Masih Umur 13, Foto Selca Tanaka Koki LOUD Jadi Perdebatan Kpopers - Korea ZIGI.ID
Logo
Tanaka Koki
korea
Tanaka Koki
Photo: Twitter/@PNATION_LOUD
Tanaka Koki

ZIGI – Tanaka Koki dari boygroup LOUD besutan P Nation ikut dalam perayaan Chuseok. Namun foto yang ia unggah ke Twitter justru menuai reaksi negatif karena Koki masih berusia 13 tahun. 

Debut Koki ini dikhawatirkan akan membuat usia debut untuk idol jadi semakin muda. Tidak sedikit penggemar k-pop yang merasa aneh menyaksikan idola yang masih berumur sekolah dasar. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Fakta & Biodata Tanaka Koki Maknae LOUD P Nation, Umur, Tanggal Lahir

Foto Selfie Tanaka Koki Tuai Reaksi Negatif

Tanaka Koki
Photo : Instagram/@sbs_loud.official
Tanaka Koki

Pada perayaan Chuseok yang jatuh di tanggal 21 September 2021, akun Twitter @PNATION_LOUD membagikan foto member LOUD yang mengenakan hanbok, pakaian khas Korea Selatan. Tidak terkecuali Tanaka Koki, maknae dari LOUD yang mengenakan hanbok berwarna merah muda. 

Akan tetapi, alih-alih mendapatkan reaksi positif, banyak netizen justru khawatir dengan foto tersebut. Pasalnya sedari awal cowok kelahiran 29 Januari 2009 ini dinilai terlalu muda untuk tergabung dalam boygroup.

Foto Koki tersebut jadi berdebatan di situs theqoo. Pengunggah atau yang biasa disebut OP menuliskan,

"Di luar negeri, persepsi mereka tentang pekerja anak lebih sensitif daripada kita. Faktanya, banyak bintang anak-anak telah dimanfaatkan dan dihancurkan oleh keserakahan orang dewasa," tulis penggungah tersebut seperti dikutip Zigi dari Panncafe. 

Penggemar K-pop di luar Korea memang lebih hati-hati dengan status pekerja anak. Di Amerika Serikat misalnya, ada larangan anak usia di bawah 14 tahun untuk bekerja. Sedangkan untuk usia 14-16 tahun tidak boleh bekerja lebih dari 20 jam dalam seminggu. Sedangkan untuk mereka yang belum mencapai usia legal 18 tahun, dilarang bekerja di tempat-tempat yang berbahaya. 

Unggahan OP tersebut mendapat komentar dari Netizen Korea yang mempertanyakan sikap dari P Nation selaku agensi. 

"Apa yang ingin dilakukan PSY dengannya? Apa yang sebenarnya dia lakukan dengan seorang anak?" komentar netizen. 
"Serius, siapa yang bertanggung jawab atas hidupnya" tanya seorang netizen.
"Aneh.. Aku tidak melihat ada yang bereaksi positif terhadap ini, jadi mengapa PSY masih mendebutkannya?" kata yang lain. 

Permasalahan Anak di Bawah Umur di Industri Hiburan

NCT Dream
Photo : moonrok
NCT Dream

Keberadaan idol di bawah umur bukan hal baru di industri hiburan Korea Selatan. Pada 2020 Junghwan debut bersama TREASURE ketika ia masih berusia 15 tahun atau 16 tahun menurut perhitungan Korea. Ia saat itu menjadi member paling muda dari agensi YG Entertainment. Junghwan mengikuti survival program YG Treasure Box ketika berusia 13 tahun. 

SM Entertainment bahkan mendebutkan NCT Dream pada 2016, yang saat itu usia rata-rata member adalah 15,6 tahun. Kpopers global telah menunjukan kekhawatirannya. Hal ini karena usia debut idol menjadi semakin muda dibanding tahun-tahun sebelumnya.
 
Tanaka Koki menjadi perhatian khusus karena jarak umur dan juga fisiknya yang berbeda jauh dengan member LOUD lainnya. Jika diteruskan ditakutkan idol dengan usia yang lebih muda akan dinormalisasi untuk debut.

Sejak 2014, Korea Selatan telah memiliki aturan untuk idol dan juga aktor di bawah umur. Mereka yang masih di bawah usia 20 tahun menurut perhitungan Korea, dilarang tampil maupun turut bagian di panggung lewat dari jam 10. Para idol tersebut juga dilarang untuk bekerja dari jam 10 malam hingga 6 pagi. 

Jam kerja untuk umur di bawah 15 tahun tidak boleh lebih dari 35 jam seminggu. Sedangkan untuk anak usia 15-18 tahun dibatasi hanya 40 jam saja. Jika agensi ketahuan melanggar maka pengadilan akan memberlakukan denda $10.000.

Hingga kini P Nation selaku agensi belum memberikan pernyataan apa pun terkait kapan Tanaka Koki dan peserta LOUD lainnya akan debut.

Baca juga: 7 Member Boyband Terbaru P Nation, Jebolan Acara Survival LOUD

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Tanaka Koki Batal Debut Bareng Member LOUD, P Nation Beri Klarifikasi

  • 24 Januari 2022, 13:04 WIB
Tanaka Koki resmi keluar dari line up debut boyband P Nation jebolan survival show LOUD. Usianya juga masih tergolong muda.

10 Idol Kpop Debut di Usia Muda, Tanaka Koki hingga Leeseo IVE

  • 09 November 2021, 08:00 WIB
Daftar idol Kpop debut di usia muda. Tanaka Koki kelahiran 2009, Leeseo IVE siap debut di usia 14 tahun hingga Junghwan TREASURE.

Fakta & Biodata Tanaka Koki: Maknae LOUD P Nation, Umur, Tanggal Lahir

  • 06 September 2021, 18:44 WIB
Fakta dan biodata Tanaka Koki, member paling muda yang terpilih sebagai anggota debut dari P Nation setelah ajang survival LOUD.

7 Member Boyband Terbaru P Nation, Jebolan Acara Survival LOUD

  • 05 September 2021, 16:26 WIB
Kenalan dengan 7 member akan debut dalam boyband terbaru sekaligus pertama P Nation, jebolan dari acara survival LOUD.

Profil dan Biodata Cho Gue Sung: Umur, Pacar, Akun IG, Timnas Korsel

  • 05 Desember 2022, 19:06 WIB
Profil dan biodata Cho Gue Sung, striker timnas Korea Selatan yang 'usir' Cristiano Ronaldo dari lapangan Piala Dunia 2022.

8 Aplikasi Pelacak Lokasi Selain Zenly, Bisa Pantau Orang Terdekat

  • 05 Desember 2022, 18:08 WIB
8 rekomendasi aplikasi pelacak lokasi setelah Zenly mengumumkan bakal tutup per Februari 2023, bisa pantau orang terdekat.
The Latest
Rose Blackkpink dan Jeremy Erlich

Awal Mula Isu Rose Blackpink Pacari Jeremy Erlich, Petinggi Spotify

  • 05 Desember 2022, 12:50 WIB
Reborn Rich

Nonton Reborn Rich Episode 8 Sub Indo, Hwa Young Peringati Do Joon

  • 04 Desember 2022, 20:03 WIB
Drama Under The Queens Umbrella

Nonton Under The Queen's Umbrella Episode 16, Akhir Pertarungan Ratu

  • 04 Desember 2022, 18:04 WIB
Sehun EXO di Dior Men Fall 2023

9 Potret Sehun EXO di Dior Men Fall 2023, Akrab sama Robert Pattinson

  • 04 Desember 2022, 12:32 WIB
Yeom Dong Heon

4 Fakta Aktor Veteran Yeom Dong Heon Meninggal, Derita Penyakit Liver

  • 04 Desember 2022, 10:25 WIB
INDEKS