Logo
Taeyeon dan Doja Cat
korea
Kritikus Musik Tuding Lagu Weekend - Taeyeon SNSD Jiplak Doja Cat
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – Lagu Weekend milik Taeyeon SNSD yang dirilis 6 Juli 2021 lalu mendapat ulasan negatif dari sejumlah kritikus musik Korea. Beberapa di antara mereka menyebut karya terbaru artis asuhan SM Entertainment itu memiliki kesamaan dengan lagu Say So dan Kiss Me More yang dinyanyikan oleh Doja Cat.

Dilansir dari Allkpop pada Senin, 12 Juli 2021, beberapa kritikus musik Korea terkenal sempat menyampaikan pendapat mereka soal lagu Weekend milik Taeyeon SNSD. Apa kata mereka? Simak berita selengkapnya lewat artikel berikut.

Tentang Lagu Weekend Milik Taeyeon SNSD

Photo : SMTOWN

Kilas balik ke 6 Juli 2021, Taeyeon SNSD resmi melakukan comeback solo dengan merilis lagu Weekend lengkap dengan video klipnya. Ini menjadi karya terbarunya sebagai solois sejak peluncuran album keempat, What Do I Call You, bulan Desember 2020 lalu.

Weekend merupakan lagu bergenre pop disko dengan synth retro dan petikan gitar. Liriknya menceritakan tentang keinginan seseorang untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang membosankan dan menikmati akhir pekan yang santai.

Lagu Weekend sendiri bukan diproduksi oleh orang Korea. Komposernya adalah RoseInPeace, Saimon, Willemijn van der Neut serta Marcia Sondeijker.

Meski lagu Weekend dicintai oleh masyarakat Korea dan sekaligus penggemar, justru mendapat ulasan negatif dari kritikus musik. Jika melihat video klip MV lagu Weekend, sangat mengingatkan kita dengan vibe dan gaya visual penyanyi asal Amerika Serikat, Doja Cat.

Pendapat Kritikus Musik Kim Do Heon

Photo : Berbagai Sumber

Dalam sebuah kesempatan, kritikus musik Kim Do Heon berkomentar bahwa genre dan melodi lagu Weekend mengingatkannya dengan lagu Say So dan Kiss Me More milik Doja Cat. 

“Ada dua persona berbeda dalam lagu ini, yang berbicara tentang waktu istirahat yang nyaman dari kesibukan sehari-hari. Persona pertama adalah Doja Cat. Segala sesuatu tentang lagu Weekend, dari nada gitar yang halus, hingga ketukan disko yang kaku, dan nada vokal psychedelic, menunjukkan niatnya untuk menyerupai lagu Say So dan Kiss Me More milik Doja Cat,” ungkap Kim Do Heon, dikutip dari Allkpop pada Senin, 12 Juli 2021.

Lalu, Kim Do Heon juga menyoroti aesthetic milik lagu-lagu tersebut. MV lagu Say So dan Kiss Me More didominasi oleh warna pink, sehingga menonjolkan image matang dari sosok Doja Cat. Sedangkan MV lagu Weekend dinilai memiliki getaran yang sama. Selain itu, Kim Do Heon juga mengkritik kesamaan font tulisan Weekend, yang juga mirip dengan milik Doja Cat.

“Desain font 1990's Pop Star dan nada merah muda dari MV bertujuan untuk menonjolkan sesuatu di antara dua lagu ini. Ketika Taeyeon beralih dari chorus pertama ke rap sendiri, bentuk panutannya menjadi lebih jelas,” sambungnya.

Lagu Weekend - Taeyeon SNSD Diyakini Dipengaruhi oleh Lagu Milik Doja Cat

Photo : Berbagai Sumber

Kemudian kritikus Jung Min Jae mengungkap kekecewaannya karena lagu Weekend dinilai sangat terpengaruh dari lagu-lagu Doja Cat.

"Hmm... bagiku sepertinya lagu tersebut (Weekend) mencoba merujuk pada Doja Cat dengan berbagai cara, jadi aku tidak menyukainya,” pungkasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh kritikus musik Lee Dae Hwa. Dia secara gamblang menyebutkan lagu Weekend merupakan gabungan dari lagu Kiss Me More dan Say So milik Doja Cat.

Single baru Taeyeon Weekend seperti lagu yang memadukan Kiss Me More dan Say So milik Doja Cat. Lagu ini menggabungkan gaya disko retro Say So dengan artwork MV warna pink/ungu dari Kiss Me More. Gaya menyanyi yang sensual juga sangat mirip dengan Doja Cat,” ungkapnya. 

Kpop Dinilai Tidak Orisinil Lagi

Photo : SMTOWN

Tudingan atas kemiripan lagu Weekend dengan lagu-lagu milik Doja Cat ini lantas memunculkan topik perbincangan baru. Di mana musik Kpop mulai dipertanyakan orisinalitasnya. Kini, sebagian besar lagu Kpop dibuat dengan gaya kebarat-baratan untuk mengambil pasar Amerika Serikat.

Salah satu outlet media lokal Korea menyebutkan bahwa lagu Weekend sulit untuk dicap sebagai plagiat lagu Say So dan Kiss Me More. Istilah yang tepat adalah ‘dipengaruhi’ karena hal tersebut wajar terjadi di industri musik. Terlepas dari gaya visual, konsep MV hingga foto-foto sampul dari single itu sendiri. 

“Salah satu orang dalam industri berkomentar, 'Sulit untuk mengkategorikan lagu ini sebagai murni 'plagiarisme' atau 'tidak'. Ada kalanya lagu mengambil pengaruh dari gaya musik lain, karya seni, dan lain-lain Tetapi dalam kasus ini, ada terlalu banyak kesamaan sehingga kontroversi mengenai topik tidak akan mengejutkan,” ungkap tulisan salah satu outlet media Korea.

Sementara itu, kini Taeyeon SNSD tengah aktif melakukan promosi lagu Weekend dengan tampil di berbagai acara musik mingguan. Karya terbarunya itu mendapat ulasan negatif dari kritikus musik Korea karena dinilai punya banyak kesamaan dengan lagu Say So dan Kiss Me More yang dinyanyikan oleh Doja Cat.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
Doja Cat

7 Fakta Doja Cat, Ternyata Nama Aslinya Amala Ratna

  • 20 Juli 2021, 21:07 WIB
Profil dan fakta Doja Cat. Penyanyi lagu Say So dan Kiss Me More lahir dengan nama Amala Ratna Zandile Dlamini.
Alex Landi

7 Fakta Alex Landi, Model MV Kiss Me More Keturunan Korea-Italia

  • 20 Juli 2021, 15:31 WIB
Fakta, profil, biodata Alex Landi model video klip lagu Kiss Me More - Doja Cat keturunan Korea-Italia. Bintangi Grey's Anatomy.
Doja Cat feat SZA

4 Fakta Lagu Kiss Me More - Doja Cat ft SZA, Lirik dan Terjemahan

  • 20 Juli 2021, 06:06 WIB
Lirik lagu Kiss Me More - Doja Cat (ft. SZA) lengkap terjemahan bahasa Indonesia dan fakta menarik. Dirilis 8 April 2021.
Doja cat need to know

Fakta dan Lirik Lagu I Need to Know - Doja Cat, Viral di TikTok

  • 19 Juli 2021, 19:05 WIB
Lagu baru Doja Cat berjudul I Need to Know viral di TikTok, ini fakta-faktanya lengkap dengan lirik lagu.
Saweetie - Doja Cat

Arti Lirik Lagu Best Friend - Saweetie feat. Doja Cat dan Terjemahan

  • 17 Juli 2021, 11:21 WIB
Berikut ini arti lirik lagu Best Friend - Saweetie feat. Doja Cat lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia.
Justin Bieber & Ariana Grande

Daftar 42 Lagu Dilarang KPI Diputar di Radio Sebelum 22.00 WIB

  • 13 Juli 2021, 15:30 WIB
KPI melarang 42 lagu Barat diputar di radio sebelum pukul 22.00 WIB. Ada lagu Justin Bieber, Doja Cats hingga Ariana Grande.
The Latest
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
INDEKS