Logo
BTS
korea
BTS
Photo: Berbagai sumber
BTS

ZIGI – HYBEL Labels berencana untuk fokus pada bisnis digital, dengan membuat NFT hingga photocard digital. Menurut Bang Si Hyuk, CEO HYBE, Rencana ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar semakin lama menuntut penggunaan teknologi yang lebih besar.

Sementara itu, banyak fans BTS menolak perubahan yang ditawarkan oleh HYBE karena punya potensi besar untuk merusak lingkungan. Simak artikel lengkapnya di sini!

HYBE Labels Akan Masuk Ke Proyek Bisnis NFT

Bang Si Hyuk
Photo : StarDailyNews
Bang Si Hyuk

Agensi BTS, HYBE Labels secara resmi mengumumkan lini bisnis baru dengan menerbitkan non-fungible token (NFT), mata uang digital yang bisa digunakan untuk membeli barang di toko digital. HYBE berencana akan mengakuisisi 2,5 persen (860.004 saham) senilai Rp60,4 triliun dari perusahaan Dunamu, perusahaan pertukaran mata uang kripto di Korea Selatan.

Dengan ini, seperti dilansir dari Allkpop pada Jumat 5 novermber 2021, Dunamu akan menerbitkan surat utang konversi (convertible bonds) senilai Rp48,3 triliun. Sebagai ganti, Dunamu akan berinvestasi di saham HYBE sebesar Rp84,6 triliun. Artinya Dunamu akan memiliki saham di HYBE sebesar 5,6%.

Dengan masuk ke proyek bisnis NFT, HYBE Labels dan Dunamu akan membuat aset digital dalam bentuk merchandise yang berhubungan dengan BTS dan artis HYBE lainnya. Alih-alih menjual photocard dengan cara konvensional, HYBE memutuskan untuk memperkenalkan photocard dalam bentuk digital dengan kode unik, dengan menggunakan mata uang NFT. Penerapan ini juga akan merambah ke barang keluaran HYBE lainnya.

Rencana ini diumumkan pada Briefing HYBE 2020 dengan Komunitas yang disiarkan melalui channel YouTube resmi HYBE. Selain NFT, HYBE juga memperkenalkan berbagai rencana baru, mulai dari pembuatan Wattpad hingga BTS-NFT.

NFT Punya Dampak Terhadap Lingkungan

BTS
Photo : Twitter/@bts_bighit
BTS

Dilansir dari CBS News pada Jumat, 5 November 2021, NFT setidaknya bertanggung jawab atas jutaan ton emisi karbon dioksida, zat yang membuat suhu bumi terus memanas. Mengapa NFT bisa menyebabkan perubahan iklim yang buruk?

Dalam pembuatannya, NFT setidaknya menghabiskan 44,94 terawatt per jam energi listirk. Sebanding dengan konsumsi listrik tahunan di negara seperti Qatar dan Hungaria. Artinya, pembuatan NFT akan menyumbang setidaknya 21,35 ton metrik karbon dioksida setiap tahun. Angka ini setara dengan jejak karbon yang dikeluarkan oleh negara Sudan.

Banyak ilmuwan sudah memperingatkan bahwa produksi Bitcoin bakal menambah suhu bumi hingga dua derajat celsius. Melihat situasi ini, beberapa penggemar sudah mengkritik HYBE yang abai terhadap pembuatan BTS-NFT.

"Biarkan Bangtan apa adanya. Bangtan, jangan berubah," kata salah satu penggemar.
"Kenapa perusahaan ini semakin lama menyebalkan. Kenapa membuat kami merasa stress ketika mendukung idola sendiri? Tetap seperti biasanya saja," komentar yang lain.
"Pahami ini teman-teman, NFT buruk untuk lingkungan... kita tidak seharusnya mendukung ini," tulis fans lain.
"Apa NFT? Bukankah itu akan berefek pada lingkungan karena menghabiskan banyak karbon dan meninggalkan jejak karbon?" fans menunjukan kecemasaannya
"NFT tidak lebih darri tipuan yang membahayakan lingkungan," terang salah satu penggemar.
"Apa mereka tahu fandom ini benar-benar peduli pada lingkungan?" tanya yang lain.

Di satu sisi, BTS didapuk sebagai Duta Global Formula E yang mempromosikan kendaraan listrik untuk mengurangi perubahan iklim di bumi. Pada 20 September 2021, RM, Jin, Suga, J-Hope, V, Jimin, dan Jungkook berbicara tentang perubahan iklim di Majelis Umum PBB. Hingga kini HYBE Labels belum memberikan tanggapan terkait protes yang dilontarkan oleh fans.

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
New Southern Policy Forum ke-4 diadakan untuk membahas langkah jitu Korea mengenalkan Korean Wave lewat BTS, Parasite Hingga Squid

Keseruan Konser BTS di LA, Dihadiri Megan Thee Stallion dan Rich Brian

  • 29 November 2021, 17:34 WIB
Keseruan konser BTS PTD On Stage di LA hari kedua. Megan Thee Stallion jadi bintang tamu, Rich Brian hadir sebagai penonton.

10 Momen Konser BTS Permission To Dance On Stage di LA Hari Pertama

  • 28 November 2021, 19:26 WIB
10 momen konser BTS Permission To Dance On Stage di Los Angeles (PTD on stage LA) hari pertama 27 November 2021 waktu setempat.

BTS Disebut Bakal Segera Tampil di Batam, Kepulauan Riau

  • 27 November 2021, 14:32 WIB
Wali Kota Batam mengatakan bahwa boyband BTS bakal segera tampil menghibur penggemarnya di Indonesia.

5 Momen dan Daftar Pemenang Tokopedia WIB: Indonesia K-Pop Awards 2021

  • 26 November 2021, 12:31 WIB
Momen menarik sekaligus daftar pemenang Tokopedia WIB: Indonesia K-Pop Awards 2021 dihadiri BTS hingga Blackpink.

Wacana BTS Dibebastugaskan dari Wamil Belum Capai Kesepakatan

  • 25 November 2021, 19:04 WIB
Wacana penghapusan BTS di tingkat dewan belum capai kesepakatan. Jin BTS harus wajib militer paling lambat Desember 2022.
The Latest
Squid Game, BTS, Parasite

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
NCT

Popularitas NCT Naik Signifikan, Laba SM Entertainment Naik?

  • 30 November 2021, 20:47 WIB
Jung Woo Sung dan Lee Jung Jae

Jung Woo Sung Positif Covid-19 Usai Kontak Erat sama Lee Jung Jae

  • 30 November 2021, 17:17 WIB
Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun

Termahal! Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun Dibayar Rp2,4 Miliar Per Episode

  • 30 November 2021, 16:57 WIB
Kai EXO - Peaches

Terjemahan Lirik Lagu Peaches - Kai EXO, Mirip Judul Justin Bieber

  • 30 November 2021, 16:41 WIB
INDEKS