Fans Tzuyu TWICE Juga Kena Dampak Aturan Baru Pemerintah China - Korea ZIGI.ID
Logo
Tzuyu twice
korea
Tzuyu twice
Photo: Ig/@twicetagram
Tzuyu twice

ZIGI – Menyusul kontroversi kasus Kris Wu, pemerintah China tetapkan pengawasan ketat terhadap kegiatan idol yang bekerja di China, termasuk para penggemarnya. Aturan baru dibuat untuk mencegah adanya pemujaan berlebih terhadap idol seperti pembelaan yang dilakukan penggemar ketika Kris terjerat kasus pemerkosaan.

Tindakan pengawasan dilakukan di bawah komando Cyberspace Administration of China (CAC). Salah satu idol yang sudah mengalami pengetatan aturan ini adalah Tzuyu TWICE. Klub penggemarnya di China diminta untuk mengganti nama karena tidak sesuai dengan aturan dari CAC. Simak berita selengkapnya di bawah ini!

Fanclub Tzuyu Dipaksa Ubah Nama

image
Photo : Yt/sbs

Dilansir Zigi dari Allkpop, pada 1 September 2021 SBS menurunkan berita tentang Fanclub Tzuyu di China. Laporan tersebut menyebutkan bahwa kelompok penggemar tersebut diminta oleh Weibo untuk mengubah nama TZUYUbar karena tidak sesuai ketentuan. 

Dalam postingan yang sudah dihapus, klub penggemar tersebut mengatakan bahwa pihak otoritas meminta mereka untuk mengganti nama dalam dua minggu. Klub dengan jumlah member 230,000 orang tersebut dianggap bermasalah karena menggunakan kata 'bar'. 

Penggunaan kata tersebut dianggap tidak sesuai aturan oleh pihak CAC. Meskipun begitu pihak berwenang tidak memberikan kejelasan lebih lanjut mengapa kata 'bar' harus dihilangkan. Saat ini CAC memang diminta oleh Pemerintah China untuk fokus memperkuat manajemen fandom yang dianggap tidak tertib. 

Sebagai informasi tambahan, CAC merupakan lembaga yang mengatur, mengawasi, dan juga menyensor konten yang beredar di internet. Untuk pengawasan idol, CAC menyatakan, "perilaku irasional para penggemar idol telah merusak lingkungan internet. Kamu akan mulai memperketat peraturan."

Reaksi Netizen atas Kebijakan Pemerintah China

image
Photo : Yt/sbs

CAC memiliki 10 tindakan yang digunakan untuk memperkuat manajemen fandom yang tidak disiplin Lebih lanjut aturan ini akan melarang rilis peringkat popularitas artis maupun idol, larangan anak di bawah umur membelanjakan uang untuk idol, larangan klub penggemar untuk mengumpat dan menyebarkan rumor palsu. Setiap platfrom yang tidak mengelola fandom dengan benar akan mendapatkan hukuman. 

Beberapa penggemar bersikap pro dan kontra, misalnya kebijakan pelarangan menyebarkan rumor maupun desas-desus palsu dianggap sebagai langah yang baik. Namun melakukan sensor terhadap aktivitas idol maupun penggemarnya banyak dikritik. Mengenai kebijakan yang diterapkan kepada fandom Tzuyu, beberapa netizen berkomentar lebih lanjut:

"Ya Tuhan, Pemerintah Cina benar-benar berisik dan melelahkan," tulis salah satu netizen menanggapi berita tersebut. 
"Aku tidak percaya pemerintah Cina meributkan nama fandom juga," komentar yang lainnya.
"Tolong tinggalkan Tzuyu sendiri," sambung netizen. 
"Apakah Pemerintah Cina sedang bosan?" kata netizen berbeda. 
Saat ini baik pihak Tzuyu maupun Twice belum memberikan tanggapan apa pun terkait kebijakan yang diterapkan. 

Selain fanclub Tzuyu TWICE, baru-baru ini fanclub Lisa Blackpink yakni LISA bar juga diminta melakukan hal yang sama. Akibatnya, rencana pembelian album solo LALISA yang sudah disiapkan selama ini mengalami kendala.

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

8 Grup K-pop Selesai Kontrak di Tahun 2022, TWICE - Monsta X

  • 15 Mei 2022, 08:02 WIB
Grup K-pop ini akan segera membahas kontrak eksklusif untuk memutuskan apakah akan tetap di agensi yang sama atau tidak.

Ramai Protes Tzuyu TWICE Hilang di Pembuatan Video DVD TWICE4

  • 18 Maret 2022, 15:28 WIB
Penggemar dikejutkan dengan absennya Tzuyu TWICE dalam intro video making DVD TWICE4, JYP Entertainment dituding tidak hati-hati.

Dituding Rekayasa Skandal Kris Wu, Du Meizhu Laporkan Penuduh

  • 17 Maret 2022, 09:26 WIB
Du Meizhu akan melaporkan dua temannya yang menyebarkan rekaman suara telah di-edit terkait skandal Kris Wu yang masih bergulir.

Viral Rekaman Du Meizhu di Weibo, Kris Wu Diduga Tak Bersalah

  • 06 Maret 2022, 13:42 WIB
Rekaman suara Du Meizhu yang diduga membuktikan Kris Wu tidak bersalah atas dugaan pemerkosaan dan pelecehan viral di Weibo.

Tao eks EXO Diduga Sindir Kris Wu yang Sedang di Penjara

  • 15 Februari 2022, 11:35 WIB
Tao eks EXO diduga sindir Kris Wu yang sedang di penjara, dalam live streaming pada 14 Februari 2022.

Alasan TWICE Batalkan Seluruh Aktivitas Promosi di Amerika Serikat

  • 15 Februari 2022, 09:55 WIB
JYP Entertainment umumkan seluruh aktivitas promosi TWICE selama di Amerika Serikat dibatalkan, konser tur dunia tetap berjalan.
The Latest
Jiho eks Oh My Girl

Profil dan Biodata Jiho eks Oh My Girl: Sekolah, Agama, Pacar, Akun IG

  • 19 Mei 2022, 15:38 WIB
Transformasi Kim Sae Ron

10 Potret Transformasi Kim Sae Ron dari Tahun 2000 hingga Sekarang

  • 19 Mei 2022, 13:55 WIB
Kim Shin Young dan Jiho eks Oh My Girl

6 Teori Jiho eks Oh My Girl dan Kim Shin Young Pacaran Sesama Jenis

  • 19 Mei 2022, 13:54 WIB
NCT Dream

Potret NCT Dream Berangkat ke Indonesia untuk Allo Bank Festival 2022

  • 19 Mei 2022, 11:25 WIB
Kim Sae Ron

Kim Sae Ron Diduga Tak Sendirian Saat Kecelakaan, Ada Artis Pria?

  • 19 Mei 2022, 09:33 WIB
INDEKS