Logo
BTS - Blackpink
korea
Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – Lagu BTS, Blackpink, ENHYPEN dan sejumlah idol lainnya kini dilarang diputar di tempat gym yang ada di Seoul, Korea Selatan. Alasan dari kebijakan itu terkait dengan gelombang baru kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Tapi alasan itu dinilai tidak masuk akal dan membuat pemilik gym serta politisi ikut mengkritisi hal ini. Apa sebenarnya alasan pelarangan lagu BTS hingga Blackpink di tempat gym? Scroll artikel berikut ini yuk!

Baca juga: Foto Jennie Blackpink di Iklan Calvin Klein Disukai Charlie Puth

Lagu BTS hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

Photo : Koreaboo

Lagu terbaru BTS berjudul Permission to Dance, How You Like That dari Blackpink sampai Drunk-Dazed milik ENHYPEN, merupakan lagu yang bagus untuk berolahraga. Beat yang cukup kencang membuat pendengarnya semakin bersemangat untuk melakukan gerakan.

Tapi kini, lagu-lagu itu tidak boleh diputar di tempat gym untuk orang yang tinggal di Seoul, Korea Selatan. Dilansir Zigi.id dari Koreaboo, Jumat, 16 Juli 2021, hal ini karena pandemi Covid-19. Diketahui, Korea Selatan sekarang menghadapi gelombang baru yang jauh lebih buruk dari sebelumnya. 

Selama seminggu terakhir, kasus Covid-19 mencapai rekor tertinggi dengan lebih dari 1.500 kasus baru per hari. Karena itu, pemerintah menerapkan langkah-langkah baru untuk menekan penyebaran virus corona. Langkah itu pun sampai meluas ke musik. 

Mulai minggu ini, pejabat kesehatan meminta pusat kebugaran di Seoul dan sekitarnya untuk menerapkan aturan baru untuk tidak lagu memutar lagu dengan tempo lebih tinggi dari 120 ketukan per menit. Selain lagu milik BTS, Blackpink dan ENHYPEN, masih ada ratusan lagu lainnya yang disukai para penggemar K-Pop dan tidak boleh diputar.

Tidak hanya pembatasan musik, kecepatan treadmill juga akan dibatasi hingga maksimum hanya 6 km/jam. Kebijakan ini diyakini merupakan langkah menghentikan orang-orang di gym untuk bernapas terlalu cepat atau memercikkan keringat ke orang lain sehingga bisa mencegah penyebaran virus penyebab Covid-19.

Kebijakan Tuai Kritik

Photo : Berbagai Sumber

Aturan ini pun ramai dibicarakan dan tentunya menuai kritikan. Kepada Reuters, seorang pemilik gym, Kang Hyun Ku mempertanyakan dampak dari musik terhadap penyebaran virus. 

"Pertanyaan terbesar saya adalah apakah memutar musik klasik atau lagu BTS terbukti berdampak pada penyebaran virus," kata Kang Hyun Ku yang dilansir pada 16 Juli 2021.

Tidak hanya itu saja, dia juga mengatakan banyak pengunjung gym yang membawa headphone dan perangkat musik mereka sendiri. Hal ini membuat pemilik gym tidak memiliki kendali atas kecepatan latihan mereka.

Senada dengan pemilik gym, politisi, Kim Yong Tae juga meragukan playlist musik berpengaruh mengurangi penyebaran. Dia pun mengatakan mungkinkah orang yang berjalan lambat saat olahraga bisa membuatnya tidak terinfeksi Covid-19. 

"Jadi kamu tidak terkena Covid-19 jika berjalan lebih lambat dari 6 km per jam? Dan siapa yang memeriksa bpm lagu saat kamu berolahraga? Saya tidak mengerti apa hubungan Covid-19 dengan pilihan musik saya," ujar Kim Yong Tae.

Namun pejabat kesehatan tetap bersikeras bahwa mereka sudah mempertimbangkan berbagai pendapat sebelum membuat keputusan untuk melarang lagu BTS hingga Blackpink yang memiliki lebih dari 120 ketukan per menit untuk diputar di tempat gym.

Baca juga: BTS Tunda Wamil, Pejabat Militer Setuju Demi Kepentingan Nasional

  • Editor: Christiya Dika

How does this article make you feel?

Recommended
Kantor Twitter

13 Potret Kantor Twitter di New York yang Ditutup Imbas Covid-19

  • 30 Juli 2021, 16:34 WIB
Berikut ini potret kantor Twitter di New York tema industrial yang diumumkan tutup sementara menyusul lonjakan kasus Covid-19.
ENHYPEN

Lirik Lagu Hey Tayo - ENHYPEN dan Terjemahan, OST Little Bus Tayo

  • 29 Juli 2021, 17:57 WIB
Lirik lagu Hey Tayo - ENHYPEN dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. OST kartun Little Bus Tayo versi remake.
BTS - McDonald's

BTS Meal Naikkan Laba McDonald's Jadi Rp32 Triliun, Lewati Prediksi

  • 29 Juli 2021, 09:50 WIB
BTS berhasil menaikkan pendapatan McDonald's mencapai Rp32 Triliun bahkan sampai melewati prediksi Wall Street.
BTS OT7

Lagu Butter BTS Geser Permission to Dance di Billboard Hot 100

  • 27 Juli 2021, 09:23 WIB
Lagu Butter milik BTS kembali menduduki peringkat No. 1 di chart Billboard Hot 100, gantikan Permission to Dance.
Ji Chang Wook

Ji Chang Wook Positif Covid-19, Nasib Drama The Sound of Magic

  • 26 Juli 2021, 12:39 WIB
Ji Chang Wook positif Covid-19 saat jalani syuting drama The Sound of Magic yang dia bintangi bersama Hwang In Yeop.
Juy putri

Aksi Juy Putri, Artis TikTok Tuai Kritik Adakan Pesta Ultah Saat PPKM

  • 26 Juli 2021, 09:45 WIB
Artis TikTok Juy Putri mengadakan pesta ulang tahun ke-18 saat PPKM berlangsung, banjir kritikan dari warganet.
The Latest
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
The Penthouse 3

Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 8 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 18:35 WIB
NCT U

Fakta Lirik Lagu From Home - NCT U Lengkap Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:05 WIB
Blue Birthday

Link Nonton Streaming Blue Birthday Episode 3 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 16:58 WIB
Park Seo Joon

Biodata dan Agama Park Seo Joon, Pemeran Film Captain Marvel 2

  • 30 Juli 2021, 16:21 WIB
INDEKS