Koreografer LOONA Akui Blockberry Creative Nunggak Gaji - Korea ZIGI.ID
Logo
LOONA
korea
LOONA
Photo: @loonatheworld/Twitter
LOONA

ZIGI – Salah satu koreografer LOONA bernama Kim Hwa Young, angkat bicara dengan mengungkap bahwa dirinya belum menerima gaji dari Blockberry Creative. Belakangan ini, agensi yang menaungi girlband beranggotakan 12 tersebut dikabarkan tengah mengalami krisis keuangan.

Hingga artikel ini ditulis, pihak Blockberry Creative belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar yang beredar. Di lain sisi, para penggemar mulai mengkhawatirkan masa depan LOONA sebagai grup.

Terbaru, seorang koreografer yang pernah bekerja untuk LOONA membuat pengakuan belum menerima gaji dari pihak agensi padahal sudah dijanjikan sebelumnya. Simak artikel selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Elon Musk Diminta Selamatkan LOONA, Agensi Disebut Krisis Keuangan

Koreografer LOONA Ungkap Blockberry Creative Alami Krisis Keuangan

Koreografer LOONA, Kim Hwa Young
Photo : @faryoungkim/Instagram
Koreografer LOONA, Kim Hwa Young

Sejak 28 September 2021 lalu, berbagai outlet media lokal melaporkan bahwa Blockberry Creative, agensi yang menaungi girlband LOONA tengah menghadapi krisis finansial yang cukup parah.

Lalu pada Kamis, 30 September 2021, koreografer yang pernah bekerja dengan LOONA bernama Kim Hwa Young mengunggah sebuah postingan Instagram di akun pribadinya @faryoungkim yang kini sudah dihapus.

Foto tersebut menampilkan tangkapan layar dari artikel yang menyatakan Blockberry Creative tengah mengalami krisis keuangan.

“Tolong periksa laporan dana dan setor biayanya (gaji),” tulis Kim Hwa Young sebagai caption, dikutip dari Allkpop pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Kim Hwa Young Sempat Dijanjikan akan Dibayar bulan September 2021

Koreografer LOONA, Kim Hwa Young
Photo : @faryoungkim/Instagram
Koreografer LOONA, Kim Hwa Young

Menurut beberapa orang dalam, Blockberry Creative belum membayar upah perusahaan eksternal yang sebelumnya bekerja untuk LOONA. Bahkan beberapa pembayaran yang sudah jatuh tempo belum diselesaikan.

Selama beberapa bulan terakhir, agensi disebut kesulitan dalam membayar gaji para staf mencakup penata rias, penata rambut, stylist, hingga koreografer. Akhirnya, pihak Blockberry Creative meminta mereka untuk berhenti. 

Menanggapi laporan tersebut Kim Hwa Young sempat menjelaskannya dalam caption postingan Instagram yang kini sudah dihapus. Sang koreografer pernah dijanjikan untuk menerima bayarannya sekitar bulan Agustus-September 2021.

Kim Hwa Young sendiri menjadi sosok yang menciptakan koreografi untuk lagu PPT (Paint The Town) milik LOONA yang dirilis 28 Juni 2021 lalu.

“Saya bekerja karena para member LOONA yang selalu bekerja dengan rajin. Masih ada upah yang belum dibayar bahkan sebelum promosi (lagu) PTT.  Tetapi saya tetap mengerjakan pekerjaan saya karena diberitahu akan dibayar bulan Agustus atau September,” ungkap Kim Hwa Young.

Lalu Kim Hwa Young membeberkan bahwa bayarannya tak seberapa. Dan Blockberry Creative dinilai mampu melunasinya. 

“Saya bertanya tentang anggaran sebelumnya. Itu bahkan tidak banyak. Itu memalukan. Biayanya hanya menjadi besar karena upah yang belum dibayar menumpuk. Akan lebih baik jika kita dibayar tepat waktu,” sambungnya.

Terakhir, Kim Hwa Young meminta pihak agensi untuk segera membayar upahnya yang sudah ditunggak sejak promosi Jepang yang dijalani LOONA bulan Juni 2021.

"Jangan memperumit masalah. Tolong setorkan pembayaran mulai dari koreografi untuk promosi Jepang sebelumnya,” tutupnya. 

Masa Depan LOONA Tak Menentu

LOONA
Photo : Instagram/loonatheworld
LOONA

Meski Blockberry Creative menjadi pemberitaan saat ini, akun media sosial LOONA @loonatheworld masih aktif dalam membagikan aktivitas-aktivitas para member. Berdasarkan pantauan pada Jumat, 1 Oktober 2021, sejumlah member rutin mengunggah foto selfie setiap harinya.

Di lain sisi, Orbit, sebutan nama fandom untuk LOONA, sangat mengkhawatirkan masa depan grup. Bahkan omongan tentang kemungkinan LOONA akan dibubarkan mulai dibahas. Kendati demikian, LOONA merupakan salah satu girlband yang sebenarnya sukses.

LOONA yang belum lama ini melakukan comeback Jepang, dilaporkan menempati posisi No.1 di chart iTunes Amerika Serikat untuk album HULA HOOP/ StarSeed-Kakusei. Pencapaian ini memperpanjang rekor mereka sebagai girlband dengan album No. 1 terbanyak di chart iTunes AS dalam sejarah.

Bahkan album Korea milik LOONA bertajuk [&] yang dirilis Juni 2021 lalu debut di chart Billboard untuk kategori World Albums dengan menempati peringkat ke-14.

Sementara itu, Blockberry Creative masih bungkam soal kabar yang beredar tentang agensi mengalami krisis keuangan hingga belum membayar gaji para karyawan. Karena hal ini, penggemar mulai khawatir dengan masa depan girlband LOONA. 

Baca Juga: Agensi LOONA Tak Mampu Bayar Gaji Berbulan-bulan

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

Usai Chuu, Keempat Member LOONA Terancam Diboikot Blockberry Creative

  • 02 Februari 2023, 12:13 WIB
Blockberry Creative ajukan petisi untuk melawan HeeJin, JinSoul, Choerry, dan Kim Lip LOONA usai menangkan gugatan akhiri kontrak.

3 Fakta Comeback LOONA Ditunda hingga Waktu Tak Ditentukan

  • 22 Desember 2022, 12:08 WIB
Dampak pemboikotan fans, Blockberry Creative tunda comeback LOONA untuk batas waktu yang tak ditentukan hingga bahas gaji member.

Dispatch Bongkar Masalah Chuu eks LOONA dan Blockberry Creative

  • 20 Desember 2022, 10:53 WIB
Dispatch mengeluarkan laporannya terkait konflik antara Chuu dan agensi LOONA Blockberry Creative, kontrak individu jadi sorotan.

Fans LOONA Sukses Boikot Comeback, Penjualan Album Turun 98 Persen

  • 16 Desember 2022, 09:09 WIB
Menolak memberikan pemasukan ke agensi Blockberry Creative, fans LOONA pilih boikot comeback terbaru untuk selamatkan para member.

Agensi Jelaskan Soal Hyunjin LOONA Absen Acara Usai Bela Chuu

  • 28 November 2022, 13:19 WIB
Hyunjin LOONA diduga absen acara FIFA Qatar World Cup Preview Show usai bela Chuu yang keluar dari grup, agensi buka suara.

Kronologi Chuu LOONA Resmi Dikeluarkan dari Grup

  • 25 November 2022, 16:59 WIB
Agensi Blockberry Creative umumkan bahwa Chuu LOONA resmi dikeluarkan dari grup pada Jumat, 25 November 2022.
The Latest
Jeon So Nee

Profil dan Biodata Jeon So Nee: Umur, Drama, Film, Karier, Akun IG

  • 06 Februari 2023, 08:00 WIB
Our Blooming Youth

Fakta dan Sinopsis Our Blooming Youth Episode 1-20, Ada Park Hyun Sik

  • 05 Februari 2023, 16:30 WIB
Tzuyu TWICE

Tzuyu TWICE Dikabarkan Beli Penthouse Mewah Seharga Rp223 Miliar

  • 05 Februari 2023, 13:54 WIB
Sehun EXO dan Chanyeol EXO di EXO -SC Fancon Jakarta

5 Momen Chanyeol dan Sehun EXO-SC Tampil di Jakarta, Main Lato-lato

  • 05 Februari 2023, 09:33 WIB
Drama Kokdu: Season of Deity

Nonton Kokdu: Season of Deity Episode 3, Kokdu dan Gye Jeol Berkencan

  • 03 Februari 2023, 19:10 WIB
INDEKS