ZIGI – Leader dari kru dance WAYB, Noze tengah terseret kontroversi yang berhubungan dengan postingan endorsement di akun Instagram pribadinya @nozeworld. Mantan kontestan Street Woman Fighter ini dituding tidak menghargai brand kecil.
Pasalnya, Noze ketahuan menghapus beberapa postingan kerja sama dari akun Instagram pribadinya. Berikut kronologi selengkapnya.
Baca Juga: Bayaran Iklan Noze WayB Naik Rp1,7 M Berkat Street Woman Fighter
Profesionalitas Noze Sebagai Influencer Dipertanyakan

Sebuah laporan eksklusif dari outlet media Wikitree pada 4 Juli 2022, menuding Noze telah menghapus beberapa postingan Instagram yang disponsori oleh brand-brand yang belum terkenal.
Akhirnya, mantan back dancer Kai EXO itu dihujani kritikan karena dianggap tidak profesional dalam melakukan kerja sama khususnya ketika dia berstatus sebagai influencer atau KOL (Key Opinion Leader).
Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Noze menerima penghasilan yang bervariasi dari hasil kerja samanya dengan brand-brand bersangkutan. Antara 30 juta won hingga 50 juta won (Rp346 juta - Rp577 juta) per postingan sekitar 1-3 foto yang seharusnya dipertahankan di feed Instagram selama 3-6 bulan.
Beberapa Brand Kecewa dengan Kinerja Noze

Brand pertama (A) menuduh Noze tidak mengunggah foto endorsement sesuai tanggal yang telah didiskusikan. Butuh waktu hingga berbulan-bulan sampai wanita kelahiran 1996 itu menuntaskan kewajibannya.
Selain itu, pihak A juga merasa kecewa karena Noze langsung menghapus foto tersebut tak lama setelah diunggah. Hal serupa juga dialami brand kedua (B), menyatakan jika Noze menghapus foto endorsement dari pihak mereka.
- Editor: Yasmin Karnita