Logo
BTS OT7
korea
Korea Selatan Izinkan Gelar Konser Offline dengan Aturan Ketat
Photo: CJ ENM

ZIGI – Korea Selatan akan segera mencabut aturan social distancing di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah dengan mulai mengizinkan konser offline atau pertunjukkan musik apa pun untuk digelar per Senin, 14 Juni 2021 mendatang. Lantas keputusan ini memiliki sederet syarat yang harus dipatuhi masyarakat.

Selama kurang lebih satu tahun belakangan, segala bentuk pagelaran termasuk konser dan fanmeeting dilakukan secara online. Dengan penurunan drastis kasus Covid-19, Korea Selatan mulai mengembalikan segala aktivitas seperti sedia kala. Seperti apa detail dari rencana itu? Simak penjelasannya berikut. 

Korea Selatan Mulai Perbolehkan Gelar Konser Offline

Photo : Naver

Dilansir dari laman Aju Daily pada Minggu, 13 Juni 2021, Korea Selatan secara resmi mencabut larangan pagelaran konser atau pertunjukan musik di luar ruangan setelah 14 bulan memberlakukan aturan social distancing akibat pandemi Covid-19. 

Mulai hari Senin, 14 Juni 2021, para selebriti Korea dapat kembali menggelar konser offline. Keputusan ini juga menyusul aturan di mana beberapa grup Kpop sudah diperbolehkan menyelenggarakan fan meeting yang kapasitasnya jauh lebih sedikit ketimbang konser. Selain itu, acara musikal yang biasanya digelar dalam sebuah teater kecil juga sudah boleh diselenggarakan.

Konser Offline Dibatasi Hanya 4000 Penonton Tanpa Adanya Teriakan

Photo : Hankook Ilbo

Meski keputusan ini tentu membawa kebahagiaan bagi banyak orang, tentu ada sederet peraturan yang harus dipatuhi. Pemerintah Korea Selatan memang telah memperbolehkan artis untuk menggelar konser, hanya saja penontonnya dibatasi.

Pagelaran konser hanya boleh dihadiri oleh maksimal 4.000 penonton. Selain harus tetap memakai masker sepanjang acara, para penonton tidak boleh mengeluarkan suara berupa teriakan. Juga dilarang makan atau minum.

Segala aktivitas yang memungkinan membuka masker tidak diperbolehkan. Kursi di ruang konser harus berjarak sekitar satu meter. Lantas otoritas kesehatan berjanji untuk melonggarkan pembatasan secara bertahap atau lebih cepat jika proses vaksinasi telah dilakukan masyarakat secara menyeluruh.

Harapan Baru untuk Industri Musik Korea Selatan

Photo : Naver

Sebelum memberlakukan peraturan ini, pemerintah sudah mengizinkan pagelaran fanmeeting yang hanya dihadiri 50 orang untuk mencegah penyebaran COVID-19. Konser musik, yang sulit mendapatkan izin, juga sudah boleh digelar. Namun jumlah penonton dibatasi sebanyak 100 orang saja. Jarak kursi juga dibuat lebih jauh, yaitu setidaknya dua meter. 

Kini dengan telah diperbolehkannya konser offline digelar dengan jumlah penonton lebih banyak, seakan memberikan napas bagi industri musik Korea Selata.

Banyak penyelenggara acara telah membatalkan acara dengan ruang konser berukuran kecil terpaksa ditutup. Kerugian finansial dalam industri pertunjukan musik pop domestik diperkirakan mencapai angka 184 miliar won atau setara dengan Rp2,3 triliun dari Februari 2020 hingga Mei 2021. 

Tentu hal ini merugikan para penyanyi. Namun tidak bagi BTS, yang sukses menggelar konser online dan menarik lebih dari satu juta penonton di seluruh dunia dalam dua konser online tahun 2020. Keuntungan serupa juga dialami oleh Blackpink saat menggelar konser online perdana pada 31 Januari 2021 lalu. 

Dengan demikian, pagelaran konser offline di Korea Selatan sudah mulai diperbolehkan per Senin, 14 Juni 2021 dengan syarat hanya boleh dihadiri oleh maksimal 4.000 penonton dengan tetap menjaga jarak dan tidak ada teriakan atau seruan dalam atau luar ruangan.

  • Editor: Yasmin Karnita

How does this article make you feel?

Recommended
Ilustrasi Konser

Gelombang 4 Covid-19 di Korsel, Grup Kpop Batalkan Konser Offline

  • 13 Juli 2021, 14:54 WIB
Golden Child hingga Kim Jae Hwan batalkan konser offline akibat lonjakan kasus Covid-19 di Korea Selatan masuki gelombang 4.
Mr. Trot

Mr. Trot Tuai Kritik, Gelar Konser Saat Gelombang Baru Covid-19

  • 13 Juli 2021, 09:45 WIB
Program Mr. Trot menuai kritikan tajam karena tetap menggelar konser di tengah gelombang baru Covid-19 di Korea Selatan.
Lomba Melamun

Ada Lomba Melamun di Korea Selatan untuk Hilangkan Stres

  • 11 Juni 2021, 15:31 WIB
Di Korea Selatan, belum lama ini diadakan lomba melamun (Space Out Competition) untuk menghilangkan stres saat pandemi.
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
Link nonton streaming drama Voice 4 episode 13 lengkap subtitle Indonesia lewat situs legal. Tayang Jumat, 30 Juli 2021.
The Latest
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
The Penthouse 3

Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 8 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 18:35 WIB
NCT U

Fakta Lirik Lagu From Home - NCT U Lengkap Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:05 WIB
Blue Birthday

Link Nonton Streaming Blue Birthday Episode 3 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 16:58 WIB
Park Seo Joon

Biodata dan Agama Park Seo Joon, Pemeran Film Captain Marvel 2

  • 30 Juli 2021, 16:21 WIB
INDEKS