ZIGI – Jisoo Blackpink membuat penjualan Dior di Korea Selatan meroket. Selama satu tahun terakhir, Dior di negeri Gingseng tersebut naik 50 persen.
Bahkan pelantun lagu Flower itu telah menghasilkan earned media value (EMV) sebesar US$ 198 juta dengan unggahannya di Instagram. Berikut pengaruh Jisoo terhadap penjualan brand Dior di Korea Selatan. Yuk simak ulasannya di bawah ini!
Baca Juga: Jisoo Blackpink Buat Heboh Duduk Bareng CEO Dior di Paris Fashion Week
Jisoo Blackpink Tingkatkan Penjualan Dior di Korea Selatan

Melansir dari Herald Economy, Jisoo Blackpink telah membawa pengaruh besar terhadap penjualan Dior di Korea Selatan. Berdasarkan laporan, penjualan brand asal Prancis ini telah meningkat senilai 1 triliun Won atau setara dengan Rp11,3 triliun.
Angka ini telah naik 50 persen dibandingkan dengan penjualan di tahun sebelumnya. Berdasarkan laporan dari Financial Supervisory Service Korea Selatan pada 3 April 2023, penjualan Dior di Korea Selatan mencapai US$ 929 miliar Won atau setara dengan Rp10 triliun.
Ini menunjukkan bahwa penjualan Dior tahun lalu meningkat 51,77 persen dari tahun 2021 yang mencapai US$ 612,4 miliar Won (Rp 6 triliun). Di periode yang sama, Dior telah mengalami peningkatan laba operasional mencapai 53,05 persen menjadi 323,7 miliar Won (Rp 3,6 triliun).
Sementara untuk Dior Hong Kong juga mengalami peningkatan mencapai 67,80 persen sedangkan di kantor pusat Prancis naik sekitar 32,30 persen. Menariknya, dividen Dior sendiri mencapai 164,7 miliar Won (Rp 1,8 triliun) dengan rasio dividen sebesar 68 persen.
Jisoo Blackpink Jadi Influencer of The Year

Lefty’s Top Influencer ungkapkan peringkat Top Influencer pada Januari 2023. Jisoo Blackpink menjadi influencer yang menempati posisi pertama mengalahkan Kim Kardashian, Kylie Jenner, Zendaya, dan Bella Hadid.
“Idola Kpop mengambil alih mode pada tahun 2022,” tulis pada laman Lefty dilansir dari Semafor pada Rabu, 5 April 2023.
Lefty sendiri merupakan perusahaan di bawah agensi mode global ternama Karla Otto yang melakukan perhitungan berdasarkan nilai earned media value (EMV). Berdasarkan catatan Lefty, Jisoo telah menghasilkan EMV sebesar US$ 198 juta (Rp 2,9 triliun) untuk iklan Dior yang diunggahnya di Instagram.
Seperti yang diketahui, Jisoo telah menjadi brand ambassador Dior sejak 2021 lalu. Sejak itu, pendapatan Dior meningkat menjadi 86,8 persen atau 613,9 miliar Won (Rp 6,9 triliun). Di waktu yang sama, keuntungan Dior meningkat dua kali lipat yang awalnya dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 2,5 triliun.
Jisoo Blackpink kembali menunjukkan pengaruhnya sebagai influencer terhadap Dior. Pasalnya, penjualan Dior di Korea Selatan meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu.
Baca Juga: Perlakuan Dior ke Suzy dan Jisoo Blackpink Jadi Sorotan
- Editor: Jean Ayu Karna Asmara