Logo
Squid Game - Boys Over Flowers - My Love From the Star
korea
Squid Game - Boys Over Flowers - My Love From the Star
Photo: Berbagai Sumber
Squid Game - Boys Over Flowers - My Love From the Star

ZIGI – Sinetron Dari Jendela SMP yang tayang di SCTV kini tengah ramai disorot karena memuat adegan mirip drama Korea, Squid Game. Sinetron yang dibintangi Rey Bong itu menampilkan adegan permainan seperti dalam Squid Game.

Sontak saja, banyak netizen yang mengkritik hal ini dan menuduhnya menjiplak. Namun sebelum itu, rupanya ada beberapa sinetron Indonesia lainnya yang juga pernah diduga plagiat drama Asia. Berikut ini Zigi.id rangkum tujuh sinetron Indonesia yang mirip drama Asia.

Baca juga: Komentar Netflix dan Ernest Prakasa soal Dolanan Game Mirip Squid Game

1. Cinta Cenat Cenut - Boys Over Flowers

Cinta Cenat Cenut - Boys Over Flowers
Photo : Berbagai Sumber
Cinta Cenat Cenut - Boys Over Flowers

Drama Boys Over Flowers yang dibintangi Lee Min Ho dan Koo Hye Sun sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Menghadirkan kisah cinta pria kaya dan wanita miskin, drama yang dirilis tahun 2009 ini begitu digilai tidak hanya di Korea tapi juga sampai ke Indonesia.

Hingga akhirnya di tahun 2011 silam, muncul sinteron Cinta Cenat Cenut yang menampilkan para member SM*SH. Konsep sinetron Cinta Cenat Cenut ini dianggap mirip dengan Boys Over Flowers. Di mana, ada segerombolan pria populer yang salah satunya jatuh cinta dengan wanita sederhana.

Awalnya mereka bermusuhan dan tidak pernah akur. Tapi dia menjadikan wanita tersebut taruhan dengan teman-temannya. Setelah berhasil menaklukkan hatinya, ada anggota lain di grup populer itu yang simpati pada sang gadis dan menimbulkan rasa cemburu sehingga menimbulkan masalah baru.

2. Malaikat Pelindung - Goblin

Malaikat Pelindung - Goblin
Photo : Berbagai Sumber
Malaikat Pelindung - Goblin

Sinetron Malaikat Pelindung yang dibintangi Bastian Steel pernah heboh diperbincangkan karena kemiripannya dengan drama Korea, Goblin. Bahkan sebelum ditayangkan, sinetron Malaikat Pelindung sudah ramai dicibir netizen. Malaikat Pelindung kabarnya menceritakan tentang seorang wanita yang dilindungi oleh malaikat pelindung.

Dari segi cerita memang dibuat sedikit berbeda, karena Goblin berkisah soal Jenderal Kim Shin yang dikutuk menjalani kehidupan abadi di bumi sebagai seorang Goblin. Dia pun menunggu pengantinnya untuk datang dan mencabut pedang di dadanya untuk menghilangkan kutukan tersebut. Meski demikian, sinetron Malaikat Pelindung sudah menuai protes sejak awal poster dibagikan. Hingga akhirnya diputuskan kalau sinteron itu batal tayang. 

3. Kau yang Berasal dari Bintang - My Love From the Star

Kau Yang Berasal dari Bintang - My Love From the Star
Photo : Berbagai Sumber
Kau Yang Berasal dari Bintang - My Love From the Star

Yang tidak kalah heboh, sinetron Kau yang Berasal dari Bintang dianggap meniru drama My Love From the Star yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun di tahun 2013 lalu. Sinetron ini menghadirkan Nikita Willy yang berperan sebagai aktris cantik bernama Vania yang sudah terkenal sejak kecil.

Karena hal ini, dia menjadi sosok yang bertingkah seenaknya dan tidak memiliki banyak teman. Vania kemudian bertemu pria tampan yang diperankan oleh Morgan. Dia ternyata seorang alien yang sudah hidup empat ratus tahun lamanya. Sinetron ini tidak hanya mirip dari segi cerita, tapi posternya juga dibuat sama dengan background gambar dan gaya fashion aktornya.

Terkait hal ini, pihak perwakilan SBS mengungkapkan sebenarnya ada rumah produksi yang sedang dalam proses perizinan untuk remake drama My Love From the Star. Tapi saat proses perizinan belum selesai, sudah ada TV Nasional yang menyiarkan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang dengan adegan dan pengemasan yang terkesan disamakan.

Setelah tayang dua episode, Kau Yang Berasal dari Bintang tiba-tiba berhenti tayang. Beberapa hari setelahnya, sinetron tersebut berganti judul menjadi Kau Bintangku dengan alur cerita yang baru. Rupanya, ada berbagai pihak yang menuntut pihak produksi untuk mengganti alur cerita.

  • Editor: Christiya Dika

How does this article make you feel?

Recommended

Alin Fauziah Jawab Kemungkinan Pacaran dengan Rassya Hidayah

  • 02 Desember 2021, 17:31 WIB
Dekat karena sinetron Dari Jendela SMP, Alin Fauziah blak-blakan soal hubungan dengan Rassya Hidayah.

7 Fakta MrBeast, YouTuber Squid Game Real Life Kerap Jadi Kontroversi

  • 02 Desember 2021, 06:42 WIB
Fakta-fakta MrBeast YouTuber video Squid Game in Real Life bernama asli James Steven Donaldson dipuji sutradara.

Dipuji Sutradara, Squid Game Versi Nyata MrBeast Tuai Perdebatan

  • 01 Desember 2021, 16:38 WIB
MrBeast Seorang YouTuber Amerika membuat Squid Game versi nyata justru menuai perdebatan di kalangan netizen.

Peran BTS, Parasite Hingga Squid Game Sebar Korean Wave Selama Pandemi

  • 30 November 2021, 21:20 WIB
New Southern Policy Forum ke-4 diadakan untuk membahas langkah jitu Korea mengenalkan Korean Wave lewat BTS, Parasite Hingga Squid

Daftar Pemenang Gotham Awards 2021, Squid Game Breakthrough Series

  • 30 November 2021, 13:35 WIB
Daftar pemenang ajang penghargaan film 31st Gotham Independent Film Award 2021, Squid Game menang Breakthrough Series - Long Form.

4 Fakta dan Lirik Lagu Menunggu Cinta - Aqeela Calista

  • 29 November 2021, 20:02 WIB
Deretan fakta menarik dan lirik lagu Menunggu Cinta yang dinyanyikan Aqeela Calista, tentang ingin 'ditembak' seseorang.
The Latest
aespa, Ryujin ITZY, Bambam GOT7

10 Foto Red Carpet AAA 2021, aespa Hadir Tanpa Karantina dari AS

  • 02 Desember 2021, 18:45 WIB
Choi Ye Na

Choi Ye Na Dirumorkan Terima 'Sponsor' dari CEO, Agensi Buka Suara

  • 02 Desember 2021, 18:09 WIB
Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS

Ngaku Pacar J-Hope, Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di LA

  • 02 Desember 2021, 17:54 WIB
Kim Yo Han

Spoiler School 2021 Episode 4, Gong Ki Joon Difitnah

  • 02 Desember 2021, 17:03 WIB
Album  Mino Winner To INFINITY

YG Pastikan Album Mino Winner - To INFINITY Ramah Lingkungan

  • 02 Desember 2021, 16:42 WIB
INDEKS