Logo
BTS OT7
korea
Kritikus Musik Komentari Lagu Butter - BTS di Billboard Hot 100
Photo: BigHit Music

ZIGI – Selama tujuh minggu berturut-turut, lagu Butter milik BTS memuncaki peringkat No.1 chart Billboard Hot 100 sejak 1 Juni 2021 lalu. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook untuk kesekian kali mengukir sejarah sebagai penyanyi Korea pertama yang berhasil melakukannya.

Di lain sisi, seorang kritikus musik Korea bernama Jung Min Jae, sempat membagikan pemikirannya terkait formula lagu BTS yang belakangan ini terdengar berbeda dibanding lagu-lagu sebelumnya.

Lebih spesifik, Jung Min Jae mengomentari tiga lagu bahasa Inggris milik BTS mencakup Dynamite, Butter dan Permission to Dance. Apa katanya? Simak artikel selengkapnya di bawah ini yuk!

Lagu Butter - BTS Duduki Peringkat No.1 di Chart Billboard Hot 100


Source: Koreaboo

BTS terus mencetak rekor baru di chart Billboard Hot 100. Single hits mereka bertajuk Butter masih bertahan di peringkat No. 1 dalam tangga lagu bergengsi tersebut tersebut selamat tujuh minggu berturut-turut.

Pada Selasa, 13 Juli 2021 tengah malam, Billboard mengumumkan bahwa lagu Butter milik BTS kembali merajai chart Hot 100 untuk pekan yang berakhir pada 17 Juli. Billboard Hot 100 sendiri merupakan chart utama yang menunjukkan lagu paling populer di Amerika Serikat.

Dengan ini, BTS dinobatkan sebagai penyanyi Asia pertama dan terlama bertahan di chart Billboard Hot 100 sepanjang sejarah. Butter juga menjadi lagu terlama yang berada di urutan No. 1 sejak debut, mengalahkan lagu One Sweet Day milik Mariah Carey dan Boyz II Men yang dirilis tahun 1995 silam.

Jung Min Jae Kritik Lagu BTS

Photo : Twitter

Di tengah euforia BTS kembali memuncaki chart Billboard Hot 100 selama tujuh minggu berturut-turut, seorang kritikus musik terkenal Korea bernama Jung Min Jae sempat mengungkap pendapat pribadinya atas pencapaian grup asuhan BigHit Music tersebut melalui beberapa cuitan di akun Twitter pribadi @minjae_jung pada 9 Juli 2021 lalu.

Dilansir dari Allkpop, Jung Min Jae mengungkap kekecewaannya usai BTS merilis lagu Permission to Dance. Itu menjadi lagu bahasa Inggris ketiga milik grup setelah Dynamite dan Butter. Dalam cuitannya, Jung Min Jae menyoroti kesamaan genre dari ketiga lagu tersebut.

“Melodi dan lirik yang cerah yang menyertakan nama-nama yang akrab bagi masyarakat berbahasa Inggris dan Amerika. Ini (lagu Permission to Dance) mirip dengan lagu-lagu sebelumnya (Butter dan Dynamite). Meskipun melelahkan mendengar tiga lagu yang mengikuti 'formula lagu-hit' dalam satu tahun, lagu ini (Permission to Dance) adalah yang terbaik dari ketiganya. Lebih enak di telinga dan melodinya cukup menawan,” kata Jung Min Jae, dikutip dari Allkpop pada Selasa, 13 Juli 2021.

Jung Min Jae Berharap BTS akan Rilis Lagu Berbeda Selanjutnya

Photo : BigHit Music

Lantas lagu Permission to Dance sendiri memang memiliki arti mendalam. Video klipnya memperlihatkan situasi saat pandemi Covid-19 berakhir. Selain itu, orang-orang yang dimunculkan dalam video klip berasal dari ras, warna kulit dan profesi berbeda-beda. 

Ini juga menjadi poin penting yang ingin ditonjolkan oleh BTS, yaitu keberagaman. Berkaca dari kehidupan nyata, lagu Permission to Dance menekankan bahwa semua berhak orang mendapatkan apresiasi karena telah berjuang dan bertahan selama pandemi ini. 

Kritikus Jung Min Jae memuji bagian tersebut dari lagu Permission to Dance. Namun dia tetap berharap, BTS bisa merilis lagu dengan genre berbeda di masa mendatang tanpa perlu memikirkan kesuksesan di chart internasional seperti Billboard Hot 100.

“Aku ingin menganggap ini sebagai rilisan khusus. Aku ingin berpikir karya baru ini memang berbeda dibanding sebelumnya mengingat situasi pandemi Covid-19. Untuk perilisan berikutnya, aku ingin melihat keunggulan dan keberanian yang telah mereka tunjukkan dalam karya-karya mereka yang dulu. Mereka telah cukup sukses mendarat di tangga lagu Billboard,” pungkasnya.

Tuai Pro dan Kontra di Kalangan Netizen

Photo : BigHit Music

Di Twitter, cuitan dari Jung Min Jae disambut oleh berbagai respon dari ARMY (sebutan nama fandom untuk BTS). Ternyata, sebagian dari mereka juga memiliki pemikiran yang sama. Namun tidak sedikit pula yang mengaku kurang setuju. Kendati demikian, semuanya kembali ke preferensi masing-masing.

Aku bukan penggemar BTS tetapi aku menerima begitu banyak penyembuhan dari lagu Dynamite, Butter dan Permission to Dance. Aku justru merasa, itu lagu sempurna versiku,” tulis seorang netizen, dikutip dari Allkpop.

Aku pikir banyak orang agak melewatkan poin dari kritikan tersebut. Dia (Jung Min Jae) berbicara tentang musik, bukan bahasa yang digunakan BTS. Dia mengatakan bahwa musik yang dirilis BTS akhir-akhir ini memiliki genre yang sama sekali berbeda dari yang mereka rilis sebelumnya. Itulah yang dia maksud sebagai akar. Genre. bukan bahasa,” ungkap seorang ARMY. 

Dia benar...aku tahu mereka menginginkan Grammy atau apapun itu. Tapi aku ingin lebih banyak lagu Korea seperti yang ada di album Love Yourself serta Map of the Soul. Menurutku jauh lebih orisinal dan bermakna,” sahut ARMY lain. 

Dia (Jung Min Jae) tidak mempermasalahkan tentang bahasa, tetapi tentang genre. Dia sama sekali tidak peduli tentang BTS bernyanyi dalam bahasa Inggris. Kritikus hanya menunjukkan perubahan genre BTS saat dia berkata, ‘Dalam rilis berikutnya, aku ingin melihat keunggulan dan keberanian itu’,” timpal seorang ARMY.

Sementara itu, lagu Butter milik BTS kembali menduduki peringkat No.1 di chart Billboard Hot 100 selama tujuh minggu berturut-turut. Menyusul kesuksesan ini, grup beranggotan tujuh member tersebut baru saja merilis lagu Permission to Dance pada 9 Juli 2021 lalu. Di lain sisi, kritikus musik terkenal bernama Jung Min Jae mengaku merindukan genre lama dari lagu-lagu BTS.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended
Jungkook BTS

20 Arti Tato Jungkook BTS, Mata Satu Diduga Terinspirasi dari Lagu

  • 23 Juli 2021, 12:32 WIB
Berikut ini arti-arti dari tato Jungkook BTS, gambar mata satu diduga terinspirasi dari lagunya berjudul Your Eyes Tell.
BTS - Monster in My Pocket

Butter - BTS Disebut Plagiat Game Nintendo, Pemilik Lagu Buka Suara

  • 22 Juli 2021, 09:45 WIB
Lagu Butter BTS dituduh plagiat soundtrack game Nintendo. Pemilik lagu buka suara dan membantah tuduhan plagiarisme.
BTS

5 Fakta Penugasan BTS dari Presiden di Sidang Umum PBB 2021

  • 21 Juli 2021, 18:58 WIB
Berikut ini 5 fakta soal penugasan BTS oleh Presiden Korea Selatan untuk mewakili negaranya dalam Sidang Umum PBB ke-75.
Suga BTS

Profil dan Biodata Suga BTS: Agama Hingga Total Kekayaan di 2021

  • 21 Juli 2021, 16:41 WIB
Berikut profil dan biodata Suga BTS lengkap dengan agama, keluarga hingga total kekayaannya di tahun 2021.
BTS & Halsey

Halsey Melahirkan Anak Pertama, Gini Ucapan dari BTS

  • 20 Juli 2021, 09:40 WIB
Halsey dan pacarnya, Alev Aydin umumkan kelahiran anak pertama pada 14 Juli 2021. BTS ikut memberikan ucapan selamat.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
The Latest
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
INDEKS