Logo
STAYC
korea
STAYC
Photo: Instagram/@stayc_highup
STAYC

ZIGI – STAYC diketahui belum menerima bayaran dari agensi sekalipun sukses dengan dua albumnya. Grup naungan HIGH UP Entertainment ini bahkan mendapat banyak kontrak iklan meski masih terbilang rookie. 

Rado, CEO dari agensi STAYC mengungkapkan bahwa biaya yang diperlukan untuk membentuk sebuah grup sangat besar. Simak pengakuan Rado tentang bayaran STAYC di bawah ini!

Baca juga: Profil dan Biodata STAYC Debut, Umur Member, Fakta Maknae-Leader

STAYC Masih Belum Terima Bayaran

Radi CEO High Up Entertainment dan Kim Gura
Photo : Koreaboo
Radi CEO High Up Entertainment dan Kim Gura

STAYC mencatatkan rekor yang baik untuk grup rookie. Pasalnya HIGH UP Entertainment baru resmi berdiri pada 2017 lalu dan bukan termasuk agensi besar. Namun sejak resmi debut pada 12 November 2020, album pertama Star to a Young Culture telah memecahkan rekor untuk grup yang debut di tahun yang sama. 

Album comeback pertama berjudul STEREOTYPE yang rilis pada 6 September 2021 juga mendulang kesuksesan. Bahkan di luar musik, keenam member juga berhasil menarik perhatian banyak brand. STAYC telah menjadi model iklan untuk Samantha Thavasa, My Shell, Celluver, Phillips, Lens Me, Glass Me, hinga Face Shop. 

Meski mendulang sukses, hingga kini pelantun So Bad tersebut belum mendapat bayaran sama sekali. Dilansir dari Koreaboo, Rado, member Black Eyed Pilseung sekaligus CEO HIGH UP mengatakan bahwa STAYC kemungkinan baru bisa mendapat gaji di pertengahan atau akhir tahun 2022. 

HIGHUP Entertainment masih terbilang kecil, sehingga aturan umum yang berlaku adalah trainee akan mendapatkan gaji penuhi setelah seluruh utang debut dilunasi. Rado mengungkapkan bahwa STAYC sudah nyaris bisa melunasi utang debutnya. 

Lebih lanjut, Rado juga mengatakan bahwa maksud 'gaji' di sini artinya uang lebih yang bisa mereka habiskan atau dibawa pulang. Agensi tetap memberikan sejumlah biaya untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan hingga pakaian. 

Sebagai perbandingan, GFRIEND di bawah Stone Music baru mendapatkan gaji setelah 3 tahun debut. Menurut pengakuan Baekhyu EXO dalam Radio Star 2019, EXO juga belum mendapat bayaran meski lagu Growl yang rilis pada 2013 sukses berat. 

Rado Ungkap Biaya Untuk Bikin Girl Group

STAYC
Photo : Instagram/@stayc_highup
STAYC

Dalam bincang-bincang di channel YouTube penyiar Gura, Rado mengungkapkan bahwa membuat grup membutuhkan biaya yang banyak. Belum termasuk pemeliharaan gedung agensi serta staf dan karyawan yang perlu dibayar. 

Ia misalnya mencontohkaan biaya pembuatan single album atau comeback. Rado memperkirakan biaya yang diperlukan sekitar 1,5 miliar won atau Rp17 miliar hingga Rp23 miliar. Biaya tersebut termasuk musik video, baju, rambut dan makeup, outfit untuk diatas panggung, dan lain-lain. 

Agar seluruh biaya yang dikeluarkan dapat impas, maka comeback harus menghasilkan jumlah yang setara. Dengan perhitungan di atas, maka sebuah grup harus mampu menghasilakan Rp23 miliar (2 miliar won) hingga Rp35 miliar (3 miliar won). 

Biasanya utang idol tidak akan dilunasi pada paruh pertama, tapi akan dibagi dalam beberapa tahap. Dengan begini agensi bisa memastikan idol memiliki cukup simpanan uang meski artinya utang selama trainee dan debut akan dilunasi dalam waktu yang lama. 
 
Sementara itu STAYC baru saja comeback dengan lagu Stereotype. Mini album ini terdiri dari tiga lagu lainnya yaitu I'll Be There, Slow Down, dan Complex.

Baca juga: Kakao Resmi Akuisisi High Up Entertainment, Agensi STAYC

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Viral Potret Kelulusan Member STAYC Saat Sekolah

  • 11 Oktober 2021, 09:58 WIB
Foto-foto kelulusan sekolah & predebut para member STAYC mencakup Sieun, Seeun, Sumin, J, Isa, dan Yoon tengah viral.

Daftar Lengkap Pemenang The Fact Music Awards 2021, STAYC hingga BTS

  • 02 Oktober 2021, 23:13 WIB
Daftar pemenang The Fact Music Awards 2021 yang diadakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 dari BTS hingga STAYC.

Agensi STAYC Diduga Ingkar Janji, Member Dilarang Punya HP Usai Menang

  • 17 September 2021, 15:59 WIB
STAYC masih tidak diperbolehkan agensi, High Up Entertainment punya ponsel sendiri padahal sudah menang di tiga acara musik.

Arti Lirik Lagu STEREOTYPE - STAYC dalam Terjemahan Indonesia

  • 06 September 2021, 16:49 WIB
Lirik lagu STEREOTYPE - STAYC dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. Bahas tentang kepercayaan diri.

Profil dan Biodata STAYC: Debut, Umur Member, Fakta Maknae-Leader

  • 20 Agustus 2021, 09:00 WIB
Berikut ini fakta profil dan biodata member STAYC beserta perjalanan kariernya sebelum akhirnya debut pada 12 November 2020.

Kakao Resmi Akuisisi High Up Entertainment, Agensi STAYC

  • 10 Juni 2021, 19:24 WIB
Kakao Entertainment resmi mengakuisisi agensi yang menaungi girlband rookie STAYC, High Up Entertainment per 10 Juni 2021.
The Latest
Squid Game, BTS, Parasite

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
NCT

Popularitas NCT Naik Signifikan, Laba SM Entertainment Naik?

  • 30 November 2021, 20:47 WIB
Jung Woo Sung dan Lee Jung Jae

Jung Woo Sung Positif Covid-19 Usai Kontak Erat sama Lee Jung Jae

  • 30 November 2021, 17:17 WIB
Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun

Termahal! Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun Dibayar Rp2,4 Miliar Per Episode

  • 30 November 2021, 16:57 WIB
Kai EXO - Peaches

Terjemahan Lirik Lagu Peaches - Kai EXO, Mirip Judul Justin Bieber

  • 30 November 2021, 16:41 WIB
INDEKS