Penjelasan Ending The Penthouse 3, Tuai Komplain Jadi Musim Terburuk - Korea ZIGI.ID
Logo
The Penthouse 3
korea
The Penthouse 3
Photo: SBS
The Penthouse 3

ZIGI – The Penthouse 3 resmi merampungkan ke-14 episodenya pada 10 September 2021. Belum genap seminggu pasca berakhirnya drama yang menceritakan para penghuni Hera palace tersebut, ternyata sudah dirindukan para penonton setia.

Namun baru-baru ini, muncul laporan yang menyebutkan bahwa drama The Penthouse alangkah lebih baik jika tidak dilanjutkan hingga musim ketiga. Sepanjang penayangan, proyek akting SBS ini telah mendapatkan total 831 komplain dari masyarakat. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak berita selengkapnya lewat artikel berikut. 

Baca Juga: Tega, The Penthouse 3 Eps 13 Pakai Video Tragedi Gedung Runtuh Gwangju

Drama The Penthouse 3 Tak Sesukses Dua Musim Sebelumnya

image
Photo : SBS

Drama The Penthouse 3 episode 14 berakhir dengan perolehan rating 19,1 persen. Namun angka tersebut ternyata tidak setinggi dua musim sebelumnya. Di mana drama The Penthouse season 1 episode terakhir mencapai rating 28,8 persen. Sedangkan episode terakhir drama The Penthouse 2 meraup angka 29,2 persen.

Apa yang membuatThe Penthouse 3 meraih rating terendah dibanding musim sebelumnya? Sebagian besar pentonon menyebutkan bahwa ending cerita drama kurang berkesan karena tiga pemeran protagonis utama diceritakan meninggal dunia. 

Sepanjang cerita, para penonton juga menyadari banyaknya karakter yang awalnya sudah meninggal dunia justru dihidupkan kembali dalam pertengahan drama. Plot cerita pun menjadi tak realistis, hingga akhir drama pun dinilai mengecewakan. 

Penjelasan Ending Drama The Penthouse 3

image
Photo : SBS

Ending drama The Penthouse 3 juga tak sesuai ekspektasi. Namun ada beberapa momen para karakter yang mengesankan penonton, seperti perkembangan karakter Joo Seok Kyung (Han Ji Hyun) dan Bae Ro Na (Kim Hyun Soo).

Jika sebelumnya Joo Seok Kyung selalu mendapatkan apa yang ia inginkan karena kekayaan ayahnya, Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon), dia berakhir hidup mandiri. Joo Seok Kyung mulai membiayai hidupnya sendiri dengan bekerja part time serta menjadi guru les vokal.

Kesuksesan Bae Ro Na akhirnya terwujud di akhir drama The Penthouse 3. Ingin membuat sang ibu Oh Yoon Hee (Eugene) bangga di surga, Bae Ro Na resmi menjadi penyanyi terkenal. Dia juga memiliki hubungan bahagia dengan sang kekasih, Joo Seok Hoon (Kim Young Dae). 

Ending tak terduga terjadi kepada Ha Eun Byeol yang kena karma. Dia menggoreskan pisau ke lehernya agar tidak bisa bernyanyi lagi. Hal ini dilakukan saat dia diminta menjadi saksi persidangan ibunya, Cheon Seo Jin (Kim So Yeon). Ha Eun Byeol memutuskan untuk berhenti menyanyi dan menjadi dirigen paduan suara di gereja.

Cheon Seo Jin akhirnya membayar seluruh perbuatannya dengan mendekam di penjara seumur hidup atas tuduhan pembunuhan pada Oh Yoon Hee dan Shim Soo Ryun (Lee Ji Ah).

Tiga tahun kemudian, Cheon Seo Jin mendapatkan kebebasan bersyarat selama 3 hari. Ia menggunakan waktu tersebut untuk menemui Ha Eun Byeol yang sedang berada di gereja, dan memandangnya dari jauh. Pada akhirnya, Cheon Seo Jin memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan meminum obat hingga overdosis.

Dan ending cerita drama The Penthouse 3 yang membuat para penonton geram adalah ketika Logan Lee (Park Eun Seok) ikut mati, menyusul Shim Soo Ryeon. Padahal hubungan bahagia pasangan ini sudah ditentukan sejak musim kedua. 

Shim Soo Ryeon ternyata sengaja menjatuhkan diri dari atas tebing untuk menebus semua kesalahannya. Sedangkan Logan Lee meninggal karena kanker sumsum tulang belakangnya yang kambuh dan berhenti melakukan pengobatan.

The Penthouse 3 Disebut Gagal hingga Terima Banyak Komplain

image
Photo : SBS

Menurut netizen Korea, drama The Penthouse 3 terlalu banyak menyuguhkan konflik hingga membuat para penonton lelah. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa The Penthouse seharusnya berakhir setelah musim pertama karena alur cerita tidak memiliki perkembangan nyata setelah itu.

Selain itu, drama The Penthouse disebut memunculkan kekhawatiran karena menyebabkan adanya ‘tren’ drama provokatif yang meresahkan penonton. Juga kualitas dari konten siaran kian menurun, menyebabkan generasi muda enggan menonton televisi lagi. Netizen mengkritik bahwa drama seharusnya lebih memperhatikan detail dan The Penthouse telah melewati batas dengan memasukkan konten provokatif yang berlebihan. 

Terlebih lagi, drama The Penthouse 3 episode 13 pernah memasukkan potongan gambar dan video dari tragedi runtuhnya sebuah gedung Gwangju, yang hingga sekarang menjadi isu sensitif untuk warga Korea. 

Selama penayangan tiga musim The Penthouse sejak Oktober 2020, drama ini telah menerima total 831 keluhan dari Komisi Standar Komunikasi Korea (KCC). Hingga artikel ini ditulis, SBS selaku tim produksi sekaligus stasiun televisi penayangan drama The Penthouse belum mengkonfirmasi tentang adanya kelanjutan untuk musim keempat.

Baca Juga: Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 14 Sub Indo

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

5 Drama Korea Populer Diperankan oleh Kim Nam Gil, Terbaru Island

  • 13 Januari 2023, 07:00 WIB
Drama-drama populer yang diperankan oleh Kim Nam Gil, mulai dari The Great Queen Seondeok hingga yang terbaru Island.

9 Ide OOTD Ala Drama Korea Versi Agatha Valerie

  • 22 November 2022, 07:00 WIB
Ide-ide gaya OOTD ala drama Korea cocok dipakai untuk sehari-hari menurut artis Agatha Valerie, ada Da Kyung hingga Ko Moon Young.

3 Fakta Webtoon Virgo and the Sparklings Bakal Diadaptasi Jadi Drakor

  • 20 Oktober 2022, 14:14 WIB
Webtoon Virgo and the Sparklings jadi komik Indonesia pertama yang bakal diadaptasi jadi drama Korea.

Survei KIC-Zigi: Lebih dari 300 Drakor Telah Ditonton Warga Indonesia

  • 24 Juli 2022, 15:02 WIB
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) x Zigi, sudah lebih dari 300 judul drama Korea ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Nonton Link Eat Love Kill Episode 6 Sub Indo, Penguntit Da Hyun Muncul

  • 21 Juni 2022, 17:19 WIB
Sinopsis dan link nonton Link Eat Love Kill episode 6 sub Indo rilis Selasa, 21 Juni 2022, penguntit No Da Hyun kembali muncul.

10 Drama Korea Kriminal Misteri Terbaru, Again My Life Rating Tinggi

  • 14 Juni 2022, 18:48 WIB
Drama Korea genre kriminal misteri mulai dari drama Woori The Virgin, Again My Life hingga Tell Me What You Saw.
The Latest
My Lovely Liar

Nonton My Lovely Liar Episode 1-16 Sub Indo, Drama Minhyun dan So Hyun

  • 24 Juli 2023, 18:30 WIB
Eric THE BOYZ

Eric THE BOYZ Jatuh dari Tangga, Absen di Konser Singapura

  • 21 Juli 2023, 10:36 WIB
Baek Ji Young

Harga dan Benefit Tiket Konser Baek Ji Young di Jakarta 2023

  • 18 Juli 2023, 16:00 WIB
Song Hye Kyo

Song Hye Kyo Minta Maaf, Besi Baja Pembangunan Rumah Timpa Mobil Warga

  • 18 Juli 2023, 14:26 WIB
Jungkook BTS

Terjemahan Lirik Lagu Seven - Jungkook BTS Feat Latto, Ada Han So Hee

  • 14 Juli 2023, 11:27 WIB
INDEKS
Most Liked