Logo
Kim Woojin
korea
5 Poin Bantahan Kim Woojin Soal Pelecehan Seks di FINGER KILLER
Photo: Instagram/@woooojin0408

ZIGI – Kim Woojin dan agensi barunya, 10x Entertainment merilis dokumenter FINGER KILLER yang membantah tuduhan pelecehan seksual yang diduga dilakukannya pada Rabu, 30 Juni 2021. Woojin juga menyertakan bukti kalau tudingan itu tidaklah benar. 

Seperti diketahui, di September 2020, mantan member Stray Kids ini dituduh melakukan pelecehan oleh dua netizen di Twitter oleh akun @Qp1qsQkw2xQY0IK dan @a1b3c4s9, yang sekarang sudah nonaktif akunnya. Kim Woojin pun tidak tinggal diam dan kembali membantah tuduhan itu melalui film dokumenter berdurasi 35 menit.

Pihak 10x Entertainment merilis dokumenter tersebut bertujuan untuk membuktikan bahwa Kim Woojin tidak lah bersalah. Mereka juga menunjukkan bukti untuk membantah tuduhan-tuduhan pelecehan seskual tersebut. Berikut ini poin-poin bantahan Kim Woojin dan 10x Entertainment dalam dokumenter FINGER KILLER yang dilansir Zigi.id dari Koreaboo, Kamis, 1 Juli 2021. Yuk di-scroll sampai habis!

1. Foto

Sumber foto: Koreaboo

Dalam salah satu cerita, netizen-netizen pembuat rumor tersebut mengunggah foto alkohol di sebuah bar dan mengklaim sosok yang terlihat di latar belakang fotonya itu adalah Kim Woojin. Dia juga menyatakan mereka bertemu Woojin pada 29 April 2021.

Di hari yang sama, Kim Woojin sempat mengunggah foto dirinya di Instagram dengan memakai hoodie dengan warna yang mirip seperti terlihat dalam foto tersebuut. Tapi dalam FINGER KILLER, 10x Entertainment menyatakan bahwa foto itu merupakan hasil curian.

Setelah berjuang mencari, agensi menemukan pemilik asli foto tersebut yang ternyata milik seorang penggemar wiski. Foto asli itu diunggah pada 31 Agustus 2020. Itu berarti 8 hari sebelum cuitan tuduhan pelecehan dibagikan dan viral di media sosial.

Serta sekitar 4 bulan berlalu setelah pertemuan di bulan April seperti yang dikatakan netizen pembuat rumor tersebut. Dalam laporan eksklusif di Teen Vogue, terungkap bahwa pemilik asli foto itu tidak menyadari gambarnya diambil tanpa seizinnya.

2. Logo Perusahaan

Sumber foto: Koreaboo

Tidak lama setelah tuduhan pelecehan itu beredar, 10x Entertainment langsung memberikan bantahan. Tapi banyak netizen yang justru curiga kalau perusahaan agensi Woojin itu palsu. Akun Twitter 10x Entertainment baru dibuat di hari yang sama saat kontroversi itu muncul.

Tidak hanya itu saja, beberapa netizen juga menuduh kalo logo perusahaan 10x Entertainment diambil dari perusahaan furnitur di Argentina. Dugaan ini semakin meningkat setelah mengetahui situs web agensi justru dialihkan ke halaman gratis di Notion, yakni aplikasi yang digunakan untuk membuat catatan.

Untuk membantah tuduhan ini, 10x Entertainment mengungkap bukti tentang pendaftaran perusahaan dan bisnisnya. Mereka juga menunjukkan detail lokasi di Naver Maps dan vlog saat Kim Woojin datang ke kantor. Di situ, Woojin benar berada di sebuah gedung bahkan sempat berfoto dengan logo agensinya.

3. Akun Instagram Kim Woojin

Photo : YouTube/KIM WOOJIN

Akun Instagram Kim Woojin juga sempat menghilang saat tuduhan pelecehan seksual ini ramai dibicarakan. Para haters lantas menuding jika Woojin ketakutan dan sengaja menghilangkan akun miliknya. Tapi ternyata, akun Instagram Kim Woojin diblokir karena adanya laporan dari pengguna lain.

Di dokumenter FINGER KILLER, 10x Entertainment lantas memperlihatkan persyaratan layanan Facebook dan Instagram yang menyatakan bahwa terpidana pelaku kejahatan seksual tidak diperbolehkan memiliki akun di platform tersebut.

Tapi ternyata, akun Kim Woojin berhasil dipulihkan setelah 10x Entertainment mengirim dokumen ke Instagram. Woojin juga sempat menunjukkan Silver Play Button dari YouTube. Itu menunjukkan kalau Woojin bukanlah pelaku kejahatan seksual.

4. Pernyataan Kim Woojin

Photo : YouTube/KIM WOOJIN

Dokumentar FINGER KILLER juga membahas soal pernyataan bantahan idol kelahiran 8 April 1997 itu yang diposting di media sosial, tapi salah diterjemahkan. Di mana, pernyataan Woojin itu dilaporkan oleh beberapa media sebagai permintaan maaf.

Padahal, Kim Woojin hanya memberikan pengertian kepada penggemarnya yang terkejut agar tidak khawatir karena kini dia memiliki agensi yang akan mengurus tuduhan-tuduhan tersebut. Dia tidak meminta maaf tidak meminta maaf untuk hal yang tidak dia lakukan. 10x Entertainment akhirnya memberikan terjemahannya sendiri.

"Halo, ini Kim Woojin. Sesuatu yang aneh terjadi padaku hari ini. Aku ingin memberi pengertian pada para penggemar saat aku melakukannya. Seseorang menyebarkan desas-desus aneh di Twitter dan menonaktifkan akunnya. Aku belum pernah bertemu orang itu dan belum pernah ke tempat yang disebutkan," begitu pernyataan Kim Woojin yang diterjemahkan 10x Entertainment.

"Aku baru-baru ini menandatangani kontrak dengan perusahaan yang memiliki pemikiran yang sama dan sekarang aku sedang mempersiapkan kegiatan solo. Perusahaan akan mengambil tindakan hukum terhadap penuduh palsu, dan tanggapan lebih lanjut akan dilakukan oleh mereka. Jangan khawatir. Aku akan menyapa kalian. Terima kasih," tandasnya.

5. Penuduh Ditemukan

Photo : Koreaboo

Dengan bantuan pendukung Woojin, 10x Entertainment menyatakan bahwa perusahaan bisa menemukan pengguna Twitter inisial ‘R’ yang menyebarkan rumor, pengguna inisial ‘TV’ yang pertama kali me-retweet tuduhan itu ke ribuan pengikutnya dan menyebarkannya di internet.

Dokumenter FINGER KILLER itu menyatakan akun tersebut awalnya dibuat pengguna Twitter ‘TV’ untuk penggemar grup K-Pop lain sebagaimana dibuktikan oleh nama pengguna Twitter asli akun tersebut. Tweet lain menunjukkan kalau ‘R’ dan ‘TV’ saling mengenal.

Dan benar saja, dalam proses mengungkap identitas ini, penggemar menemukan alamat email akun tersebut yang ternyata milik seorang siswa Brasil dengan inisial T.V. dari sebuah sekolah Internasional di Korea Selatan. 
Saat dihubungi penggemar melalui DM Instagram, pemilik akun mengaku sudah tidak bisa lagi mengakses email tersebut. Dia pun tidak membantah sebagai pembuat asli, tapi akun itu sudah diserahkan kepada sang pembuat rumor yakni ‘R’. 

Secara keseluruhan dalam dokumenter FINGER KILLER itu, 10x Entertainment seakan menunjukkan tentang kisah menghancurkan hidup seseorang hanya untuk bersenang-senang. Gugatan untuk netizen yang terlibat pun masih berlangsung. Video lengkap dokumentar FINGER KILLER dengan bahasa Inggris ini bisa kamu tonton di channel YouTube Kim Woojin berikut.

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
BTS - Stray Kids

BTS dan Stray Kids Disebut Propaganda Gay oleh Percetakan Rusia

  • 15 Juli 2021, 11:22 WIB
Sebuah perusahaan percetakan di Rusia enggan mencetak foto BTS dan Stray Kids karena ditafsirkan sebagai propaganda gay.
Hyunjin Stray Kids

Foto Hyunjin Dihapus dari Photocard Stray Kids

  • 08 Juni 2021, 17:39 WIB
Hyunjin Stray Kids seakan tidak dianggap sebagai member, brand kosmetik menuai kritikan tajam dari penggemar.
Stray Kids Kingdom

5 Fakta Kemenangan Stray Kids di Mnet Kingdom: Legendary War

  • 04 Juni 2021, 09:43 WIB
Stray Kids jadi pemenang Mnet Kingdom: Legendary War. Bawakan lagu WOLFGANG, sosok Bang Chan viral di Twitter.
Mnet Kingdom

Link Nonton Final Mnet Kingdom: Legendary War Episode 10 Sub Indo

  • 03 Juni 2021, 12:22 WIB
Cara dan link nonton Mnet Kingdom: Legendary War episode 10 atau final lengkap dengan subtitle bahasa Indonesia.
Mnet Kingdom

Link Nonton Mnet Kingdom: Legendary War Episode Baru Setiap Kamis

  • 20 Mei 2021, 14:12 WIB
Sederet fakta menarik lengkap link nonton Mnet Kingdom: Legendary War secara streaming setiap hari Kamis. Ada iKON-Stray Kids.
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Spoiler sinopsis dan link nonton drama The Devil Judge episode 8 subtitle Indonesia di situs legal. Masa lalu karakter Kim Ga On.
The Latest
The Devil Judge

Sinopsis dan Link Nonton The Devil Judge Episode 8 Sub Indo

  • 25 Juli 2021, 21:57 WIB
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Jeon Somi

Tinggi dan Berat Badan Jeon Somi Jadi Kontroversi

  • 25 Juli 2021, 13:30 WIB
Twice What Is Love

8 Film Klasik di MV Lagu What is Love - TWICE, Ada La La Land

  • 25 Juli 2021, 07:20 WIB
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 12 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 20:00 WIB
INDEKS