Logo
BTS OT7
korea
BTS OT7
Photo: Twitter/@bts_bighit
BTS OT7

ZIGI – ARMY Coin muncul di situs jual beli mata uang kripto Singapura. Agensi BTS, HYBE Labels telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak berafiliasi dengan mata uang tersebut.

Karean ARMY Coin menggunakan foto serta nama BTS dan ARMY, HYBE akan melakukan penyelidikan lebih jauh, mengingat kedua nama tersebut memiliki hak cipta. Simak berita lengkapnya di bawah ini.

Nama BTS dan Army Dicatut Untuk Mata Uang Kripto

ARMY Coin
Photo : Facebook/Bitget
ARMY Coin

Foto BTS dan nama ARMY, sebutan untuk penggemar BTS, dimanfaatkan dalam mata uang kripto dengan nama ARMY Coin. Pada 28 Oktober 2021, HYBE Labels melaporkan bahwa mata uang kripto tersebut baru saja terdaftar di Bitget, tempat pertukaran uang kripto yang berbasis di Singapura.

Akan tetapi, baik BTS maupun HYBE Labels tidak punya afiliasi apa pun dengan mata uang kripto tersebut. Pencatutan nama dan foto BTS juga tanpa sepengetahuan dari BigHit Music. Untuk melindungi hak para member BTS sekaligus mencegah penipuan terhadap para penggemar, agensi memutuskan akan melakukan investigasi lebih jauh.

"Saat ini kami sedang menyelidiki pelanggaran hukum terkait kasus ARMY Coin, termasuk pelanggaran mata uang kripto yang menggunakan potret BTS tanpa izin maupun diskusi dengan agensi. Kami akan mengambil tindakan hukum terhadap semua pelanggaran hak cipta dan pelanggaran lainnya," tulis HYBE seperti dilansir dari Soompi pada Jumat, 29 Oktober 2021.

Penyelidikan lebih lanjut dari HYBE menemukan bahwa mata uang kripto ditawarkan dengan memberikan informasi palsu. Di beberapa grup chat, trader diiming-imingi dengan narasi seperti 'ARMY Coin dibuat untuk BTS', 'mata uang ini ada auntuk memaksimalkan keuntungan dari BTS'.

Agensi lantas meminta para penggemar untuk lebih hati-hati. Mereka yang sudah terlanjur mnenjadi korban juga diharapkan untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian, atau ke bagian investigasi agensi.

Facebook Bitget sempat mengiklankan ARMY Coin pada  25 Oktober 2021. Di situ tertulis bahwa mata uang ini ada untuk 'memastikan para member BTS tidak perlu khawatir tentang bertahan hidup, agar dapat melakukan apa pun yang para mereka mau.'

BTS Segera Miliki Merchandise Digital

BTS
Photo : Twitter/@bts_bighit
BTS

Di samping mengurus penipuan mata uang kripto tersebut, HYBLE Labels tengah mempersiapkan merchandise digital baru khusus BTS. Pada 27 Oktober, akun @moodoborahae, menulis hasil berita yang dihimpun dari Heralad Economu.

Dalam berita tersebut, disebutkan HYBE dan Dunamu, salah satu perusahaan mata uang kripto Upbit, sedang mendiskusikan pembelian saham senilai lebih 500 miliar Won atau setara dengan lebih dari Rp6 triliun. Perusahaan ini akan bekerja sama membuat BTS NFT (non-fungible token).

NFT adalah token yang bisa digunakan untuk membeli barang, seperti karya seni hingga album di toko digital. Cara kerjanya nyaris sama dengan kripto, namun NFT tidak bisa ditukarkan tapi tetap bisa diperjualbelikan.

Dengan menggunakan NFT misalnya, ARMY bisa membeli album BTS yang sudah disematkan NFT. Termasuk juga dengan barang-barang BTS lain secara lebih mudah.  

Hingga kini, Dunamu dan HYBE Labels belum mencapai kesepakatan apapun terkait penggunaan NFT tersebut.

Sementara itu ARMY Coin yang terlanjur diiklankan sedang dalam penyelidikan agensi lebih jauh. Perlu diketahui bahwa nama BTS dan juga A.R.M.Y sudah didaftarkan hak cipta, sehinggga penggunaan tanpa izin bisa masuk pidana.

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani

How does this article make you feel?

Recommended

Ngaku Pacar J-Hope, Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di LA

  • 02 Desember 2021, 17:54 WIB
Ayu Ting Ting dan anak nonton konser BTS Permission To Dance On Stage di LA, Bilqis adalah fans berat J-Hope BTS.

BTS Batal Hadiri MAMA 2021 Dampak Penyebaran Covid-19 Omricon

  • 02 Desember 2021, 14:20 WIB
BTS tidak akan menghadiri MAMA 2021 setelah pemerintah menetapkan peraturan karantina 10 hari bagi yang datang ke Korea Selatan.

25 YouTube Idol Kpop dengan Subscriber Terbanyak 2021, Blackpink No.1

  • 01 Desember 2021, 18:43 WIB
25 YouTube idol Kpop dengan subscriber terbanyak 2021 versi Forbes Korea. Ada BTS, Blackpink, NCT, IU, ITZY, TXT, dan lain-lain.

Kronologi Sasaeng Terjang Keamanan Konser BTS Permission To Dance

  • 01 Desember 2021, 12:34 WIB
Sasaeng BTS datang ke Konser BTS Permission To Dance dan menerjang kursi VIP dengan kamera besar. ARMY cemaskan keamanan konser.

3 Member BTS Dikabarkan Jual Saham HYBE Labels Rp130 Miliar

  • 01 Desember 2021, 09:17 WIB
Jin BTS, RM BTS, dan J-Hope BTS jual sebagian saham HYBE Labels yang mereka miliki senilai Rp130 Miliar.

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
New Southern Policy Forum ke-4 diadakan untuk membahas langkah jitu Korea mengenalkan Korean Wave lewat BTS, Parasite Hingga Squid
The Latest
aespa, Ryujin ITZY, Bambam GOT7

10 Foto Red Carpet AAA 2021, aespa Hadir Tanpa Karantina dari AS

  • 02 Desember 2021, 18:45 WIB
Choi Ye Na

Choi Ye Na Dirumorkan Terima 'Sponsor' dari CEO, Agensi Buka Suara

  • 02 Desember 2021, 18:09 WIB
Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS

Ngaku Pacar J-Hope, Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di LA

  • 02 Desember 2021, 17:54 WIB
Kim Yo Han

Spoiler School 2021 Episode 4, Gong Ki Joon Difitnah

  • 02 Desember 2021, 17:03 WIB
Album  Mino Winner To INFINITY

YG Pastikan Album Mino Winner - To INFINITY Ramah Lingkungan

  • 02 Desember 2021, 16:42 WIB
INDEKS