Logo
BTS - Monster in My Pocket
korea
Butter - BTS Disebut Plagiat Game Nintendo, Pemilik Lagu Buka Suara
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – BTS kembali diterpa isu plagiarisme. Lagu barunya, Butter dituding plagiat dari soundtrack sebuah game Nintendo jadul Jepang, Monster in My Pocket yang dirilis pada 1992 silam. Hal ini lantaran ada kesamaan melodi.

Seiring dengan kabar ini, komposer yang merupakan pemilik asli lagu tersebut angkat bicara dan membantah tuduhan tersebut. Seperti apa pernyataan sang komposer soal isu plagiat BTS ini? Scroll yuk!

Baca juga: 5 Fakta Penugasan BTS dari Presiden di Sidang Umum PBB 2021

BTS Dituduh Plagiat

Photo : Twitter/@bts_bighit

Salah satu lagu terbaru milik BTS berjudul Butter menjadi pembahasan di situs Pann dalam sebuah thread. Lagu yang rilis pada 21 Mei 2021 itu dinilai memiliki kesamaan dengan soundtrack game NES 'Monster in My PocketStage 04 Towering Catastrophe'. 

Lagu yang dirilis pada tahun 1992 ini, sempat diposting ulang di YouTube pada 15 Februari 2014 atau tepatnya 7 tahun sebelum lagu Butter dirilis. Menanggapi isu plagiat ini, sejumlah netizen Korea Selatan pun ikut memberikan berbagai komentar.

Tidak sedikit dari mereka yang setuju kalau melodi di bagian depan soundtrack game tersebut benar-benar mirip dengan melodi lagu Butter yang juga diciptakan oleh RM BTS ini. Bukan hanya level sampling, tapi melodinya dianggap sama persis.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama BTS menghadapi tuduhan plagiarisme. Sebelumnya, lagu Dope yang dirilis pada 29 April 2015 juga dituduh menjiplak lagu GDFR yang dipopulerkan Flo Rida. Tidak hanya itu, lagu BTS berjudul Dead Leaves yang rilis di 2016, juga disorot karena dianggap menjiplak lagu milik musisi Black Bear, Deadroses yang diluncurkan pada tahun 2015.

Pemilik Lagu Asli Bantah Tuduhan

Photo : Berbagai Sumber

Di tengah tudingan plagiarisme lagu Butter ini, komposer yang menulis soundtrack game tersebut akhirnya memberikan pernyataan resminya. Dilansir Zigi.id dari Top Star News, Kamis, 22 Juli 2021, sang penulis mengaku kaget saat melihat artikel tentang kabar plagiat ini.

"Saya terkejut ketika sebuah artikel keluar bahwa BGM dari game yang saya buat di masa lalu dan lagu 'Butter' dari BTS adalah sama. Saya pikir melodi yang sama muncul entah bagaimana. Sangat menarik bahwa artikel seperti ini muncul," kata sang penulis.

Lebih lanjut, komposer lagu tersebut menegaskan kalau dia tidak pernah merasa kalau BTS menjiplak dari lagunya. Sang penulis juga mengatakan dirinya tidak terlalu peduli karena hak musik soundtrack tersebut kini milik perusahaan.

"Dalam konten artikel tersebut, diklaim 'bukan level sampling, justru hampir sama'. Tapi saya, penulis aslinya, tidak pernah mengatakan demikian. Ngomong-ngomong, hak musik BGM adalah milik perusahaan, jadi aku tidak terlalu peduli. Tetapi cukup menarik bahwa BGM yang aku buat menjadi topik hangat," tandas sang komposer.

BTS sendiri masih terus mengukir prestasi. Lagu barunya, Permission to Dance yang dirilis pada 9 Juli 2021, menempati posisi pertama di chart Billboard Hot 100. Sementara Butter menduduki peringkat ke-7 di chart yang sama.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari agensi yang menaungi BTS, HYBE Labels tentang tuduhan lagu Butter plagiat dari soundtrack game Nintendo jadul, Monster in My Pocket  ini.

Baca juga: Profil dan Biodata Suga BTS: Agama Hingga Total Kekayaan di 2021

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
Jungkook BTS

20 Arti Tato Jungkook BTS, Mata Satu Diduga Terinspirasi dari Lagu

  • 23 Juli 2021, 12:32 WIB
Berikut ini arti-arti dari tato Jungkook BTS, gambar mata satu diduga terinspirasi dari lagunya berjudul Your Eyes Tell.
BTS

5 Fakta Penugasan BTS dari Presiden di Sidang Umum PBB 2021

  • 21 Juli 2021, 18:58 WIB
Berikut ini 5 fakta soal penugasan BTS oleh Presiden Korea Selatan untuk mewakili negaranya dalam Sidang Umum PBB ke-75.
Suga BTS

Profil dan Biodata Suga BTS: Agama Hingga Total Kekayaan di 2021

  • 21 Juli 2021, 16:41 WIB
Berikut profil dan biodata Suga BTS lengkap dengan agama, keluarga hingga total kekayaannya di tahun 2021.
BTS & Halsey

Halsey Melahirkan Anak Pertama, Gini Ucapan dari BTS

  • 20 Juli 2021, 09:40 WIB
Halsey dan pacarnya, Alev Aydin umumkan kelahiran anak pertama pada 14 Juli 2021. BTS ikut memberikan ucapan selamat.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
BTS - Coldplay

HYBE Labels Tanggapi Isu BTS dan Coldplay Kolaborasi

  • 15 Juli 2021, 14:38 WIB
BTS dikabarkan kolaborasi dengan Coldplay di lagu My Universe, tapi HYBE Labels mengatakan kabar itu sulit dikonfirmasi.
The Latest
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
INDEKS