Logo
Squid Game dan Korea Utara
korea
Squid Game dan Korea Utara
Photo: Berbagai Sumber
Squid Game dan Korea Utara

ZIGI – Popularitas drama Squid Game yang mendunia ternyata sampai ke Korea Utara. Berdasarkan kabar terbaru, negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut menyebut proyek akting Netflix dibintangi Lee Jung Jae dan Jung Ho Yeon ini sebagai dehuminasi masyarakat kapitalis Korea Selatab. 

Pada Selasa, 12 Oktober 2021, outlet media berita Korea Utara bernama Meari menyatakan bahwa drama Squid Game mengungkap realitas masyarakat Korea Selatan di mana orang-orang yang berkuasa selalu menindas rakyat miskin sehingga membuat korupsi merajalela. Berikut berita selengkapnya. 

Baca Juga: Penjelasan Ending Squid Game, Season 2 Masih Dirahasiakan Netflix

Drama Squid Game Diberitakan Media Korea Utara

Kim Jong Un
Photo : VOA Korea
Kim Jong Un

Drama Squid Game menceritakan tentang sebuah game misterius yang diikuti oleh 456 peserta dengan latar belakang berbeda-beda. Namun satu kesamaan yang mereka miliki yaitu membutuhkan uang. Entah untuk membayar utang, hidup dalam roda kemiskinan, dan masih banyak lagi.

Squid Game memang sangat menyoroti ketidaksetaraan dalam masyarakat. Tujuan sang pencipta Squid Game menciptakan permainan hanyalah untuk kesenangan pribadi. Sedangkan para peserta rela saling membunuh demi mendapat hadiah uang sebesar 45,6 miliar won atau setara dengan Rp543 miliar. 

Lantas dalam pemberitaan Korea Utara, drama Squid Game dinilai sebagai gambaran masyarakat Korea Selatan. Di mana negara tersebut disebut memiliki orang-orang yang suka memangsa yang lemah. Karena hal itu, korupsi menjadi merajalela.

Korea Utara Sebut Squid Game Sebagai Realitas Kapitalis Masyarakat Korsel

Squid Game
Photo : Netflix
Squid Game

Lalu outlet media tersebut juga menyoroti adanya persaingan ekstrem di masyarakat Korea Selatan, sama seperti yang ditunjukkan dalam drama Squid Game. Korea Utara mengatakan bahwa menjadi faktor Squid Game bisa viral seperti sekarang.

"Alasan acara ini mendapatkan banyak popularitas adalah karena menggali realitas masyarakat Korea Selatan yang kapitalis di mana ada persaingan ekstrem untuk bertahan hidup dan yang kuat memangsa yang lemah,” ungkap outlet media Meari dikutip dari Allkpop pada Rabu, 13 Oktober 2021. 

Sebuah penggalan dalam pemberitaan Meari berbunyi, “Korea Selatan adalah masyarakat liar di mana manusia didorong ke dalam persaingan ekstrim dan kemanusiaan musnah,” tulis dalam artikel.

Korea Utara Juga Bahas Tentang Status Orang Kaya di Korea Selatan

Squid Game
Photo : Netflix
Squid Game

Sama seperti yang ditampilkan dalam drama Squid Game, Korea Utara juga menyebutkan bahwa orang-orang kaya raya di Korea Selatan menciptakan ketidakadilan untuk masyarakat.

“Khususnya orang kaya yang menganggap permainan pembantaian yang mengerikan ini sebagai bentuk hiburan, merasakan kesenangan dalam menciptakan aturan permainan di mana yang lemah dapat dimangsa dan harus mati jika tidak menang tempat pertama menunjukkan ketidaknyamanan dan masyarakat yang tidak adil,” tulisnya.

Terakhir, media Korea Utara itu kerap mencaci-maki serta membicarakan hal-hal negatif tentang Korea Selatan, "Realitas Korea Selatan adalah banyak yang didiskualifikasi dari persaingan ketat masyarakat Korea Selatan, dan sangat disayangkan bahwa mereka hidup di dunia di mana orang dinilai hanya berdasarkan uang,” tutupnya.

Komentar Netizen Korea Selatan

Squid Game
Photo : Netflix Korea
Squid Game

Usai mengetahui bahwa drama Squid Game direndahkan di Korea Utara, netizen Korea Selatan langsung memberikan komentar mereka di komuntas online. 

Namun ada satu kejanggalan di mana negara Korea Utara sendiri melarang masyarakatnya untuk menonton tayangan produksi Korea Selatan. Namun melihat pemberitaan tersebut, justru meninggalkan tanda tanya karena sang penulis artikel tampaknya mengetahui jalan cerita drama Squid Game, yang kemungkinan ditontonnya.

Bagaimana mereka bisa menonton ketika media Korea Selatan dilarang? Siapa pun yang menulis berita itu akan dieksekusi,” tulis seorang netizen Korea Selatan di komunitas online, dikutip Zigi.id pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Setidaknya Squid Game memungkinkan peserta untuk menjadi sukarelawan dengan kehendak bebas bukankah kalian memaksa orang-orangmu untuk melakukan sesuai aturan?,” ungkap seorang netizen.

Pemberitaan itu datang dari negara orang yang menjalani Squid Game di mana setiap hari mereka menjalani kehidupan tanpa hadiah uang di akhir,” kata netizen lain.

Apakah Kim Jong Un berlangganan Netflix atau apa? Sepertinya dia menonton semuanya,” timpal seorang netizen.

Sementara itu, drama Squid Game masih menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia bahkan berselang satu bulan sejak tayang perdana di Netflix pada 17 September 2021 lalu. Terbaru, salah satu media Korea Utara mengkritik Squid Game dengan menyebutnya sebagai realitas masyarakat Korea Selatan yang kapitalis.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Nonton Drama Squid Game Episode 1-9 Sub Indo

  • Editor: Yasmin Karnita

How does this article make you feel?

Recommended

8 Acara, Film, Drama Korea Tayang di Disney+ Termasuk Snowdrop

  • 18 Oktober 2021, 08:00 WIB
Daftar acara, film, dan drama Korea yang tayang secara eksklusif di Disney+ Disney Plus. Ada Snowdrop dibintangi Jisoo Blackpink.

Link Nonton Streaming One The Woman Episode 9 Sub Indo

  • 15 Oktober 2021, 18:32 WIB
Link nonton streaming One The Woman episode 9 sub Indo. Perkembangan hubungan Jo Yeon Joo dan Han Seung Wook.

34 Daftar Serial Netflix Terpopuler, Squid Game Paling Banyak Ditonton

  • 13 Oktober 2021, 20:18 WIB
Squid Game resmi mencetak rekor show Netflix yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah dengan 111 juta pengguna.

Link Nonton Streaming Reflection of You Episode 1 Sub Indo

  • 13 Oktober 2021, 19:46 WIB
Link nonton streaming Reflection of You episode 1 sub Indo. Dibintangi Shin Hyun Bin, pemeran Jang Gyeo Wool di Hospital Playlist.

Hasil Riset Penulis Drama Jirisan Temukan Sisi Mistis Penjaga Gunung

  • 13 Oktober 2021, 16:12 WIB
Bocoran cerita drama Jirisan dibintangi Jun Ji Hyun dan Joo Ji Hoon. Kim Eun Hee lakukan riset mendalam soal Gunung Jiri.

Pemain dan Sinopsis Royal Secret Inspector Joy, Drama Taecyeon 2PM

  • 13 Oktober 2021, 08:50 WIB
Pemain dan Sinopsis Royal Secret Inspector Joy, dibintangi Taecyeon 2PM dan Kim Hye Yoon tayang di tvN pada 8 November 2021.
The Latest
Kim Seon Ho

Kim Seon Ho Bisa Miskin Bayar Penalti Brand Bila Rumor Terbukti

  • 19 Oktober 2021, 10:54 WIB
Aktor K dituding Kim Seon Ho

6 Pengakuan Mantan Pacar Aktor K Diduga Kim Seon Ho, Dispatch Terlibat

  • 19 Oktober 2021, 10:24 WIB
Shin Min-a

Shin Min Ah Tunda Wawancara di Tengah Rumor Kim Seon Ho

  • 19 Oktober 2021, 09:37 WIB
Kim Seon Ho SALT entertainment

SALT Entertainment Minta Maaf Atas Rumor Kim Seon Ho

  • 19 Oktober 2021, 08:46 WIB
Kim Seon Ho

Sumber Penghasilan dan Total Kekayaan Kim Seon Ho di 2021

  • 19 Oktober 2021, 07:08 WIB
INDEKS