Logo
Cristiano ronaldo dan BTS
korea
Gaji BTS dan Cristiano Ronaldo Siapa Lebih Kaya?
Photo: Berbagai sumber

ZIGI – Aksi Cristiano Rolando menggeser botol Coca-cola saat konferensi pers Piala Eropa 2020 masih ramai diperbincangkan. Bahkan di TikTok kini viral video membandingkan gaji BTS dan gaji Cristiano Ronaldo

Diketahui, BTS selama ini menjadi bintang iklan Coca-cola. Sementara Cristiano Ronaldo justru membuat saham minuman bersoda itu anjlok senilai Rp57 triliun.

Berapa gaji Cristiano Ronaldo dibandingkan dengan BTS? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Video BTS dan Cristiano Ronaldo Dibandingkan

Photo : TikTok

Akun TikTok bernama @kenapaharusmain_ff membuat video membandingkan Cristiano Ronaldo dengan boyband BTS asal Korea Selatan. Salah satu videonya viral dan sudah ditonton sebanyak 3,2 juta kali.

Dalam video tersebut, ia memperlihatkan penghasilan Cristiano Ronaldo per detik hingga per tahun. Total penghasilan Ronaldo dalam 1 tahun senilai Rp502 miliar, maka dalam satu jam pesepakbola Portugal ini menghasilkan Rp57 juta.

Akun tersebut membandingkan dengan jumlah penonton musik video lagu BTS berjudul Butter yang ditonton 23 juta kali dalam 1 jam. Ia juga menuliskan keterangan ‘Squad vs Solo’, mengingatkan jumlah anggota BTS yang tujuh orang.

Hingga berita ini ditulis, hampir 6000 komentar pro dan kontra menanggapi perbandingan yang tidak relevan dalam konten video tersebut. 

Berapa Gaji BTS?

Photo : CJ ENM

Tentunya tidak adil bila membandingkan gaji Cristiano Ronaldo dengan jumlah penonton YouTube BTS. Lantas berapa gaji BTS?

Dilansir dari Seoul Space, masing-masing anggota BTS diketahui memiliki penghasilan tetap per tahun senilai US$16 juta (Rp231 miliar) dari gaji pokok dan kepemilikian saham HYBE. Sementara perkiraan total penghasilan mereka bisa dihitung dari laporan pajak yang dibayar, penjualan tiket konser dan album. 

Berdasarkan laporan Forbes, BTS merupakan idol group dengan bayaran termahal di tahun 2019. Musisi di bawah agensi HYBE Labels ini menghasilkan pendapatan kotor senilai US$170 juta atau setara Rp2,4 triliun.

Sebanyak US$117 juta dari nilai tersebut didapat dari penjualan tiket konser BTS World Tour Love Yourself: Speak Yourself yang digelar di 20 wilayah. Angka di atas belum termasuk penjualan album maupun endorsement iklan.

Berapa Gaji Cristiano Ronaldo?

Photo : LBC.co.uk

Sementara Cristiano Ronaldo berada di urutan kedua setelah Lionel Messi sebagai atlet sepakbola dengan bayaran kontrak termahal di tahun 2019. Meski begitu, Cristiano Ronaldo mengalahkan Messi sebagai atlet sepakbola pertama yang mencapai penghasilan US$1 miliar atau setara Rp14 triliun.

Forbes mencatat lebih dari setengah penghasilan Cristiano Ronaldo didapat dari nilai kontrak klub sepanjang kariernya. Adapun kontrak Ronaldo di klub saat ini, Juventus, bernilai Rp1,9 triliun selama empat tahun sampai 2022.

Sumber kekayaan Cristiano Ronaldo juga berasal dari nilai endorsement yang diperkirakan mencapai US$45 juta per tahun atau Rp652 miliar. Ayah empat anak ini memiliki kontrak seumur hidup dengan Nike, yang membayarnya senilai US$20 juta atau Rp289 miliar per tahun.

Siapa Member BTS Terkaya?

Photo : Bighit Entertainment

Masing-masing anggota BTS juga mendapatkan penghasilan yang berbeda-beda. Sebab RM, Suga, J-Hope, Jin, Jimin, V dan Jungkook memiliki aktivitas individu. Sejauh ini, member terkaya BTS diduga antara J-Hope dan Suga.

Penghasilan tahunan J-Hope diperkirakan senilai US$24 juta hingga US$26 juta atau setara Rp342 miliar hingga Rp376 miliar. Sementara member BTS dengan penghasilan terkecil diperkirakan adalah Jin BTS dengan penghasilan US$18 juta (Rp260 miliar).

Nominal di atas adalah sebelum saham agensi BTS, HYBE dilepas ke publik (IPO) pada Oktober 2020. Hal ini tentu membuat penghasilan ketujuh member BTS meningkat. 

Baca juga: Total Kekayaan BTS di Tahun 2021 dari Konser hingga Saham HYBE

Kesimpulan

Photo : Berbagai Sumber

Kesimpulannya, gaji dasar Cristiano Ronaldo dan satu anggota BTS per tahun memang lebih besar. Hal ini dilihat dari nilai kontrak 4 tahun di Juventus senilai Rp1,9 triliun atau Rp502 miliar per tahun. Sementara gaji dasar satu anggota BTS senilai US$16 juta atau Rp231,8 miliar per tahun.

Namun sumber penghasilan anggota BTS bisa lebih besar dari Cristiano Ronaldo dari komisi penjualan tiket konser, album, royalti lagu hingga endorsement iklan. Salah satu contohnya kolaborasi BTS dengan McDonald’s yang menghebohkan di 2021. Bagaimana menurutmu?

  • Editor: Maria Margaretha

How does this article make you feel?

Recommended
BTS - McDonald's

BTS Meal Naikkan Laba McDonald's Jadi Rp32 Triliun, Lewati Prediksi

  • 29 Juli 2021, 09:50 WIB
BTS berhasil menaikkan pendapatan McDonald's mencapai Rp32 Triliun bahkan sampai melewati prediksi Wall Street.
BTS OT7

Lagu Butter BTS Geser Permission to Dance di Billboard Hot 100

  • 27 Juli 2021, 09:23 WIB
Lagu Butter milik BTS kembali menduduki peringkat No. 1 di chart Billboard Hot 100, gantikan Permission to Dance.
Jungkook BTS

20 Arti Tato Jungkook BTS, Mata Satu Diduga Terinspirasi dari Lagu

  • 23 Juli 2021, 12:32 WIB
Berikut ini arti-arti dari tato Jungkook BTS, gambar mata satu diduga terinspirasi dari lagunya berjudul Your Eyes Tell.
BTS - Monster in My Pocket

Butter - BTS Disebut Plagiat Game Nintendo, Pemilik Lagu Buka Suara

  • 22 Juli 2021, 09:45 WIB
Lagu Butter BTS dituduh plagiat soundtrack game Nintendo. Pemilik lagu buka suara dan membantah tuduhan plagiarisme.
BTS

5 Fakta Penugasan BTS dari Presiden di Sidang Umum PBB 2021

  • 21 Juli 2021, 18:58 WIB
Berikut ini 5 fakta soal penugasan BTS oleh Presiden Korea Selatan untuk mewakili negaranya dalam Sidang Umum PBB ke-75.
Suga BTS

Profil dan Biodata Suga BTS: Agama Hingga Total Kekayaan di 2021

  • 21 Juli 2021, 16:41 WIB
Berikut profil dan biodata Suga BTS lengkap dengan agama, keluarga hingga total kekayaannya di tahun 2021.
The Latest
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
The Penthouse 3

Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 8 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 18:35 WIB
NCT U

Fakta Lirik Lagu From Home - NCT U Lengkap Terjemahan

  • 30 Juli 2021, 18:05 WIB
Blue Birthday

Link Nonton Streaming Blue Birthday Episode 3 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 16:58 WIB
Park Seo Joon

Biodata dan Agama Park Seo Joon, Pemeran Film Captain Marvel 2

  • 30 Juli 2021, 16:21 WIB
INDEKS