Fans LOONA Sukses Boikot Comeback, Penjualan Album Turun 98 Persen - Korea ZIGI.ID
Logo
LOONA
korea
LOONA
Photo: Instagran @loonatheworld
LOONA

ZIGI – LOONA tengah diterpa masalah dengan agensinya sendiri, Blockberry Creative. Untuk membantu para member, fans langsung membuat gerakan pemboikotan seluruh konten dan merchandise. 

Hasil boikot ini menunjukan penjualan album 0 – LOONA yang bakalan dirilis pada 3 Januari 2022 terjun hingga 98 persen. Simak kronologi lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Kronologi Chuu Loona Ajukan Penangguhan Kontrak ke Agensi

Fans LOONA Sepakat Boikot Blockberry Creative Untuk Selamatkan Member

Fans LOONA boikot Blockberry Creative
Photo : Twitter @unionloona
Fans LOONA boikot Blockberry Creative

Fanbase @unionloona mengumumkan pemboikotan comeback LOONA untuk memutus pemasukan kepada Blockberry Creative. Fans menggaungkan boikot tersebut pada 8 Desember 2022. 

”Tujuan pemboikotan adalah bentuk protest terhadap perlakuan buruk Blockberry Creative kepada LOONA, kemudian sebagai bentuk solidaritas kepada member, dan menunjukan dampak buruk bisnis jika bekerja sama dengan Blockberry,” tulis Union LOONA, dikutip Zigi.id pada Jumat, 16 Desember 2022.

Pemboikotan ini akan terus berlanjut sampai Blockberry melakukan klarifikasi mengenai tuduhan terhadap Chuu LOONA”dengan diiringi permintaan maaf karena sudah berlaku sewenang-wenang, dan memberikan pilihan terkait kontrak kepada member LOONA jika mereka menginginkannya.”

Boikot ini diterapkan untuk pembelian merchandise, album, iklan yang memperlihatkan LOONA, lantas penolakan untuk datang ke acara berbayar LOONA, berhenti menonton konten yang dikeluarkan oleh Blockberry (termasuk lagu dan music videos), dan terakhir adalah berhenti mengikuti akun agensi. 

”Poin utama pemboikotan dari LOONA Union adalah memberikan dukungan penuh kepada member dan membiarkan mereka memilih. Kami minta maaf jika ada salah paham dengan pernyataan pertama mengenai rencana boikot,” lanjut fanbase tersebut sembari meyakinkan bahwa gerakan ini sama sekali tidak mengikat penggemar.

Orbits, sebutan untuk fans LOONA, menyetujui gerakan ini. Apalagi sudah banyak member yang tidak setuju tentang tuduhan Blockberry Creative kepada Chuu beberapa waktu yang lalu. Chuu disebut memperlakukan staf dengan buruk dan bertingkah tak baik selama di agensi.

Pemasukan Album LOONA Turun 98%

Preorder album LOONA berjudul 0
Photo : Berbagai sumber
Preorder album LOONA berjudul 0

Dalam boikot tersebut tidak disebutkan anjuran untuk berhenti mengikuti akun resmi LOONA. Namun dari pantauan Allkpop, seperti dikutip pada Jumat 16 Desember 2022, grup ini sudah kehilangan banyak pengikutnya. 

Pada Rabu, 14 Desember 2022, preorder untuk album terbaru di Ktown4u hanya mencapai 93 eksemplar saja. Angka tersebut jauh lebih sedikit dari album Flip That yang dipesan sekitar 5098 kopi. Artinya ada penurunan preorder drastis hingga 98 persen.

Sementara itu, toko Kpop baik online maupun offline juga menunjukan solidaritas terhadap LOONA. Banyak yang memilih untuk tidak menyediakan stok album terbaru O. 

Jika kalian ragu dengan ide boikot ini, ingatlah bahwa HaSeul LOONA mengatakan mereka sama sekali tidak menerima bayaran,” kata salah satu penggemar.
“Comeback kali ini seperti buru-buru, seakan agensi hanya ingin mengeruk keuntungan terakhir dari para member,” tutur yang lain.
”Aku pikir ini pertama kalinya dalam sejarah K-pop boikot berhasil dilakukan. Turun penjualan 98% benar-benar gila,” tanggapan salah satu Orbits mengenaigerakan ini.

Boikot LOONA ini akan terus dilakukan hingga Blockberry Creative memberikan pernyataan resmi dan memberikan pilihan kepada member mengenai kontrak mereka.

Baca juga: Profil dan Biodata Chuu LOONA: Agama, Umur, Nama Asli, Isu Keluar Grup

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Usai Chuu, Keempat Member LOONA Terancam Diboikot Blockberry Creative

  • 02 Februari 2023, 12:13 WIB
Blockberry Creative ajukan petisi untuk melawan HeeJin, JinSoul, Choerry, dan Kim Lip LOONA usai menangkan gugatan akhiri kontrak.

13 Idol Kpop Keluar dari Grup Tahun 2022, Ada Bang Yedam eks TREASURE

  • 25 Desember 2022, 08:00 WIB
Deretan Idol Kpop keluar dari grup sepanjang tahun 2022, paling banyak YG Entertainment dan HYBE Labels.

3 Fakta Comeback LOONA Ditunda hingga Waktu Tak Ditentukan

  • 22 Desember 2022, 12:08 WIB
Dampak pemboikotan fans, Blockberry Creative tunda comeback LOONA untuk batas waktu yang tak ditentukan hingga bahas gaji member.

Dispatch Bongkar Masalah Chuu eks LOONA dan Blockberry Creative

  • 20 Desember 2022, 10:53 WIB
Dispatch mengeluarkan laporannya terkait konflik antara Chuu dan agensi LOONA Blockberry Creative, kontrak individu jadi sorotan.

Agensi Jelaskan Soal Hyunjin LOONA Absen Acara Usai Bela Chuu

  • 28 November 2022, 13:19 WIB
Hyunjin LOONA diduga absen acara FIFA Qatar World Cup Preview Show usai bela Chuu yang keluar dari grup, agensi buka suara.

Kronologi Chuu LOONA Resmi Dikeluarkan dari Grup

  • 25 November 2022, 16:59 WIB
Agensi Blockberry Creative umumkan bahwa Chuu LOONA resmi dikeluarkan dari grup pada Jumat, 25 November 2022.
The Latest
Lee Soo Man

Lee Soo Man akan Gugat SM Entertainment karena Langgar Praktik Bisnis

  • 08 Februari 2023, 09:13 WIB
Lee Seung Gi, Lee Da In

Agensi Bantah Lee Seung Gi Menikahi Lee Da In karena Hamil

  • 08 Februari 2023, 09:01 WIB
Our Blooming Youth

Nonton Our Blooming Youth Episode 2 Sub Indo, Misteri Hantu

  • 07 Februari 2023, 18:30 WIB
Lee Da In

5 Rekomendasi Drama Lee Da In, Ada Hwarang hingga Alice

  • 07 Februari 2023, 16:50 WIB
Lee Seung Gi dan Lee Da In akan menikah

3 Fakta Lee Seung Gi dan Lee Da In akan Menikah April 2023

  • 07 Februari 2023, 14:05 WIB
INDEKS