Logo
Jungwon ENHYPEN
korea
Jungwon ENHYPEN
Photo: Twitter/@BELIFTLAB
Jungwon ENHYPEN

ZIGI – Komentar Jungwon ENHYPEN tentang ujian CSAT menuai pro kontra, sebagian mengatakan leader grup tidak peka terhadap kondisi para peserta ujian. Mengingat ujian masuk ini memberikan tekanan dan stres kepada para siswa SMA.

Sebelum ujian CSAT berlangsung, banyak idol yang memberikan semangat kepada para penggemarnya. Simak komentar Jungwon ENHYPEN lengkap di sini!

Komentar Jungwon ENHYPEN Tentang Ujian Masuk Tuai Perdebatan

VLIVE ENHYPEN
Photo : Koreaboo
VLIVE ENHYPEN

Jungwon ENHYPEN memberikan koemntar tentang College Scholastic Ability Test (CSAT) atau ujian masuk perguruan tinggi di Korea Selatan. CSAT adalah salah satu ujian paling berat karena berlangsung selama 8 jam berturut-turut dan dilangsungkan pada Kamis, 18 November 2021.

Melalui Vlive bersama member ENHYPEN lain, Jungwon tiba-tiba bertanya, "kalian yang menonton VLIVE ini pasti ada yang tidak bisa melewati CSAT dengan baik, benar?".

Kalimat tersebut membuat member lain yang terdiri dari Sunghoon, Sunoo, Heeseung, Jay Park, Jake, dan Ni Ki menjadi bingung. Mereka pun lantas bertanya kepada Jungwon apa maksud dari pernyataan tersebut.

Leader ENHYPEN itu pun memberikan penjelasan, "tidak apa-apa jika kamu tidak melewatinya dengan baik. Jika kesulitan, kamu bisa menengok VLIVE ini agar merasa lebih baik."

Potongan VLIVE tersebut menyebar di komunitas online Nate Pann dan dikomentari oleh banyak orang. Beberapa K-Netz menyatakan Jungwon tidak peka dengan situasi yang ada.

"Aku menonton siaran langsung setelah selesai mengerjakan ujian (CSAT) dan ia tiba-tiba mengatakan omong kosong seperti itu," komentar salah satu K-Netz seperti dilansir dari Koreaboo pada Jumat, 19 November 2021.
"Memangnya siapa dia bisa bilang seperti itu kepada penggemarnya.. aku benar-benar tidak tahu ingin berkomentar apa," timpal yang lain.

Sementara yang lain mengatakan Jungwon ENHYPEN tidak bermaksud jelek. Idol kelahiran 9 Februari 2004 itu hanya ingin memberikan semangat kepada para peserta ujian.

Banyak Idol Semangati Peserta Ujian CSAT

TXT
Photo : Twitter @btsvtati
TXT

Doyoung TREASURE juga ikut dalam ujian CSAT. Ia mendapat pujian dari banyak penggemar karena berhasil menyeimbangkan kehidupan sebagai idol dan juga prestasi akademis. Begitu pula dengan Kangmin VERIVERY dan juga Sohee Rocket Punch.

Melihat betapa pentingnya ujian ini, banyak grup idol memberikan ujian penyemangat kepada para peserta. Pada Rabu, 17 November NU’EST, SEVENTEEN, TXT, BTS hingga ENHYPEN memberikan dukungan kepada siswa yang ujian.

Member NCT, seperti Jisung dan Chenle memilih untuk tidak update apa pun di aplikasi Bubble agar tidak mengganggu konsentrasi para penggemar yang ujian.

Mengenal ujian CSAT di Korea Selatan

Ujian CSAT
Photo : Newsis
Ujian CSAT

CSAT juga dikenal dengan Suneung yang diikuti oleh siswa SMA untuk bisa masuk Universitas negeri di Korsel. Ujian ini kompetitif karena nantinya banyak pencari kerja yang mempertimbangkan universitas calon pegawai. Bagi siswa di Korsel, ujian ini jadi momen menentukan masa depan.

Tekanan dan juga stres yang luar biasa menjelang ujian membuat Pemerintah Korsel memberlakukan aturan ketat. Misal, pesawat dilarang terbang selama ujian berlangsung untuk mengurangi kebisingan.  Lalu pasar saham diizinkan untuk buka hingga larut. Terakhir transportasi umum ditingkatkan untuk memungkinkan siswa mejangkau lokasi ujian dengan mudah.

Para orang tua juga sibuk membawakan bekal khusus selama CSAT. Tidak heran ujian seleksi perguruan tinggi ini jadi berita hangat di Korsel setiap tahun.

Dengan banyaknya ketegangan yang terkumpul, ucapan Jungwon ENHYPEN dinilai tidak sensitif. Saat ini member ENHYPEN sedang disibukkan dengan persiapan tampil di Kelly Clarkson Show pada 23 November 2021.

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Web Novel BTS, TXT dan ENHYPEN Akan Rilis, Fans Ramaikan 'Not Wattpad'

  • 04 November 2021, 20:13 WIB
HYBE umumkan rilis web novel BTS, TXT dan ENHYPEN di Wattpad, penggemar langsung bereaksi di Twitter.

Terjemahan Lirik Lagu Blockbuster - ENHYPEN feat Yeonjun TXT

  • 12 Oktober 2021, 17:55 WIB
Lirik lagu Blockbuster - ENHYPEN ft Yeonjun TXT dan terjemahan, tentang seseorang yang hidup seperti dalam film blockbuster.

Terjemahan Lirik Lagu Tamed-Dashed - ENHYPEN, Ciptaan Bang Si Hyuk

  • 12 Oktober 2021, 16:59 WIB
Lirik lagu Tamed-Dashed - ENHYPEN dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. ENHYPEN comeback 12 Oktober 2021.

Program Mnet I-LAND 2 Dikritik Copycat Slogan TREASURE

  • 27 September 2021, 18:53 WIB
I-LAND 2, program Mnet dan HYBE tuai protes karena dianggap mengikuti slogan TREASURE dalam video promosi terbaru.

Kronologi 5 Member ENHYPEN Positif Covid-19 Saat Karantina Mandiri

  • 02 September 2021, 17:29 WIB
Kronologi 5 Member ENHYPEN Positif Covid-19 saat karantina mandiri dan mulai merasakan gejala demam dan batuk.

Lirik Lagu Hey Tayo - ENHYPEN dan Terjemahan, OST Little Bus Tayo

  • 29 Juli 2021, 17:57 WIB
Lirik lagu Hey Tayo - ENHYPEN dalam romanization hangul dan terjemahan bahasa Indonesia. OST kartun Little Bus Tayo versi remake.
The Latest
Squid Game, BTS, Parasite

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
NCT

Popularitas NCT Naik Signifikan, Laba SM Entertainment Naik?

  • 30 November 2021, 20:47 WIB
Jung Woo Sung dan Lee Jung Jae

Jung Woo Sung Positif Covid-19 Usai Kontak Erat sama Lee Jung Jae

  • 30 November 2021, 17:17 WIB
Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun

Termahal! Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun Dibayar Rp2,4 Miliar Per Episode

  • 30 November 2021, 16:57 WIB
Kai EXO - Peaches

Terjemahan Lirik Lagu Peaches - Kai EXO, Mirip Judul Justin Bieber

  • 30 November 2021, 16:41 WIB
INDEKS