Logo
Kang Daniel
korea
Kang Daniel
Photo: Naver
Kang Daniel

ZIGI – Kang Daniel sempat melayangkan gugatan terhadap komunitas online DC Inside pada tahun 2019 silam. Mantan member Wanna One ini meminta agar platform itu ditutup lantaran menjadi sumber rumor dan komentar jahat yang juga mengarah kepada dirinya.

Sebelumnya, Kang Daniel mengaku sempat depresi karena cibiran yang dia terima melalui komunitas online tersebut khususnya di gallery Produce 101 Season 2. Bagaimana kelanjutan dari gugatan yang diajukan Kang Daniel berselang dua tahun? Berikut berita selengkapnya. 

Baca Juga: Kang Daniel Debut Akting di Drama Rookies, Jadi Anak Akpol

Kang Daniel Dinyatakan Kalah Atas Gugatan Pengapusan DC Inside

Kang Daniel
Photo : @daniel.k.here/Instagram
Kang Daniel

Pada 28 Oktober 2021 lalu, Divisi Penyelesaian Sipil 16 Pengadilan Distrik Seoul Korea Selatan memutuskan bahwa Kang Daniel telah kalah atas gugatan yang dia ajukan kepada komunitas online DC Inside gallery Produce 101 Season 2.

Hal ini merujuk kepada fakta bahwa DC Inside merupakan platform untuk kebebasan berekspresi yang mana dijunjung tinggi oleh Korea Selatan sebagai negara demokrasi. Sehingga gugatan yang dilayangkan Kang Daniel tak bisa diproses. 

“Interferensi berlebihan terhadap ekspresi yang diposting di internet dapat mengurangi kebebasan berekspresi,” ungkap pihak Pengadilan, dikutip dari Soompi pada Selasa, 2 November 2021.

Kronologi Awal Kang Daniel Nekat Layangkan Gugatan ke DC Inside

Kang Daniel
Photo : Instagram/@daniel.k.here
Kang Daniel

Sebelumnya, Kang Daniel telah menerima komentar yang kurang menyenangkan karena dianggap memanipulasi poling saat berpartisipasi dalam survival show Mnet, Produce 101 Season 2 (2017). Lalu pada 2019, pendiri KONNECT Entertainment ini mengajukan gugatan terhadap situs yang menyediakan platform untuk meninggalkan komentar negatif tersebut.

Kang Daniel mengajukan gugatan untuk penghapusan galeri DC Inside karena banyak netizen yang menyebarkan berita palsu, informasi pribadi, dan fitnah yang ditujukan kepadanya.

Pengadilan Pusat Distrik Seoul juga mengatakan, “Sulit untuk menyimpulkan bahwa satu-satunya jalan untuk mencegah pelanggaran privasi Kang Daniel adalah dengan menutup galeri online,”. 

Pengadilan juga menjelaskan bahwa dalam komunitas tersebut tidak ditemukan ujaran kebencian atau memfitnah Kang Daniel. Oleh karena itu, gugatan yang disampaikan oleh idol kelahiran 1996 tersebut kurang kuat.

Upaya DC Inside Terhadap Ujaran Kebencian di Komunitas Online

Kang Daniel
Photo : Naver
Kang Daniel

Pengadilan Distrik Seoul menjelaskan apabila DC Inside ikut andil dalam mengelola ruang berupa artikel yang diposting pada komunitas tersebut, bisa menyebabkan keterbatasam kebebasan berkekspresi.

“Bahkan jika DC Inside memiliki kewajiban untuk mengelola ruang posting online dengan benar, campur tangan yang berlebihan dengan artikel yang diposting di sana karena takut pencemaran nama baik dan kompensasi atas kerusakan pasti akan mengurangi kebebasan berekspresi,” ungkap Pengadilan Distrik Seoul.

Dalam kasus Kang Daniel, Pengadilan tidak menemukan bukti postingan di DC Inside yang memfitnah atau menghina Kang Daniel. 

“Tidak ada bukti bahwa sebagian besar postingan di papan buletin memfitnah atau menghina Kang Daniel. Tidaklah cukup untuk mengakui bahwa menutup papan buletin online adalah satu-satunya cara untuk mencegah pelanggaran terhadap Kang Daniel, dan tidak ada bukti untuk membuktikannya juga,” tutup pihak pengadilan. 

Brdasarkan keputusan Pengadilan Distrik Seoul, Kang Daniel tidak memiliki bukti yang kuat untuk menutup komunitas online DC Inside. Dengan ini, Kang Daniel resmi kalah melawan komunitas online DC Inside.

Baca Juga: 8 Acara, Film, Drama Korea Tayang di Disney+ Termasuk Snowdrop

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara

How does this article make you feel?

Recommended

Rencana Wanna One Reuni di MAMA 2021 Serta Rilis Album dan Konser

  • 03 November 2021, 12:19 WIB
CJ ENM mengabarkan Wanna One kemungkinan besar reuni di atas panggung MAMA 2021 serta rencana bikin album dan konser lagi.

Kang Daniel Debut Akting di Drama Rookies, Jadi Anak Akpol

  • 14 Oktober 2021, 21:10 WIB
Kang Daniel siap debut sebagai aktor di drama Rookies menjadi anak akpol. Daniel akui sempat khawatir dan ungkap persiapannya.

Profil dan Biodata Cheon Jun Hyeok 'LOUD': Keluarga, Umur, Hobi

  • 16 September 2021, 07:06 WIB
Profil dan biodata Cheon Jun Hyeok, member boyband terbaru P Nation jebolan acara survival LOUD disebut mirip Kang Daniel.

Yuju GFRIEND Gabung KONNECT Entertainment: Agensi Ini Menghormatiku

  • 01 September 2021, 14:01 WIB
Yuju GFRIEND resmi gabung KONNECT Entertainment, agensi Kang Daniel. Ungkap perasaan aman dan merasa dihormati.

Link Nonton Streaming Street Woman Fighter Episode 1 Sub Indo

  • 24 Agustus 2021, 19:38 WIB
Link nonton streaming Street Woman Fighter episode 1 subtitle Indonesia lewat situs legal. Taeyong NCT jadi salah satu juri.

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
New Southern Policy Forum ke-4 diadakan untuk membahas langkah jitu Korea mengenalkan Korean Wave lewat BTS, Parasite Hingga Squid
The Latest
Squid Game, BTS, Parasite

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
NCT

Popularitas NCT Naik Signifikan, Laba SM Entertainment Naik?

  • 30 November 2021, 20:47 WIB
Jung Woo Sung dan Lee Jung Jae

Jung Woo Sung Positif Covid-19 Usai Kontak Erat sama Lee Jung Jae

  • 30 November 2021, 17:17 WIB
Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun

Termahal! Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun Dibayar Rp2,4 Miliar Per Episode

  • 30 November 2021, 16:57 WIB
Kai EXO - Peaches

Terjemahan Lirik Lagu Peaches - Kai EXO, Mirip Judul Justin Bieber

  • 30 November 2021, 16:41 WIB
INDEKS