Drama The Penthouse 3 Dikecam, Dinilai Iklankan Produk Berlebihan - Korea ZIGI.ID
Logo
The Penthouse 3
korea
The Penthouse 3
Photo: Berbagai Sumber
The Penthouse 3

ZIGI – Usai isu perampasan budaya akibat penampilan karakter Park Eun Seok, drama The Penthouse 3 kembali menuai kritikan. Kali ini, tontonan garapan SBS itu dikecam karena melakukan PPL (product placement) atau penempatan produk untuk keperluan iklan yang dinilai berlebihan. Hal tersebut memang menjadi kontroversi di Korea Selatan. 

Sebelumnya, dua drama Korea populer seperti True Beauty (2020) dan Vincenzo (2021) sempat distorot karena menampilkan produk asal Tiongkok. Pada akhirnya, tim produksi merilis permintaan maaf. Lantas apa yang menjadi masalah dalam drama The Penthouse 3 yang baru saja menayangkan dua episode perdana? Yuk baca artikelnya di bawah ini. 

Drama The Penthouse 3 Tampilkan Produk Iklan Dinilai Berlebihan


Source: Koreaboo

Dilansir dari laman Koreaboo pada Rabu, 16 Juni 2021, drama The Penthouse 3 dinilai menampilkan terlalu banyak produk iklan yang mungkin tidak disadari oleh para penonton.

Dalam episode kedua, ada sebuah adegan ketika Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) datang ke sebuah kafe bernama COFFEE BAY. Kemudian, dia menikmati makanan bingsoo (es serut) bersama putrinya, Ha Eun Byeol (Choi Ye Bin) dan asisten rumah tangga Jin Boon Hong (Ahn Yeon Hong).

Ternyata, adegan ini mendapat kecaman dari netizen Korea. Saat Ha Eun Byeol dan Jin Boon Hong hendak menikmati bingsoo, Cheon Seo Jin melontarkan kalimat ‘Makan bingsoo seperti ini agar rasanya enak’. Ini sama saja seperti mempromosikan bingsoo dari COFFEE BAY, nama kafe yang dikunjungi ketiganya. Terlebih lagi, nama brand memang sempat disorot. 

Penempatan Produk COFFEE BAY Dinilai Berlebihan


Source: Koreaboo

Pengambilan gambar pun juga menjadi masalah karena nama brand COFFEE BAY disorot dengan kamera zoom in, sehingga tampak sangat jelas. Para penonton The Penthouse 3 mengkritik bahwasaanya pihak produksi tidak perlu menyoroti nama brand seperti demikian hanya untuk kegiatan promosi (PPL). 

Penempatan produk COFFEE BAY yang dapat dilihat berkali-kali selama satu adegan ini menyebabkan banyak ketidaknyamanan untuk para penonton. Bahkan, Kim So Yeon yang memainkan peran Cheon Seo Jin dianggap seperti melakukan rekaman untuk syuting iklan.

Dua Episode Perdana Drama The Penthouse 3 Sama-sama Dikecam


Source: Koreaboo

Tayang perdana pada 4 Juni 2021, drama The Penthouse 3 sudah dua kali terseret dalam kontroversi. Sebelumnya, karakter Alex Lee yang diperankan oleh Park Eun Seok menuai kecaman karena menunjukkan tanda-tanda perampasan budaya terhadap komunitas Afrika-Amerika.

Kala itu, Alex Lee berpenampilan dengan rambut gimbal dan menggunakan logat bahasa Inggris yang sangat ofensif. Karakter baru ini lantas mendapat reaksi keras dari para penonton internasional karena sebagian besar dari mereka merasa tersinggung. Akhirnya, Park Eun Seok secara pribadi meminta maaf.

Hingga artikel ini ditulis, SBS belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kegiatan PPL (product placement) dalam drama The Penthouse 3 episode 2 yang tayang 11 Juni 2021 lalu tersebut. Para penonton menilai bahwa pihak produksi terlalu mempromosikan produk makanan bingsoo dari COFFEE BAY. 

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended

5 Drama Korea Populer Diperankan oleh Kim Nam Gil, Terbaru Island

  • 13 Januari 2023, 07:00 WIB
Drama-drama populer yang diperankan oleh Kim Nam Gil, mulai dari The Great Queen Seondeok hingga yang terbaru Island.

9 Ide OOTD Ala Drama Korea Versi Agatha Valerie

  • 22 November 2022, 07:00 WIB
Ide-ide gaya OOTD ala drama Korea cocok dipakai untuk sehari-hari menurut artis Agatha Valerie, ada Da Kyung hingga Ko Moon Young.

3 Fakta Webtoon Virgo and the Sparklings Bakal Diadaptasi Jadi Drakor

  • 20 Oktober 2022, 14:14 WIB
Webtoon Virgo and the Sparklings jadi komik Indonesia pertama yang bakal diadaptasi jadi drama Korea.

Survei KIC-Zigi: Lebih dari 300 Drakor Telah Ditonton Warga Indonesia

  • 24 Juli 2022, 15:02 WIB
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) x Zigi, sudah lebih dari 300 judul drama Korea ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Nonton Link Eat Love Kill Episode 6 Sub Indo, Penguntit Da Hyun Muncul

  • 21 Juni 2022, 17:19 WIB
Sinopsis dan link nonton Link Eat Love Kill episode 6 sub Indo rilis Selasa, 21 Juni 2022, penguntit No Da Hyun kembali muncul.

10 Drama Korea Kriminal Misteri Terbaru, Again My Life Rating Tinggi

  • 14 Juni 2022, 18:48 WIB
Drama Korea genre kriminal misteri mulai dari drama Woori The Virgin, Again My Life hingga Tell Me What You Saw.
The Latest
Jeon So Nee

Profil dan Biodata Jeon So Nee: Umur, Drama, Film, Karier, Akun IG

  • 06 Februari 2023, 08:00 WIB
Our Blooming Youth

Fakta dan Sinopsis Our Blooming Youth Episode 1-20, Ada Park Hyun Sik

  • 05 Februari 2023, 16:30 WIB
Tzuyu TWICE

Tzuyu TWICE Dikabarkan Beli Penthouse Mewah Seharga Rp223 Miliar

  • 05 Februari 2023, 13:54 WIB
Sehun EXO dan Chanyeol EXO di EXO -SC Fancon Jakarta

5 Momen Chanyeol dan Sehun EXO-SC Tampil di Jakarta, Main Lato-lato

  • 05 Februari 2023, 09:33 WIB
Drama Kokdu: Season of Deity

Nonton Kokdu: Season of Deity Episode 3, Kokdu dan Gye Jeol Berkencan

  • 03 Februari 2023, 19:10 WIB
INDEKS