ZIGI – LOONA tengah diterpa masalah dengan agensinya sendiri, Blockberry Creative. Untuk membantu para member, fans langsung membuat gerakan pemboikotan seluruh konten dan merchandise.
Hasil boikot ini menunjukan penjualan album 0 – LOONA yang bakalan dirilis pada 3 Januari 2022 terjun hingga 98 persen. Simak kronologi lengkapnya di bawah ini.
Baca juga: Kronologi Chuu Loona Ajukan Penangguhan Kontrak ke Agensi
Fans LOONA Sepakat Boikot Blockberry Creative Untuk Selamatkan Member

Fanbase @unionloona mengumumkan pemboikotan comeback LOONA untuk memutus pemasukan kepada Blockberry Creative. Fans menggaungkan boikot tersebut pada 8 Desember 2022.
”Tujuan pemboikotan adalah bentuk protest terhadap perlakuan buruk Blockberry Creative kepada LOONA, kemudian sebagai bentuk solidaritas kepada member, dan menunjukan dampak buruk bisnis jika bekerja sama dengan Blockberry,” tulis Union LOONA, dikutip Zigi.id pada Jumat, 16 Desember 2022.
Pemboikotan ini akan terus berlanjut sampai Blockberry melakukan klarifikasi mengenai tuduhan terhadap Chuu LOONA, ”dengan diiringi permintaan maaf karena sudah berlaku sewenang-wenang, dan memberikan pilihan terkait kontrak kepada member LOONA jika mereka menginginkannya.”
Boikot ini diterapkan untuk pembelian merchandise, album, iklan yang memperlihatkan LOONA, lantas penolakan untuk datang ke acara berbayar LOONA, berhenti menonton konten yang dikeluarkan oleh Blockberry (termasuk lagu dan music videos), dan terakhir adalah berhenti mengikuti akun agensi.
”Poin utama pemboikotan dari LOONA Union adalah memberikan dukungan penuh kepada member dan membiarkan mereka memilih. Kami minta maaf jika ada salah paham dengan pernyataan pertama mengenai rencana boikot,” lanjut fanbase tersebut sembari meyakinkan bahwa gerakan ini sama sekali tidak mengikat penggemar.
Orbits, sebutan untuk fans LOONA, menyetujui gerakan ini. Apalagi sudah banyak member yang tidak setuju tentang tuduhan Blockberry Creative kepada Chuu beberapa waktu yang lalu. Chuu disebut memperlakukan staf dengan buruk dan bertingkah tak baik selama di agensi.
Pemasukan Album LOONA Turun 98%

Dalam boikot tersebut tidak disebutkan anjuran untuk berhenti mengikuti akun resmi LOONA. Namun dari pantauan Allkpop, seperti dikutip pada Jumat 16 Desember 2022, grup ini sudah kehilangan banyak pengikutnya.
Pada Rabu, 14 Desember 2022, preorder untuk album terbaru O di Ktown4u hanya mencapai 93 eksemplar saja. Angka tersebut jauh lebih sedikit dari album Flip That yang dipesan sekitar 5098 kopi. Artinya ada penurunan preorder drastis hingga 98 persen.
Sementara itu, toko Kpop baik online maupun offline juga menunjukan solidaritas terhadap LOONA. Banyak yang memilih untuk tidak menyediakan stok album terbaru O.
”Jika kalian ragu dengan ide boikot ini, ingatlah bahwa HaSeul LOONA mengatakan mereka sama sekali tidak menerima bayaran,” kata salah satu penggemar.
“Comeback kali ini seperti buru-buru, seakan agensi hanya ingin mengeruk keuntungan terakhir dari para member,” tutur yang lain.
”Aku pikir ini pertama kalinya dalam sejarah K-pop boikot berhasil dilakukan. Turun penjualan 98% benar-benar gila,” tanggapan salah satu Orbits mengenaigerakan ini.
Boikot LOONA ini akan terus dilakukan hingga Blockberry Creative memberikan pernyataan resmi dan memberikan pilihan kepada member mengenai kontrak mereka.
Baca juga: Profil dan Biodata Chuu LOONA: Agama, Umur, Nama Asli, Isu Keluar Grup
- Editor: Erika Rizqi Rachmani