Logo
Squid Game
korea
Squid Game
Photo: Netflix Korea
Squid Game

ZIGI – Drama Squid Game dibintangi Lee Jung Jae, Park Hae Soo, dan Jung Ho Yeon tengah viral setelah tayang perdana di Netflix sejak 17 September 2021. Menceritakan tentang perjuangan 456 kontestan dalam sebuah permainan misterius, setidaknya ada 7 permainan tradisional khas Korea Selatan yang dimunculkan.

Berbeda dengan permainan bertahan hidup pada umumnya, drama Squid Game justru menghadirkan game yang biasa dimainkan oleh anak-anak Korea Selatan. Lewat drama ini, sekaligus memperkenalkan budaya Negeri Ginseng kepada masyarakat dunia.

Berikut adalah penjelasan 7 permainan tradisional anak-anak khas Korea Selatan yang muncul di drama Squid Game. Penasaran apa saja? Simak artikelnya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Penjelasan Ending Squid Game, Season 2 Masih Dirahasiakan Netflix

1. Ddakji - Squid Game Episode 1

image
Photo : Netflix Korea

Drama Squid Game mengawali cerita pada sosok Gi Hun (Lee Jung Jae) yang membutuhkan uang untuk membayar utang dan membiayai operasi ibunya yang mengidap diabetes. Di lain sisi, dia juga harus memiliki tabungan demi mengambil hak asuh putri semata wayangnya dari mantan istri.

Di tengah keterpurukan itu, Gi Hun dipertemukan dengan seorang pria yang tak diketahui namanya (Gong Yoo). Kala itu, sang pria mengajak Gi Hun untuk bermain ddakji. Jika Gi Hun menang, dia akan mendapatkan uang dari sang pria.

Lantas ddakji merupakan salah satu permainan tradisional anak-anak khas Korea Selatan yang cukup populer. Para pemain harus melipat kertas karton hingga menjadi sebuah persegi. Pemain dinyatakan menang saat dia bisa membalikkan ddakji milik sang lawan. 

Meskipun terlihat mudah, diperlukan kekuatan dan ketepatan dalam melempar hingga membalik ddakji milik lawan. Dalam drama Squid Game, Gi Hun selalu gagal membalik ddakji milik sang pria. Sesuai ketentuan mereka di awal, yang kalah akan mendapatkan tamparan. Setelah puluhan kali mencoba, Gi Hun akhirnya menang.

2. Mugunghwa Kkoci Pieot Seumnida - Squid Game Episode 1

image
Photo : Netflix Korea

Setelah mengalahkan sang pria, Gi Hun mendapat kartu nama untuk bermain dalam game misterius. Nantinya, akan terkumpul 456 kontestan yang harus memainkan 6 permainan berbeda. Sang pemenang bisa membawa pulang uang tunai sebesar 45,6 miliar won atau setara dengan Rp548 miliar.

Menariknya adalah game yang disuguhkan ternyata berpusat pada permainan anak-anak khas Korea Selatan. Ronde pertama disebut dengan permainan Green Light, Red Light atau Lampu Hijau, Lampu Merah. Dalam bahasa Korea disebut Mugunghwa Kkoci Pieot Seumnida.

Permainan ini mirip dengan petak umpet di Indonesia. Dalam drama Squid Game, pemain yang menghadap ke pohon berupa sebuah boneka raksasa yang memiliki mata pendeteksi.

Sang boneka berdiri pada jarak yang cukup jauh dari para pemain dengan membelakangi kontestan. Setelah dia meneriakkan ‘lampu hijau’, pemain harus berlari menuju garis finish dan berhenti ketika boneka mengatakan ‘lampu merah’. Siapa pun kontestan yang tertangkap oleh matanya, akan ditembak mati.

3. Dalgona atau Sarang Madu Gula - Squid Game Episode 3

image
Photo : Netflix Korea

Masih ingat dengan tren dalgona yang sempat menyeruak di awal pandemi Covid-19? Yup, camilan tersebut juga berasal dari Korea Selatan dan dimunculkan dalam drama Squid Game. Bedanya adalah drama Squid Game menggunakan gula pasir yang dilelehkan bersama baking powder tanpa ditambah kopi.

Permainan anak-anak selanjutnya adalah sarang madu gula. Biasanya di Korea Selatan, camilan ini dijual di pinggir jalan. Nantinya, sang penjual akan menambahkan cetakan di tengah sarang madu gula seperti bentuk segitiga, lingkaran, bintang, hingga payung.

Dalam drama Squid Game, para kontestan diminta memotong cetakan di sarang gula madu tanpa merusak bentuk cetakannya. Karena keras, sulit bagi pemain untuk mengeluarkannya dari cetakan. Namun Gi Hun yang panjang akal akhirnya menjilat sarang madu gula sehingga lapisannya meleleh. 

  • Editor: Yasmin Karnita

How does this article make you feel?

Recommended

34 Daftar Serial Netflix Terpopuler, Squid Game Paling Banyak Ditonton

  • 13 Oktober 2021, 20:18 WIB
Squid Game resmi mencetak rekor show Netflix yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah dengan 111 juta pengguna.

Drama Squid Game Direndahkan oleh Pemberitaan Korea Utara

  • 13 Oktober 2021, 13:18 WIB
Pemberitaan Korea Utara rendahkan popularitas drama Squid Game. Disebut realitas dehumanisasi masyarakat kapitalis Korea Selatan.

Song Joong Ki Alami Dampak Kesuksesan Squid Game dan Space Sweepers

  • 12 Oktober 2021, 14:45 WIB
Song Joong Ki bercerita tentang kesuksesan Squid Game dan Space Sweepers di Festival Film Busan 2021 (BIFF 2021).

Sutradara Ungkap Karakter Squid Game Ini Terinspirasi Donald Trump

  • 12 Oktober 2021, 09:39 WIB
Sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk ungkap inspirasi cerita hingga karakter VIP yang disebut mirip Donald Trump.

Kekayaan Jung Ho Yeon di 2021 Pasca Squid Game Naik 4 Kali Lipat

  • 11 Oktober 2021, 19:16 WIB
Terungkap tarif endorse Jung Ho Yeon di Instagram capai Rp610 juta. Total kekayaan Jung Ho Yeon meningkat pasca Squid Game.

5 Permainan Squid Game Jadi Kenyataan di Abu Dhabi

  • 11 Oktober 2021, 14:14 WIB
5 Permainan Squid Game jadi kenyataan di Abu Dhabi seperti ddakji, dalgona hingga kelereng. Dikabarkan tidak ada hukuman tembak.
The Latest
Twice X Scarlett Whitening

Pro Kontra TWICE Jadi BA Scarlett Whitening Karena Produk Pemutih

  • 19 Oktober 2021, 12:31 WIB
Jungkook BTS Jeon Bam

Jungkook BTS Jadi Sorotan Karena Tidak Memotong Ekor Anjingnya

  • 19 Oktober 2021, 12:23 WIB
IU

Fakta Lirik Lagu Strawberry Moon - IU Terjemahan, Fantasi sama Pacar

  • 19 Oktober 2021, 12:05 WIB
Kim Seon Ho

Kim Seon Ho Bisa Miskin Bayar Penalti Brand Bila Rumor Terbukti

  • 19 Oktober 2021, 10:54 WIB
Aktor K dituding Kim Seon Ho

6 Pengakuan Mantan Pacar Aktor K Diduga Kim Seon Ho, Dispatch Terlibat

  • 19 Oktober 2021, 10:24 WIB
INDEKS