Bahwa aku bersyukur kalian bersama denganku dan membawaku ke sini dan memungkinkan aku untuk bermimpi. Aku menulis ini pada Mei 2016, satu bulan sebelum hari jadi kalian yang ke-3," tandas Bang Si Hyuk.

Pesan ini membuat para member BTS berkaca-kaca. Mereka seakan tidak menyangka akan mendengar kata-kata itu dari Bang Si Hyuk. Tapi tiga tahun kemudian ucapan Bang Si Hyuk seakan menjadi kenyataan. BTS tumbuh menjadi grup yang terkenal di dunia. 

Di tahun 2019, BTS untuk pertama kalinya berada di ajang penghargaan musik bergengsi, Grammy Music Awards walaupun hanya sebagai pembaca nominasi. Baru di tahun 2021, BTS menjadi artis Kpop pertama yang masuk nominasi Grammy Awards di kategori Best Pop Duo/Group Performance. Walaupun BTS belum berhasil membawa pulang piala di ajang penghargaan tersebut.

Terlepas dari surat mengharukan tersebut, Bang Si Hyuk tetap menjadi orang terpenting di perusahaan walaupun sudah tidak lagi menjabat sebagai CEO HYBE Labels. Produser yang ada di balik kesuksesan BTS ini masih berada di jajaran dewan direksi dan bakal berpartisipasi dalam pengambilan keputusan proyek utama.

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
Jungkook BTS

20 Arti Tato Jungkook BTS, Mata Satu Diduga Terinspirasi dari Lagu

  • 23 Juli 2021, 12:32 WIB
Berikut ini arti-arti dari tato Jungkook BTS, gambar mata satu diduga terinspirasi dari lagunya berjudul Your Eyes Tell.
BTS - Monster in My Pocket

Butter - BTS Disebut Plagiat Game Nintendo, Pemilik Lagu Buka Suara

  • 22 Juli 2021, 09:45 WIB
Lagu Butter BTS dituduh plagiat soundtrack game Nintendo. Pemilik lagu buka suara dan membantah tuduhan plagiarisme.
BTS

5 Fakta Penugasan BTS dari Presiden di Sidang Umum PBB 2021

  • 21 Juli 2021, 18:58 WIB
Berikut ini 5 fakta soal penugasan BTS oleh Presiden Korea Selatan untuk mewakili negaranya dalam Sidang Umum PBB ke-75.
Suga BTS

Profil dan Biodata Suga BTS: Agama Hingga Total Kekayaan di 2021

  • 21 Juli 2021, 16:41 WIB
Berikut profil dan biodata Suga BTS lengkap dengan agama, keluarga hingga total kekayaannya di tahun 2021.
BTS & Halsey

Halsey Melahirkan Anak Pertama, Gini Ucapan dari BTS

  • 20 Juli 2021, 09:40 WIB
Halsey dan pacarnya, Alev Aydin umumkan kelahiran anak pertama pada 14 Juli 2021. BTS ikut memberikan ucapan selamat.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
The Latest
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
INDEKS