Dinilai Distorsi Sejarah, Drama Little Women Dihapus di Vietnam - Korea ZIGI.ID
Logo
Drakor Little Women
korea
Drakor Little Women
Photo: tvN
Drakor Little Women

ZIGI – Drama Little Women dihapus dari Vietnam karena disebut sudah mendistorsi sejarah. Berawal dari episode 8, terdapat adegan seorang veteran Korea Selatan membahas tentang Viet Cong (tentara komunis Vietnam).

Vietnam sebelumnya sudah mengirim surat kepada Netflix untuk meminta drama yang dibintangi Kim Go Eun itu dihapus. Berikut drama Little Women dituding telah mendistorsi sejarah terkat perang. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Poster Little Women Dituding Plagiat, Produser Angkat Bicara

Adegan di Little Women Episode 8

Drakor Little Women
Photo : tvN
Drakor Little Women

Little Women telah menerima banyak perhatian karena jalan ceritanya yang mengejutkan. Namun, drama ini menuai pro kontra ketika memasuki episode 8 yakni di saat adegan seorang veteran perang Korea Selatan membuat tentang rasio membunuh para pasukan Viet Cong.

Dalam adegan tersebut, veteran itu mengklaim bahwa dirinya mampu membunuh pasukan Vietnam sekitar 20 orang. Selain itu, veteran Korea Selatan ini juga mengklaim bahwa pasukan Korea Selatan adalah pahlawan perang.

Akibatnya adegan ini memicu kemarahan masyarakat Vietnam dan menuduh drama Little Women telah mendistorsi sejarah sebab mereka tidak setuju dengan pernyataan dalam adegan di drama.

Bukan hanya penonton Vietnam yang geram dengan adegan itu melainkan juga penonton internasional menganggap adegan ini tidak pantas dibahas oleh pihak asing. 

Ketika aku menontonnya, saya bertanya-tanya bagaimana orang Vietnam akan memikirkannya. Kami juga tidak mau bereaksi secara sensitive ketika itu terkait tentang perang dengan Jepang,” komentar netizen.

Meskipun saya tidak berpikir itu untuk mempercantik adegan itu tentang standar omong kosong yang dikatakan oleh seorang pemimpin sekte, tapi saya pikir orang Vietnam akan marah mendengar itu,” timpal netizen lain.

Little Women Dihapus dari Vietnam

Little Women episode 1
Photo : TvN
Little Women episode 1

Melansir dari Bloomberg, Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam mengatakan bahwa drama Little Women telah melanggar Klausul 4, pasal 9 Undang-Undang yang melarang media menyiarkan informasi yang menghasut perang, melanggar kedaulatan dan integritas wilayah Vietnam, mendistorsi sejarah, menyangkal pencapaian revolusioner atau menghina bangsa.

Dalam laporan tersebut, pihak otoritas setempat juga menyampaikan bahwa dialog antar karakter yang memuji kejahatan tentara Korea selama perang. 

Netflix kemudian menghapus tayangan drama Little Women pada Kamis, 6 Oktober 2022 waktu setempat menyusul permintaan penghapusan pihak berwenang atas distorsi sejarah perang Vietnam.

Ini bukan pertama kali Netflix menerima surat perintah dari Vietnam untuk menghapus kontennya. Pada 2020 lalu, Netflix diminta Vietnam untuk menghapus serial romansa-komedi Put Your Head on My Shoulder dan seri Australia di tahun 2021 Pine Gap karena menyinggung kedaulatan Vietnam.

Sementara yang terbaru adalah Vietnam meminta Netflix untuk menghapus drama Little Women karena sudah mendistorsi sejarah perang.

Baca Juga: JTBC Gugat Netizen yang Sebut Drama Snowdrop Merusak Sejarah

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Penjelasan Ending Little Women, Tiga Saudara Perempuan Hidup Damai

  • 10 Oktober 2022, 14:52 WIB
Penjelasan ending Little Women episode 12 tayang Minggu, 9 Oktober 2022, In Joo, In Kyung dan In Hye hidup dengan damai.

Nonton Little Women Episode 12 Sub Indo, Akhir Kisah In Joo

  • 09 Oktober 2022, 18:41 WIB
Spoiler dan link nonton drama Little Women episode 12 sub Indo tamat malam ini Minggu, 9 Oktober 2022, Hwa Young masih hidup.

Nonton Little Women Episode 11 Sub Indo, In Joo Dipenjara

  • 08 Oktober 2022, 18:00 WIB
Spoiler dan link nonton Little Women episode 11 sub Indo tayang pada Sabtu, 8 Oktober 2022, In Joo dipenjara dan In Kyung diculik.

Nonton Streaming Film Ngeri-Ngeri Sedap Soal Kehidupan Keluarga Batak

  • 07 Oktober 2022, 12:23 WIB
Sinopsis dan link nonton film Ngeri-Ngeri Sedap yang tayang di Netflix, dibintangi Boris Bokir dan Indra Jegel.

Nonton Little Women Episode 10 Sub Indo, Oh In Hye meninggal?

  • 02 Oktober 2022, 18:00 WIB
Spoiler dan link nonton drama Little Women episode 10 sub Indo, Oh In Hye meninggal atas permintaan Wong Sang A?

Nonton Little Women Episode 9 Sub Indo, In Kyung Ingin Bunuh Jae Sang

  • 01 Oktober 2022, 18:00 WIB
Spoiler dan link nonton Little Women episode 9 sub Indo tayang Sabtu, 1 Oktober 2022, In Kyung dan Hee Jae ingin bunuh Jae Sang.
The Latest
RM BTS

Fakta dan Terjemahan Lirik Lagu Wild Flower - RM BTS, Debut Solo

  • 02 Desember 2022, 12:42 WIB
Kim Sae Ron

Agensi Tak Perpanjang Kontrak Kim Sae Ron Usai Kasus DUI

  • 02 Desember 2022, 09:34 WIB
NCT Universe

SM Berencana Luncurkan NCT Arab Saudi dan Tokyo, Tuai Kritik Fans

  • 02 Desember 2022, 08:56 WIB
Film Dokumenter Idol K-Pop

10 Idol Kpop Buat Film Dokumenter, Ada BTS hingga NCT Dream

  • 02 Desember 2022, 08:00 WIB
Dawn dan HyunA

DAWN Buka Suara Usai Putus dari HyunA, Bantah Jelekkan Mantan

  • 01 Desember 2022, 16:02 WIB
INDEKS