Logo
GFRIEND OT6
korea
GFRIEND OT6
Photo: MarieClaire
GFRIEND OT6

ZIGI – Setelah enam tahun bernaung di Source Music sejak debut pada 2015 lalu, GFRIEND kompak memilih untuk tidak memperpanjang kontrak. Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji memutuskan keluar dari agensi tersebut. 

Pada Selasa,18 Mei 2021, Source Music mengeluarkan pernyataan resmi bahwa hengkangnya GFRIEND dari agensi disebabkan karena tidak mencapai kesepakatan usai melakukan diskusi panjang. 

Di lain sisi, publik pun mempertanyakan bagaimana nasib karier girlband beranggotakan enam member tersebut. Selain itu, penggemar menemukan kejanggalan atas hengkangnya GFRIEND dari Source Music. Simak berita selengkapnya dalam artikel berikut. 

Kontrak Eksklusif GFRIEND dan Source Music Berakhir 22 Mei 2021

image
Photo : Source Music

Hingga artikel ini ditulis, masih belum dipastikan apakah GFRIEND akan bubar, seluruh member pindah ke agensi baru dalam formasi grup lengkap atau memilih menempuh jalan masing-masing dengan bersolo karier. 

Menurut pernyataan resmi dari Source Music, kontrak eksklusif dengan GFRIEND baru akan berakhir pada 22 Mei 2021 mendatang. Hal ini berarti, seluruh aktivitas grup sebagai artis asuhan Source Music akan diberhentikan.

“Kontrak eksklusif kami dengan GFRIEND akan berakhir mulai 22 Mei mendatang. Setelah diskusi yang mendalam dan serius dengan anggota GFRIEND, kami semua sepakat untuk berpisah,” ungkap Source Music pada 18 Mei 2021 lalu.

Source Music Dikabarkan Telah Patenkan Nama GFRIEND

image
Photo : Naver

Menyusul kabar hengkang GFRIEND, berbagai outlet media lokal melaporkan bahwa Source Music telah mematenkan nama grup GFRIEND (dalam bahasa Inggris) serta yeojachingu (arti GFRIEND dalam bahasa Korea).

Diketahui bahwa Source Music telah memasukkan nama grup sebagai hak milik merek dagang (trademark) ke Kantor Kekayaan Intelektual Korea. Nama yeojaching (dalam bahsa Korea) telah dipatenkan sejak 23 Januari 2015. Sedangkan nama GFRIEND pada 11 Maret 2021 lalu.

Dengan demikian, jika keenam member ingin melanjutkan karier sebagai grup, mereka tidak bisa lagi menggunakan nama GFRIEND karena sudah resmi dipatenkan oleh sang pemilik, Source Music. Dan kini mereka sudah bukan lagi artis asuhan dari agensi.

Seluruh Jadwal GFRIEND Telah Dihapus dari Fancafe Resmi

image
Photo : Source Music

Kemudian seluruh pengumuman perilisan konten digital GFRIEND telah dihapus dari laman fancafe resmi. Pasalnya, grup masih memiliki beberapa konten digital yang seharusnya diluncurkan pada 18 dan 19 Mei 2021. 

Hal ini pun membuat BUDDY, sebutan nama fandom untuk GFRIEND, semakin curiga tentang kemungkinan adanya perselisihan antara kedua belah pihak karena Source Music tiba-tiba menghapus seluruh jadwal grup sebelum tanggal kontrak berakhir pada 22 Mei 2021.

GFRIEND telah dijadwalkan mengunggah video Special Clips serta G-POST di channel YouTube resmi mereka pada 18 Mei 2021. Ada juga jadwal untuk tanggal 19 Mei 2021 dan seterusnya. 

Postingan Terakhir Yuju GFRIEND di Weverse Jadi Sorotan 


Source: Sports Kyunghyang

Pada 17 Mei 2021, Yuju GFRIEND sempat memposting foto buku hariannya yang ditulis tepat satu hari sebelum debut melalui platform Weverse. 

"Debut D-1, besok aku akan melakukan debut di Music Bank. Album pertama dirilis hari ini dan banyak konten seperti video musik dan konten pembuatan film situs dirilis. Aku tidak percaya. Jika itu buruk, itu buruk. Jika baik, itu baik. Aku akan melakukan bagianku dengan setia. Mari fokus pada momen itu,” begitulah tulisan yang tertera di buku harian milik Yuju GFRIEND tahun 2015 silam.

Lantas BUDDY juga meyakini bahwa unggahan Yuju di Weverse itu merupakan ‘kode’ jelang kabar hengkangnya GRIEND dari Source Music. Tidak sedikit yang berspekulasi bahwa idol kelahiran 1997 tersebut sedang mengenang momen awal karier sebelum benar-benar keluar dari agensi.

Yerin GFRIEND akan Tetap Lanjutkan Aktivitas

image
Photo : @every_nn/Instagram

Meski tengah menjadi bahan perbincangan, Yerin GFRIEND dikabarkan tetap akan melanjutkan aktivitas pasca berita hengkangnya grup dari Source Music.

Yerin GFRIEND akan tampil dalam acara Beauty Time Season 3, yang dijadwalkan menayangkan episode perdana pada 30 Mei 2021 pukul 20.00 KST. Sesuai dengan judulnya, Beauty Time merupakan acara yang akan membahas seputar tren kecantikan di Korea Selatan. Dalam musim ketiganya ini, Yerin menjadi salah satu host.

Sementara itu, GFRIEND merupakan satu-satunya artis yang bernaung di Source Music sejak debut pada 2015 lalu. Setelah enam tahun, Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak sekaligus resmi keluar dari agensi tersebut per 22 Mei 2021 mendatang. 

  • Editor: Yasmin Karnita

How does this article make you feel?

Recommended

Eunha, Umji, SinB GFRIEND Debut Bertiga, Nama Grup Baru Bocor

  • 06 Oktober 2021, 15:13 WIB
Eunha, Umji, dan SinB GFRIEND akan debut di bawah agensi BPM diduga dengan nama grup VIVIZ.

Jadwal Tayang The Witch Shop Reopening, Drama Yerin dan Yonghee CIX

  • 06 Oktober 2021, 12:53 WIB
Yerin eks GFRIEND dan Yonghee CIX dipasangkan dalam web drama The Witch Shop Reopening tayang Desember 2021.

Miyawaki Sakura Disebut Gabung HYBE Labels, Kim Minju Dipertanyakan

  • 23 September 2021, 09:57 WIB
Miyawaki Sakura dikabarkan tanda tangan kontrak dengan Source Music, anak perusahaan HYBE Labels. Nasib Kim Minju eks IZ*ONE.

Yuju GFRIEND Gabung KONNECT Entertainment: Agensi Ini Menghormatiku

  • 01 September 2021, 14:01 WIB
Yuju GFRIEND resmi gabung KONNECT Entertainment, agensi Kang Daniel. Ungkap perasaan aman dan merasa dihormati.

7 Fakta Grup Baru HYBE Labels, Rencana Debut sampai Audisi 7 Negara

  • 19 Agustus 2021, 12:06 WIB
7 fakta girlband baru HYBE Labels, mulai dari rencana debut, penanggung jawab hingga melakukan audisi di 16 kota di 7 negara.

5 Fakta Debut Akting Yerin GFRIEND di The Witch's Shop Reopens

  • 19 Agustus 2021, 11:57 WIB
Lagi ulang tahun ke-25 pada Kamis, 19 Agustus 2021, Yerin GFRIEND siap debut akting lewat web drama The Witch's Shop Reopens.
The Latest
Twice X Scarlett Whitening

Pro Kontra TWICE Jadi BA Scarlett Whitening Karena Produk Pemutih

  • 19 Oktober 2021, 12:31 WIB
Jungkook BTS Jeon Bam

Jungkook BTS Jadi Sorotan Karena Tidak Memotong Ekor Anjingnya

  • 19 Oktober 2021, 12:23 WIB
IU

Fakta Lirik Lagu Strawberry Moon - IU Terjemahan, Fantasi sama Pacar

  • 19 Oktober 2021, 12:05 WIB
Kim Seon Ho

Kim Seon Ho Bisa Miskin Bayar Penalti Brand Bila Rumor Terbukti

  • 19 Oktober 2021, 10:54 WIB
Aktor K dituding Kim Seon Ho

6 Pengakuan Mantan Pacar Aktor K Diduga Kim Seon Ho, Dispatch Terlibat

  • 19 Oktober 2021, 10:24 WIB
INDEKS