#HYBESpeakUp Trending di Twitter, Fans GFRIEND Tuntut Kejelasan - Korea ZIGI.ID
Logo
GFRIEND
korea
GFRIEND
Photo: Berbagai Sumber
GFRIEND

ZIGI – Kisruh keluarnya GFRIEND dari Source Music, salah satu agensi hiburan yang telah diakuisisi HYBE Corporation masih berlanjut. Kini, para penggemar melayangkan protes kepada perusahaan yang digawangi oleh Bang Si Hyuk tersebut dengan menyemarakkan tagar #HYBESpeakUp di media sosial.

Pada Rabu, 30 Juni 2021, tagar #HYBESpeakUp memuncaki daftar trending di Twitter. Ternyata, ini merupakan bentuk protes BUDDY, sebutan nama fandom untuk GFRIEND, karena HYBE belum buka suara terkait hengkangnya GFRIEND dari Source Music. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak artikel berikut ini.

Keluarnya GFRIEND dari Source Music Masih Ambigu

image
Photo : Source Music

Keenam member GFRIEND antara lain Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Source Music. Agensi tersebut telah menaungi grup selama enam tahun terakhir sejak debut pada 2015.

Per 22 Mei 2021, GFRIEND secara resmi keluar dari Source Music. Namun grup tidak dibubarkan. Hanya saja nama GFRIEND sudah dipatenkan oleh Source Music. Sehingga apabila keenam member ingin berpromosi bersama lagi, nama GFRIEND tidak bisa digunakan.

Pengembalian Dana BUDDY Membership di Weverse Jadi Masalah


Source: Koreaboo

Akhirnya Source Music dengan berhati-hati mengembalikan dana dari sisa periode BUDDY membership karena GFRIEND sudah resmi keluar dari agensi. 

Sebagai informasi, BUDDY membership merupakan sebuah aktivitasi langganan di mana para penggemar yang membeli membership bisa menikmati konten ekslusif. Biasanya, membership ini dibuka setiap satu tahun sekali dan secara rutin diperbaharui. Baru berjalan beberapa bulan, kini BUDDY membership tidak bisa lagi dipakai karena GFRIEND sudah keluar dari agensi.

Pengembalian dana lantas diberikan sesuai pedoman pengembalian uang Weverse membership. Namun, baru-baru ini Source Music secara tidak sengaja mengungkap informasi pribadi pelanggan dengan secara keliru membiarkan hasil formulir pengembalian uang mereka terbuka untuk umum.

Setelah pemutusan kontrak GFRIEND, penggemar meminta pengembalian dana Buddy membership dalam bentuk uang tunai, bukan poin yang ditambahkan ke akun Weverse masing-masing. 

Tagar #HYBESpeakUp Trending di Twitter


Source: Koreaboo

Per Rabu, 30 Juni 2021, BUDDY seluruh dunia melakukan aksi protes dengan menyemarakkan tagar #HYBESpeakUp, dengan harapan HYBE dan Source Music segera mengeluarkan pernyataan resmi terkait membership. 

Selain itu, tujuan protest ini dilakukan juga untuk mendapat pernyataan yang jujur dan sedetail mungkin mengenai kontrak GFRIEND. Banyak yang berspekulasi bahwa HYBE dan Source Music melakukan pelanggaran terhadap Undang-undang E-Commerce Act dan Data Privacy Act. Memang saat pemutusan kontrak GFRIEND yang mendadak itu, tidak sedikit yang merasa ada kejanggalan. 

Sementara itu, tagar #HYBESpeakUp akan terus ditrendingkan di Twitter hingga 4 Juli 2021 mendatang. Kini, GFRIEND telah resmi keluar dari Source Music. Keenam member menjalani aktivitas masing-masing dengan berkarier solo. Terbaru, Yerin GFRIEND resmi gabung di agensi Sublime Artist Agency.

  • Editor: Yasmin Karnita
Recommended

Sowon eks GFRIEND Hengkang dari IOK Company Meski Baru Setahun Gabung

  • 31 Agustus 2022, 08:58 WIB
Sowon eks GFRIEND dikabarkan keluar dari agensi IOK Company, meski baru bergabung pada awal Agustus 2021.

Source Music Gagal Patenkan Nama GFRIEND, Grup Bisa Comeback?

  • 25 Juli 2022, 11:46 WIB
Pengajuan Source Music untuk hak merek dagang nama GFRIEND ditolak KIPRIS. GFRIEND bisa kembali promosi sebagai grup.

3 Fakta Kim Garam Resmi Keluar dari LE SSERAFIM dan Source Music

  • 20 Juli 2022, 09:00 WIB
Kim Garam keluar dari LE SSERAFIM dan kontraknya dengan Source Music dan HYBE dihentikan. Grup berpromosi dengan 5 member.

Grup BTS Hiatus, HYBE Fokus Kembangkan Weverse dan NFT

  • 28 Juni 2022, 10:34 WIB
Setelah hiatus BTS, HYBE tengah memfokuskan bisnis perusahaannya dalam pengembangan platform Weverse dan NFT.

Jungkook BTS Selamatkan Harga Saham HYBE dengan Cara Ini

  • 17 Juni 2022, 10:55 WIB
Sempat anjlok, harga saham HYBE naik drastis usai Jungkook BTS lakukan siaran langsung di VLIVE dan klarifikasi BTS hiatus.

CEO HYBE Label Bantah BTS Bubar, V Bersiap Solo dengan Komposer

  • 16 Juni 2022, 09:10 WIB
CEO HYBE Label Park Jiwon membantah BTS bubar dan menegaskan setiap member telah merencanakan kegiatan individu.
The Latest
Minne (G)I-DLE

Status Instagram Minnie (G)I-DLE Usai MMA 2022 Tuai Pro Kontra

  • 27 November 2022, 11:52 WIB
Under the Queens Umbrella

Nonton Under The Queen's Umbrella Episode 13, Seongnam-Chungha Baikan?

  • 26 November 2022, 18:30 WIB
Reborn Rich

Nonton Reborn Rich Episode 4 Sub Indo, Seo Min Young Diberi Kejutan

  • 25 November 2022, 18:33 WIB
Chuu Loona

Kronologi Chuu LOONA Resmi Dikeluarkan dari Grup

  • 25 November 2022, 16:59 WIB
43rd Blue Dragon Film Awards 2022

Nominasi dan Link Nonton Streaming 43rd Blue Dragon Film Awards 2022

  • 25 November 2022, 11:30 WIB
INDEKS