Logo
Young Tak
korea
Young Tak
Photo: Berbagai sumber
Young Tak

ZIGI – Sajaegi atau manipulasi chart atau tangga lagu adalah tindakan kecurangan yang sering kali dijumpai di industri Kpop. Terbaru, agensi yang menaungi penyanyi trot asal Korea Selatan bernama Young Tak mengaku pernah melakukan tindakan demikian. 

Pada Kamis, 4 November 2021, Milagro Entertainment selaku agensi yang menaungi Young Tak mengakui pernah melakukan sajaegi. Kebetulan, Young Tak sendiri baru-baru ini menjadi penulis lagu Get Set You milik MJ ASTRO yang dirilis Rabu, 3 November 2021.

Seperti apa kronologi dan tindakan sajaegi yang bisa mempengaruhi tangga lagu di suatu acara musik? Yuk simak artikel selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Idol School Manipulasi Voting 233 Kali, Lee Hae In Seharusnya Debut

CEO Agensi Young Tak Akui Lakukan Manipulasi Chart

Young Tak
Photo : Berbagai sumber
Young Tak

Pada Kamis, 4 November 2021, Milagro Entertainment mengaku telah melakukan manipulasi chart untuk lagu Why Are You Coming Out From There milik solois asuhannya, Young Tak, yang dirilis tahun 2019 silam. Lee Jae Gyu selaku CEO agensi Milagro menyatakan penyesalan atas tindakan tersebut.

Dikutip dari allkpop, Lee Jae Gyu dituding membayar seorang pemasar (inisial A) sebesar 30 juta won atau setara dengan Rp363 juta untuk meningkatkan peringkat lagu Why Are You Coming Out From There Young Tak di chart musik. Manipilasi chart tersebut menghasilkan keuntungan lebih banyak untuk agensi. 

Sang CEO disebut kenal dengan A lewat seseorang yang sering memanipulasi chart. Namun sajaegi yang dilakukan oleh agensi Milagro tidak berpengaruh banyak terhadap peringkat lagu Why Are You Coming Out From There di chart musik. Lee Jae Gyu akhirnya meminta pengembalian dana sebesar 15 juta won (Rp181 juta) dari A. 

CEO Ungkap Young Tak Tidak Mengetahui Soal Tindakan Sajaegi

Young Tak
Photo : Naver
Young Tak

Lantas polisi diam-diam menyelidiki kasus sajaegi menyusul laporan media pada Februari 2020, mereka menerima rekaman suara B, seseorang yang telah didelegasikan otoritas manajemennya kepada CEO Lee Jae Gyu, mengaku kepada investor bahwa mereka telah mengatur untuk memanipulasi peringkat lagu Young Tak di chart musik. 

Pada Kamis, 4 November, Lee Jae Gyu dari agensi Young Tak merilis pernyataan untuk meminta maaf atas masalah tersebut dan mengklarifikasi bahwa Young Tak tidak mengetahui tentang sajaegi.

“Aku mengakui semua tuduhan dan saat ini, Saya sangat menyesali atas tindakan saya. Saya akan rajin ikut berpartisipasi dalam penyelidikan polisi dan saya mengakui kebenaran dari tindakan tersebut. Pada tahun 2019, saya telah menemukan cara memanipulasi tangga lagu untuk meningkatkan jumlah streaming digital, dan saya berharap bahwa saya dapat memberikan banyak orang sebagai gantinya untuk mendengarkan lagu yang tidak dikenal. Aku kehilangan akal dan aku telah melakukan kejahatan,” ungkapnya. 

Presiden agensi tersebut juga menambahkan, “Tindakan ini murni dilakukan oleh diriku sendiri. (Young Tak) tidak dalam posisi dimana ikut berkonstribusi atau ikut campur dalam urusan bisnis di luar pekerjannya yang menentukan untuk membuat musik dan menjalankan jadwal. Dia sama sekali tidak menyadari apa yang terjadi,” tutupnya. 

Mengenal Ungkapan Sajaegi dalam Industri Musik Korea

Young Tak
Photo : Berbagai sumber
Young Tak

Sajaegi biasanya dilakukan oleh musisi agar lagu yang baru saja rilis dapat dinikmati dan mendapatkan posisi puncak di tangga lagu musik digital. Dugaan sajaegi sering kali terjadi dan menimbulkan kecurigaan oleh netizen. 

Ungkapan sajaegi juga pernah ditayangkan dalam acara Unanswered Questions di kanal SBS. Dalam tayangan tersebut, pihak SBS mengungkapkan cara oknum melakukan sajaegi dalam industri permusikan Korea.

Caranya adalah dengan melakukan pemblokiran lagu milik penyanyi populer (X) dengan menayangkan lagu milik penyanyi yang kurang populer, bukan hanya satu lagu saja bahkan hingga tiga lagu. Hal ini bertujuan agar lagu milik X tersebut tidak dapat menempati posisi puncak pada tangga lagu. 

Bahkan tindakan sajaegi bukan hanya untuk menjatuhkan lagu yang sedang rilis melainkan dapat juga digunakan untuk menaikkan polling lagu yang rilis. Umumnya orang yang melakukan tindakan sajaegi (broker) akan menawarkan kepada musisi untuk melakukan kecurangan tersebut.

Young Tak Ternyata Penulis Lagu Get Set Yo - MJ ASTRO

Young Tak
Photo : Berbagai sumber
Young Tak

Kebetulan, Young Tak baru saja berpartisipasi dalam lagu Get Set Yo milik MJ ASTRO yang dirilis Rabu, 3 November 2021. Lagu tersebut menandakan sebagai debut solo idol asuhan Fantagio tersebut. 

Sementara itu, Young Tak merupakan salah satu penyanyi tror terkenal di Korea Selatan. Dia merupakan runner up dari reality show Mr. Trot yang diselenggarakan tahun 2020 lalu. Setelah muncul di acara Mr. Trot, Young Tak merilis lagu yang berjudul Comforter pada Februari 2021. Sedangkan saat ini, Young Tak disibukkan menjadi seorang composer dan produser lagu trot.

Terlepas dari presiden agensi yang melakukan sajaegi, Young Tak baru saja menunjukkan bakatnya dengan menulis lagu semi-trot yang dibawakan oleh MJ Astro bertajuk Get Set Yo

Baca Juga: Debut Solo, Terjemahan Lirik Lagu Get Set Yo - MJ ASTRO x Kim Tae Yeon

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara

How does this article make you feel?

Recommended

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
New Southern Policy Forum ke-4 diadakan untuk membahas langkah jitu Korea mengenalkan Korean Wave lewat BTS, Parasite Hingga Squid

Popularitas NCT Naik Signifikan, Laba SM Entertainment Naik?

  • 30 November 2021, 20:47 WIB
NCT menjadi satu-satunya grup SM Entertainment yang mengalami peningkatan popularitas dan penjualan secara signifikan.

Azriel Hermansyah Ajarkan Islam pada Sarah Menzel

  • 30 November 2021, 20:11 WIB
Pengakuan terbaru Azriel Hermansyah soal Sarah Menzel, ingin ajak masuk Islam hingga rencana menikah.

5 Kemiripan Maudy Ayunda dan Jerome Polin, Dari Wajah sampai Hobi

  • 30 November 2021, 18:53 WIB
Deretan kemiripan Maudy Ayunda dan Jerome Polin, mulai dari senyuman, hobi, karier hingga pendidikan.

Jung Woo Sung Positif Covid-19 Usai Kontak Erat sama Lee Jung Jae

  • 30 November 2021, 17:17 WIB
Jung Woo Sung positif Covid-19, sebelumnya kontak dekat dengan Lee Jung Jae di Blue Dragon Awards 2021.

7 Fakta Alexia Putellas, Pesepakbola Wanita Peraih Ballon d'Or

  • 30 November 2021, 17:05 WIB
Fakta dari Alexia Putellas, kapten klub Barcelona Femini yang baru saja meraih penghargaan Ballon d'Or 2021.
The Latest
Squid Game, BTS, Parasite

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
NCT

Popularitas NCT Naik Signifikan, Laba SM Entertainment Naik?

  • 30 November 2021, 20:47 WIB
Jung Woo Sung dan Lee Jung Jae

Jung Woo Sung Positif Covid-19 Usai Kontak Erat sama Lee Jung Jae

  • 30 November 2021, 17:17 WIB
Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun

Termahal! Song Hye Kyo - Jun Ji Hyun Dibayar Rp2,4 Miliar Per Episode

  • 30 November 2021, 16:57 WIB
Kai EXO - Peaches

Terjemahan Lirik Lagu Peaches - Kai EXO, Mirip Judul Justin Bieber

  • 30 November 2021, 16:41 WIB
INDEKS